News

a1fba242-d1a8-439a-b1f0-7a3e26dea0fd-4.jpg

Hentakan Penuh Jiwa PSM Unpad pada Bali International Choir Festival ke-7

Selama perjalanan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) telah menorehkan berbagai prestasi baik dalam maupun luar negeri . Tepat di usianya yang ke-40 tahun, PSM Unpad kembali mengukir prestasi dengan meraih gelar Grand Champion dalam kompetisi 7th Bali International Choir Festival (BICF) yang bertempat di Prime Plaza Hotel Denpasar, Bali pada 27 Juli 2018.

READ MORE >>
line_p20180720_174413922.jpg

MENGENANG PERJALANAN BERSAMA DALAM PERAYAAN ULANG TAHUN PSM UNPAD KE-40 TAHUN

Berbagai prestasi dan karya telah mengiringi PSM Unpad sepanjang perjalanan 40 tahunnya. Untuk merayakan momen yang berbahagia ini,  PSM Unpad mengadakan kegiatan Perayaan Ulang Tahun PSM Unpad ke-40 di Arion Swiss-belhotel, pada Sabtu (14/07). Acara ini dimeriahkan oleh anggota aktif PSM Unpad serta anggota alumni PSM Unpad dari berbagai generasi. Selain sebagai ajang silaturahmi untuk seluruh generasi muda dan terdahulu PSM Unpad, berbagai program baru yang sedang dijalankan oleh kepengurusan Kabinet Apresiatif juga dikenalkan agar para alumni dapat mengenal secara lebih dekat para generasi muda PSM Unpad.

READ MORE >>
1.jpg

Harmoni Ramadhan: Semangat Berbagi Kebahagiaan

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali menyelenggarakan kegiatan bakti sosial PSM Unpad Berbagi dengan tema “Harmoni Ramadhan” pada hari Minggu (27/5) yang lalu di Panti Asuhan Riyaadlul Jannah, Desa Cikeruh, Jatinangor. Kegiatan ini merupakan kegiatan bakti sosial kedua yang dicanangkan oleh divisi Project Development PSM Unpad. Bakti sosial ini juga merupakan salah satu rangkaian acara untuk merayakan Ulang Tahun PSM Unpad ke-40.

READ MORE >>
180520-ken-steven-1.jpg

CHORALBORATION: PERSATUAN SENI DAN HARMONI

Pada tanggal 20 Mei lalu, sebuah konser kolaborasi bertajuk Choralboration Concert dalam rangka memperingati ulang tahun ke-25 komposer Indonesia berbakat, Ken Steven, telah sukses diselenggarakan di Dago Tea House Bandung. Bersama dengan Aperto Singers, PSM Unpad dipercaya untuk membawakan lagu-lagu gubahan Ken Steven dengan apik. Selain kolaborasi dalam bidang tarik suara, terdapat beberapa persembahan lain seperti tarian yang menggugah hati dari Asep Chilok Dance co, permainan piano oleh Daniel Alexander, dan lantunan flute oleh Ronny Gunawan

READ MORE >>
20180507-latgabkensteven5.jpg

Antusiasme Persiapan Choralboration bersama Ken Steven: "Kami Siap!"

Dalam rangka merayakan hari ulang tahun sang komposer Indonesia ternama Ken Steven, sebuah konser kolaborasi yang bertajuk Choralboration Concert  akan diselenggarakan pada tanggal 20 Mei 2018 mendatang di Dago Tea House, Bandung. Ken Steven mengajak sederet musisi-musisi dari berbagai latar belakang musik yang berbeda untuk berkolaborasi dalam menampilkan berbagai hasil karyanya sendiri selama berkecimpung di dunia musik tanah air maupun internasional. 

READ MORE >>
enchants1.jpg

Enchanting Chants: Nyanyian Mempesona Angkatan Termuda PSM Unpad

Dalam semarak Ulang tahun ke-40, PSM Universitas Padjadjaran kembali sukses menggelar Konser Intern ke-13, Selasa (24/4). Konser dengan tajuk Enchanting Chants ini digelar di Grha Sanusi Hardjadinata, kampus Universitas Padjadjaran Dipatiukur. Konser dua angkatan termuda PSM Unpad ini berhasil membuat Grha Sanusi penuh sesak dengan jumlah penonton yang membludak hingga 800 penonton. Menurut Ketua Pelaksana Konser Intern ke-13 kali ini, Richard Ismail, Enchanting Chants bermakna nyanyian yang mempesona. “Kami ingin menyampaikan bahwa PSM Unpad memiliki karya-karya yang mempesona dan menghibur lewat dua angkatan termudanya.” Ujar pria bersuara Tenor ini.

READ MORE >>
20180416_pra-intern-3.jpg

​KONSER INTERN 2018 : SEMANGAT BERSAMA MEMBANGUN YANG BARU

Sebagai salah satu langkah Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) untuk mengembangkan bibit-bibit barunya dalam rangka regenerasi anggota PSM Unpad yang berkualitas, PSM Unpad mengadakan kegiatan Konser Intern yang diikuti oleh dua angkatan PSM Unpad dengan anggota angkatan baru sebagai panitianya. Konser ini bertujuan untuk melatih para anggota PSM Unpad terkhususnya anggota baru untuk mendapatkan sebuah pengalaman yang nantinya menjadikan bekal baik dari segi teknis bernyanyi maupun manajemen kegiatan baik selama di dalam PSM Unpad maupun di lingkungan luar. Dan tentu saja terdapat beberapa kegiatan tambahan untuk mendukung lancarnya program konser ini.

READ MORE >>
333875.jpg

Motivasi untuk Maju Bersama dalam Studi Banding PSM Unpad

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali kedatangan tamu dari beberapa Paduan Suara Mahasiswa di Indonesia. Pada kesempatan kali ini PSM Unpad dikunjungi oleh tiga paduan suara mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia dalam tiga kesempatan yang berbeda, yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, dan Universitas Jenderal Soedirman. Studi Banding bersama Universitas Gadjah Mada dilaksanakan di Bale Santika, Kampus Unpad Jatinangor (17/3) dan Studi Banding Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, serta Universitas Jenderal Soedirman di Gedung B lantai 3 Fakultas Ilmu Budaya, Kampus Jatinangor, (24/3) dan (31/3).

READ MORE >>
180330-bonding-kabinet-apresiatif-2.jpg

Menemukan Arti Keluarga dalam Bonding Kepengurusan Kabinet Apresiatif 2018

Tidak hanya bergerak di bidang tarik suara, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) juga merupakan wadah untuk berorganisasi dimana pada tahun ini kepengurusan PSM Unpad dinamakan Kabinet Apresiatif. Pada hari Sabtu (17/03/18) Kabinet Apresiatif mengadakan bonding kepengurusan di gedung PSBJ Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran yang dihadiri oleh seluruh elemen kepengurusan Kabinet Apresiatif.

READ MORE >>
20180308-resvok-5.jpg

A Faithful Journey: Sebuah Awal untuk Perjalanan yang Penuh Harapan

Semakin melejit di dunia tarik suara, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) terus menunjukan eksistensinya di usianya yang akan memasuki angka 40 tahun. Tidak hanya dengan menunjukkan kepiawaian para anggotanya bernyanyi dalam kelompok, namun juga saat bernyanyi secara solo pada Konser Resital Vokal A Faithful Journey pada Kamis (8/03/2018) lalu. Resital vokal ini merupakan resital pertama dari dua resital vokal yang akan diselenggarakan di tahun 2018.

READ MORE >>
20180205-artikel-stuban1-1.jpg

Studi Banding PSM UNPAD: Berbagi Ilmu, Cerita, dan Asa

Pada kepengurusan Kabinet Apresiatif tahun 2018, PSM Unpad mendapat kesempatan untuk melakukan studi banding dengan dua PSM kebanggaan tanah air yaitu PSM Universitas Telkom (Tel-U Choir) dan PSM Universitas Brawijaya (BUSC). Tak jauh berbeda dengan studi banding yang dilakukan oleh PSM lain, studi banding bersama Tel-U Choir dan BUSC merupakan sarana antar kelompok paduan suara untuk saling belajar. Pengalaman yang dibagikan bukan hanya persoalan kepanitiaan, kepengurusan tetapi juga cerita di balik perjuangan antar Paduan Suara. Tak hanya itu, antar penyanyi juga memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman dan ceritanya masing-masing berjuang dalam paduan suara.

READ MORE >>
214646.jpg

PSM Unpad yang Lebih Baik bersama Kabinet Apresiatif!

Setiap tahunnya Paduan Suara Mahasiswa Unpad (PSM Unpad) selalu melaksanakan Musyawarah Besar untuk menutup periode kepengurusan. Untuk menutup Kepengurusan Kabinet Beraksi, Musyawarah Besar 2017 dilaksanakan di Aula Gedung B Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran Jatinangor pada hari Sabtu (16/12) lalu. Terdapat beberapa agenda dalam kegiatan yang dihadiri oleh para anggota dan alumni aktif dari PSM Unpad ini. Dibuka dengan Laporan Pertanggung Jawaban dari Kabinet Beraksi 2017, seluruh partisipan Musyawarah Besar memiliki hak untuk menyuarakan pendapatnya dalam kegiatan ini.

READ MORE >>
wp1.jpeg

Welcoming Party : Selamat Datang PSM Unpad 2017!

Mengakhiri Rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru (RPAB), Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) menyelenggarakan Welcoming Party di Vila Alam Santosa, Cikadut, Jawa Barat. Welcoming Party PSM Unpad berlangsung selama tiga hari (8-10/12). Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa baru dan mahasiswa aktif saja, para senior, alumni dan Arvin Zeinullah, Konduktor utama PSM Unpad hadir untuk memeriahkan acara dan pastinya mengenal angkatan 2017 sebagai penerus PSM Unpad.

READ MORE >>
cano4.jpg

Konser Tahunan Ke-21: Nyanyian Baru Para Generasi Baru

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) telah menyelesaikan Konser Tahunan ke-21, bertajuk “Canticum Novum”. Konser ini diselenggarakan di dua kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta sebagai kota pembuka rangkaian Konser Tahunan ke-21, tepatnya di Auditorium Graha Swara Universitas Tarumanagara Minggu (12/11), dan dilanjutkan dengan  kota Bandung yaitu di Grha Sanusi Hardjadinata Kamis (23/11).Tajuk Canticum Novum ini diambil dari bahasa Latin yang memiliki arti nyanyian baru. “Tajuk ini dipilih karena penyanyi yang mengikuti Konser Tahunan 2017 ini didominasi oleh angkatan muda PSM Unpad. Selain itu, Kang Arvin selaku konduktor pun memilih lagu-lagu dari komposer-komposer muda, sehingga konser ini pun didominasi oleh lagu kontemporer,” ujar Adam Prana Surya, selaku Ketua Konser Tahunan ke-21 PSM Unpad ini.

READ MORE >>
img_9373.jpg

Mengenal PSM Unpad lebih dekat di Unpad Choir 101

Sebagai salah satu rangkaian rutin RPAB, Paduan Suara Mahasiswa Unpad baru saja menyelenggarakan Workshop yang bertajuk Unpad Choir 101 di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sabtu (21/30). Kegiatan bagi para calon anggota baru ini bertujuan untuk memperkenalkan PSM Unpad secara lebih mendalam mulai dari sistem organisasi, teknik menyanyi, maupun budaya yang ada di PSM Unpad. Acara ini dimulai dengan beberapa materi mengenai Sejarah Paduan Suara, Teknik Dasar Bernyanyi, serta Etika dan Budaya PSM yang diisi oleh Kang Karisman, Kang Andhika, Teh Najma, serta Kang Agung selaku Tim Teknis serta Senior PSM Unpad. Setelah kegiatan tersebut, acara dilanjutkan dengan Forum Group Discussion oleh LO masing-masing kelompok.

READ MORE >>
img_9317.jpg

Menjadi Bintang Ala PSM Unpad Dalam As The Blessing Sings

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali mengadakan Resital Vokal yang telah menjadi salah satu kegiatan rutin PSM Unpad sejak 2011 silam. Resital Vokal kedua pada 2017 ini digelar pada Rabu (11/10) di Ruang Serba Guna (RSG) lantai 4, Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Jalan Dipati Ukur Bandung. Resital vokal yang bertajuk As The Blessing Sings ini diikuti oleh 12 penyanyi solo dari semua jenis suara dan 8 ansamble yang terbagi kedalam 2 sesi.

READ MORE >>
img_3595.jpg

Semarak Ambitus PSM UNPAD 2017

Bertempat di Aula Gedung B Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran, telah terselenggara acara Ambitus atau pembagian suara bagi anggota baru Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad). Acara ini termasuk dalam Rangkaian Penerimaan Anggota Baru PSM Unpad 2017 (RPAB PSM Unpad 2017), pada Minggu (10/09) lalu. Registrasi dimulai pada pukul sepuluh pagi, yang kemudian diikuti dengan berbagai tahap proses ambitus yang harus diikuti; dimulai dari pos pengelompokkan suara (ambitus) dengan para tim teknis PSM Unpad, diikuti dengan Pos Solfeggio untuk mengukur tingkat pengetahuan para calon anggota baru mengenai musik, lalu dilanjut dengan Pos Ekspresi yang dibimbing oleh para senior muda PSM Unpad.

READ MORE >>
studenday-17-4.jpg

Antusiasme Mahasiswa Baru dalam Prabu 2017

Setiap tahunnya, Universitas Padjadjaran menyambut para mahasiswa barunya dengan Rangakaian Prabu yang tahun ini berlangsung selama 3 hari. Dan sebagai salah satu UKM yang aktif di lingkungan Universitas Padjadjaran, PSM Unpad pun ambil andil di dalam rangkaian ini. Salah satu andil dari PSM Unpad adalah penampilan kolaborasi antara PSM Unpad dengan Abah Iwan, yaitu pencipta dari lagu Hymne Unpad. Penampilan ini ditampilkan pada hari pertama Rangkaian Prabu yang diisi oleh Tim Indonesia Kirana 2017. Pada penampilan ini, tim Indonesia Kirana 2017 menampilkan beberapa lagu daerah yang ditampilkan saat tim Indonesia Kirana 2017 berkompetisi dan Konser Kebudayaan di Austria, yaitu Paris Barantai, Cingcangkeling, dan Soleram.

READ MORE >>
korea1.jpeg

PSM Unpad Gaungkan Lagu Indonesia di Korea Selatan

Setelah sukses menjalankan misi kebudayaan bertajuk Indonesia Kirana 2017 di Austria pada Juli lalu, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) mendapatkan kehormatan dari pihak eksternal luar negeri. Kali ini, PSM Unpad dipercaya oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Korea Selatan untuk menjadi pengisi acara dalam The 72nd Independience Day Commemoration of the Republic of Indonesia bertempat di Lotte Hotel Seoul, Korea Selatan pada Kamis (28/9).

READ MORE >>
img_5257.jpg

Senandung PSM Unpad untuk 72 Tahun Indonesia

Setiap 17 Agustus tiba, seluruh warga Indonesia merayakan kemerdekaan setelah dijajah bangsa asing lebih dari tiga abad. Semangat para pahlawan yang berkobar pun masih terasa hingga sekarang. Semangat itu rupanya juga menjalar dalam organisasi Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) yang meneruskan semangat kemerdekaan ini dengan tampil di beberapa tempat guna memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

READ MORE >>
konbud4.jpg

PSM UNPAD Gemakan Lagu Tradisional Indonesia di Austria

Sukses meraih gelar juara dalam kompetisi paduan suara bertajuk 54th International Competition of Choral Singing di Austria beberapa waktu lalu, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) melalui tim misi kebudayaan Indonesia Kirana 2017 kembali sukses menggemakan lagu-lagu tradisional dari tanah air dalam acara Konser Kebudayaan bertajuk Pagelaran Indonesia Kirana bertempat di Universitas Bodenkultur, Austria pada Rabu (12/7) lalu.

READ MORE >>
1.jpg

Paduan Suara Indonesia Raih Gelar Juara di Austria

BANDUNG - Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali mengukir prestasi di kancah internasional. Kali ini, bersama tim misi kebudayaan Indonesia Kirana 2017 berhasil meraih gelar juara pertama kategori Folksong dan gelar runner-up pada kategori Choral Works dalam ajang 54th International Competition of Choral Singing yang digelar di Spittal an der Drau, Austria pada 7-9 Juli 2017 waktu setempat.
PSM Unpad bersaing dengan sembilan paduan suara dari berbagai belahan dunia diantaranya Bob Cole Chamber Choir dari Amerika Serikat, Akademski Pevski zbor Maribor dari Slovenia, Claritas Vocalis dari Jerman, dan North-West University PUK-Choir dari Afrika Selatan.

READ MORE >>
pagelaran.jpg

Pagelaran Indonesia Kirana: Langkah Pertama Menuju Eropa

BANDUNG – Tepat satu minggu lagi, tim misi kebudayaan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad), Indonesia Kirana 2017 akan terbang menuju Eropa untuk mengikuti kompetisi paduan suara 54th International Competition Of Choral Singing bertempat di Spittal an der Drau, Austria. Austria merupakan kiblat musik paduan suara Eropa sejak 50 tahun terakhir. Suatu kebanggaan bagi Indonesia, khususnya dalam bidang musik dan paduan suara, mengingat PSM Unpad berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dan Asia dalam kompetisi internasional tersebut. Selain berkompetisi, PSM Unpad juga akan mengadakan konser kebudayaan bertajuk Indonesia Kirana di Wina, Austria.

READ MORE >>
fullsizerender-10.jpg

Semarak HUT PSM Unpad Ke-39 “Around The World”

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) menggelar puncak perayaan hari jadi ke-39 bertempat di Villa Istana Bunga Lembang, Kabupaten Bandung pada Sabtu (13/5). Mengangkat tema “Around The World”, acara yang diselenggarakan selama 2 hari ini dihadiri oleh seluruh elemen dari PSM Unpad mulai dari anggota aktif sampai alumni dari PSM Unpad. Pelatih Utama PSM Unpad Arvin Zeinullah juga datang dalam acara tersebut.

READ MORE >>
dsc_0503.jpg

Bakti PSM Unpad Untuk Bumi dan Manusia

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) menyelenggarakan kegiatan bakti sosial pada Sabtu (6/5) lalu dengan tema “Dari Kita Untuk Bumi” bertempat di Taman Ilmu, Desa Sukawening, Jatinangor. Diikuti oleh kurang lebih 30 anggota PSM Unpad, kegiatan ini merupakan kegiatan bakti sosial pertama yang dilakukan diluar kepanitiaan konser dan diupayakan oleh Divisi Project Development PSM Unpad. Sambutan dari Ketua PSM Unpad Vanda Sekar Yanti dan Arnita Mustika selaku Ketua Pelaksana Bakti Sosial mengawali kegiatan sore itu. Kegiatan berlanjut ke sesi berikutnya, yaitu lomba mewarnai bagi anak usia dibawah sekolah dasar dan menghias tempat sampah bagi anak usia sekolah dasar. Tempat sampah tersebut nantinya dipasang di jalan desa dan mengedukasi masyarakat untuk antusias dalam menjaga lingkungan untuk tetap bersih.

READ MORE >>
dsc_0188.jpg

PSM Unpad Meriahkan Konser Orkestrasi Angklung “Sarasakatha Mahaniya”!

Hanya dua hari selang dihelatnya Konser Intern ke-12 Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) “Bara Renjana,” PSM Unpad kembali tampil di hadapan publik, kali ini berkolaborasi dengan Keluarga Paduan Angklung SMAN 3 Bandung (KPA3). PSM Unpad berkesempatan menjadi bintang tamu dalam Konser Orkestrasi Angklung XIV “Sarasakatha Mahaniya” KPA3. Acara yang digelar di Teater Tertutup Dago Tea House (29/4) ini, berhasil memukau lebih dari 500 penonton yang hadir tidak terkecuali Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar.

READ MORE >>
img_3782.jpg

Ulasan Bara Renjana: Ajang Unjuk Gigi Anggota Termuda

Perhelatan konser intern PSM Universitas Padjadjaran ke-12 telah selesai pada Kamis (27/4) lalu. Bertempat di Graha Sanusi Hardjadinata, Kampus Universitas Padjadjaran Dipatiukur, konser yang diselenggarakan oleh dua angkatan termuda PSM Unpad ini kembali menuai antusiasme penonton yang tinggi. Lebih dari 600 orang hadir pada konser intern kali ini yang mengusung tema bertajuk Bara Renjana. Tema ini sendiri memiliki makna keinginan hati yang membara, dan diharapkan mampu menyalurkan rasa semangat dan motivasi kepada penonton.

READ MORE >>
img_4528.jpg

PSM Unpad Galang Dana Untuk Misi Budaya di Eropa

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) mulai menggelar penggalangan dana untuk melaksanakan misi kebudayaan bertajuk Indonesia Kirana 2017 di Austria akhir Juni nanti. Acara tersebut bertempat di Trans Studio Mall (TSM) Bandung pada Sabtu (4/4) lalu. Berkonsep Indonesia Kirana 2017, acara ini diikuti sebanyak 43 anggota tim dan termasuk dalam salah satu rangkaian misi tersebut. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk memberangkatkan tim ini ke Austria pada akhir Juni mendatang untuk mengikuti Kompetisi Paduan Suara bertajuk 55th International Competition of Choral Singing 2017 di Spittal an der Drau, Carinthia, Austria.

READ MORE >>
img_4718.jpg

Eratkan Kekompakan Tim Dengan Latihan Gabungan PSM Unpad

Sebuah organisasi akan berjalan harmonis jika didalamnya telah terjalin kekompakan antaranggota. Untuk mencapai kekompakan tersebut, anggota dalam organisasi akan melakukan berbagai cara. Kebanyakan dimulai dari hal yang sederhana seperti makan dan kumpul bersama, sampai cara yang serius seperti perbincangan antaranggota kelompok dalam forum resmi. Semua itu kembali pada kelompok masing-masing yang akan memilih cara mana yang akan dipakai.
Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) mempunyai cara tersendiri untuk mempererat kekompakan antaranggota. Terdapat dua tim yang ikut serta dalam latihan kali ini yaitu tim Konser Intern ke-12 Bara Renjana yang akan melakukan konser pada akhir April nanti dan tim misi kebudayaan Indonesia Kirana 2017.

READ MORE >>

Melangkah Lebih Jauh Melalui The Rise Of Melody

Bandung - Konser Resital Vokal Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) yang telah menjadi acara rutin sejak 2013 lalu kembali digelar di tahun 2017 pada Rabu (22/03) lalu. Konser Resital Vokal kali ini bertajuk The Rise Of Melody dilaksanakan di Ruang Serba Guna (RSG) lantai 4, Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Jalan Dipati Ukur Bandung. Resital Vokal kali ini diikuti oleh 25 penyanyi dari semua jenis suara dan terbagi kedalam dua sesi.

READ MORE >>
bonding2.jpg

Jalin Kekompakan Melalui Bonding Pengurus PSM Unpad

Pada Sabtu pagi (5/3) lalu, seluruh anggota kepengurusan PSM 2017 berkumpul di Sekretariat PSM Unpad Jatinangor untuk melakukan Bonding Awal Kepengurusan. Bonding ini merupakan agenda pertama kepengurusan Kabinet Beraksi, dengan tujuan untuk merekatkan setiap elemen Kepengurusan dan untuk menyamakan visi dan misi dari Kabinet Beraksi. Pada Sabtu pagi (5/3) lalu, seluruh anggota kepengurusan PSM 2017 berkumpul di Sekretariat PSM Unpad Jatinangor untuk melakukan Bonding Awal Kepengurusan. Bonding ini merupakan agenda pertama kepengurusan Kabinet Beraksi, dengan tujuan untuk merekatkan setiap elemen Kepengurusan dan untuk menyamakan visi dan misi dari Kabinet Beraksi. 

READ MORE >>
intern17-3.jpg

Panaskan “BARA RENJANA” dari Sekarang!

Ketika tahun telah berganti, tidak berarti kesibukan dan rutinitas seseorang menjadi terhenti. Hal ini juga dirasakan oleh anggota termuda Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) yang saat ini tengah mengemban tanggung jawab kepanitiaan Konser Intern ke-12 yang akan digelar pada April 2017 mendatang. Ibnu Ashari Fuad dari Fakultas Ilmu Komunikasi dipercaya menjadi Ketua Pelaksana gelaran konser kali ini

READ MORE >>
muber162.jpg

Selamat Bertugas, Kabinet Beraksi!

Musyawarah Besar merupakan agenda terakhir Kepengurusan Unpad untuk menutup periode kepengurusan setiap tahunnya. Pada tahun ini Musyawarah Besar Kepengurusan PSM Unpad periode 2016 dilaksanakan pada Jumat (30/12) lalu di RSG, Unpad Iwa Koesoemasoemantri, Bandung dan dihadiri oleh anggota aktif serta alumni dari PSM Unpad. Musyawarah Besar tahun ini dibuka oleh Laporan Pertanggungjawaban dari Kepengurusan Periode 2016. Seluruh partisipan Musyawarah Besar dapat menyuarakan pendapat dan sarannya selama Laporan Pertanggungjawaban ini berlangsung. 

READ MORE >>
america1.jpg

Mengenal Budaya Amerika dalam @america Holiday Season Choir

PSM Unpad dipercaya untuk mengisi acara @america Holiday Season Choir di @america, Pacific Place, Jakarta Pada Jumat (9/12). Acara ini juga melibatkan beberapa paduan suara mahasiswa lainnya yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Universitas Trisakti. Dalam acara ini, PSM Unpad menampilkan beberapa lagu hiburan dan lagu bernuansa Amerika, seperti Oh ShenandoahGeorgia on My Mind, dan beberapa lagu karya composer Amerika seperti As Long as I Have Music oleh Don Besig dan You Are the Love of My Life oleh Michael Masser dan Linda Creed. PSM Unpad juga menampilkan beberapa lagu hiburan seperti The Lion Sleeps Tonight dan Kicir-Kicir. 

READ MORE >>
img_1591.jpg

Menelisik Nilai-nilai PSM Unpad Melalui Welcoming Party

Sebagai penutup sekaligus puncak dari Rangkaian Penerimaan Anggota Baru (RPAB), Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) menyelenggarakan kegiatan Welcoming Party bertempat di Villa Guruminda, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh elemen PSM Unpad, mulai dari calon anggota baru, anggota aktif, tim teknis, alumni sekaligus pelatih utama PSM Unpad Arvin Zeinullah. Welcoming Party diselenggarakan (cont)

READ MORE >>
56.-konser-tahunan-5_.jpg

Konser Tahunan ke-20: Bahagianya Bernostalgia

Konser kali ini terasa begitu spesial karena merupakan perayaan yang ke-20 kali bagi PSM Unpad, hal ini bisa dilihat salah satunya dari pemilihan lagu-lagu yang dibawakan. Arvin Zeinullah pelatih utama PSM Unpad dan juga konduktor konser ini mengungkapkan bahwa lagu yang ada memang hasil pilihan dari tiap konser tahunan edisi terdahulu. Selain itu, konser tahun 2016 juga menjadi begitu istimewa karena banyaknya alumni lintas generasi yang tergabung ke dalam tim penyanyi konser tahunan baik untuk di Bandung maupun Jakarta. Terkhusus konser di Bandung, sebuah kehormatan dan kebanggaan tersendiri bahwa (cont)

READ MORE >>
awb2.jpg

A Wonderful Beginning: Titik Awal Menjadi Bintang.

BANDUNG – Setelah sukses menggelar resital vokal pada Mei lalu, PSM Unpad kembali sukses menggelar resital vokal kedua di tahun ini. Konser yang bertajuk “A Wonderful Beginning” ini diselenggarakan pada Senin (10/10) malam. Berlokasi di Ruang Serba Guna (RSG) lantai, Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, resital kali ini diikuti oleh 19 penyanyi solo dari semua jenis suara yang terbagi dalam dua sesi.

READ MORE >>
bms-1.jpg

Kolaborasi 2 Paduan Suara dalam "Resonanz Music Fest 2016"

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) turut memeriahkan “Pesta Paduan Suara” yang merupakan bagian dari rangkaian acara “Resonanz Music Fest 2016” sebagai peringatan 20 tahun Batavia Madrigal Singers (BMS) berkarya. Pesta Paduan Suara menampilkan tujuh paduan suara yang dipimpin oleh (cont)

READ MORE >>
halo-pramuda-1.jpg

Halo Pramuda! Siap menjadi bagian dari UNPADCHOIR 2016?

Pada tahun 2016 ini Universitas Padjadjaran kembali didaulat sebagai Universitas dengan peminat tertinggi dengan total 58.937 pendaftar SMA sederajat dari berbagai daerah di Indonesia. Setelah menerima kurang lebih 8000 mahasiswa baru, Unpad pun membuat konsep pengenalan lingkungan kampus yang dinamai “PRABU 2016”. Student Day merupakan salah satu acara dalam rangkaian penerimaan mahasiswa baru Universitas Padjadjaran tersebut. Dalam Student Day semua unit kegiatan mahasiswa berkesempatan untuk unjuk kebolehan. Salah satunya adalah PSM Unpad. Diselenggarakan pada 23 Agustus 2016, Student Day terbagi menjadi tiga rangkaian, yaitu Parade Show, UKM Show, dan Stand Visit.

READ MORE >>
ode3.jpg

PSM Unpad Semarakkan Ode Bulan Agustus #2

Melanjutkan tradisi yang telah dimulai pada 2015 lalu, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali diundang untuk yang kedua kalinya oleh Bentara Budaya Jakarta (BBJ) untuk tampil dalam kegiatan parade paduan suara bertajuk Ode Bulan Agustus #2 bertempat di Kantor BBJ, Palmerah, Jakarta. PSM Unpad juga diumumkan sebagai penampil favorit dalam acara yang dilaksanakan tiga hari (24/8-26/8) tersebut.

READ MORE >>
17-agustus-2016-3.jpg

Semangat Bernyanyi dalam Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-71

Bulan Agustus memang sangat identik dengan semangat perjuangan membela merah putih bagi bangsa Indonesia. Di bulan ini pula PSM Unpad kembali dipercaya oleh Pemprov Jabar untuk tampil sebagai tim aubade dalam upacara Hari Kemerdekaan RI ke-71 pada hari Rabu (17/8). Seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara yang dilaksanakan di Lapangan Gasibu, Bandung ini terbagi menjadi dua rangkaian, yaitu upacara pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih.

READ MORE >>
1.jpg

Nyanyian Penghantar Kelulusan Akang/Teteh Wisudawan Unpad 2016

Wisuda merupakan hal yang paling dinantikan oleh para mahasiswa, setelah menuntut ilmu selama beberapa tahun semua kerja keras mereka terbayarkan saat melakukan prosesi wisuda. Pada tanggal 2-4 Agustus 2016, Universitas Padjadjaran melaksanakan wisuda gelombang ke IV tahun akademik 2015/2016. Gelombang ini terbagi dalam 6 sesi dan diikuti oleh wisudawan dari program Doktor, Magister, dan Sarjana dari 16 fakultas yang berada di Universitas Padjadjaran. Wisuda yang diselenggarakan di Grha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran, Bandung ini menobatkan 2501 mahasiswa sebagai alumni dari Universitas Padjadjaran.

READ MORE >>
cfd.jpg

Semangat Konser Tahunan ke-20 dari CFD Dago Bandung

Selama berlangsungnya fundraising, para penyanyi menjalankannya dengan penuh semangat dan passion. "Menurut saya nyanyi di CFD Dago tuh seru banget! Bisa sekalian olahraga, refreshing, bisa nyalurin hobi juga (nyanyi), apalagi kalau (cont)

READ MORE >>
s__12574727.jpg

Koordinasi dan Pengembangan Organisasi di Rapat Tengah Tahun

Selain mengembangkan diri dalam ranah teknis bernyanyi untuk program-program seperti konser dan kompetisi, PSM Unpad sebagai organsasi juga terus berusaha mengembangkan softskill anggotanya melalui kepengurusan dan keorganisasian. Rapat Tengah Tahun merupakan salah satu acara yang diagendakan pada kepengurusan kali ini. Rapat ini menjadi salah satu media evaluasi dan pengembangan dalam organisasi. Pada periode kali ini rapat tengah tahun diselenggarakan di Gedung 1 Lantai 4, Kampus Unpad Iwa Koesoemasoemantri, Bandung pada Minggu (11/06) pagi. Acara yang berlangsung hingga pukul 19.00 tersebut dihadiri oleh manajer dan anggota dalam kepengurusan Unpad Choir.

READ MORE >>
47.-press-release-arjuna-2_.jpg

PSM Unpad Meriahkan Pagerlaran Amal Tari Legong - Bharatanatyam "Arjuna Dibiasakti"

Kemeriahan tampak saat PSM Unpad membawakan beberapa lagu daerah yang telah disebutkan di atas. Gelak tawa para penonton yang memadati Auditorium RRI Bandung terdengar saat para penyanyi memeragakan drama dalam lagu Percoma. Para penonton juga dihibur oleh Tari Saman yang ikut dibawakan dalam lagu Bungong Jeumpa dan tarian daerah Irian Jaya dalam lagu Yamko Rambe Yamko. "Tadi itu penampilan yang sangat atraktif bagi saya, PSM Unpad dapat menyuguhkan tampilan paduan suara yang menarik dan menghibur setiap penonton yang hadir", ujar Utari salah satu penonton Pagelaran Amal Arjuna Dibiasakti.

READ MORE >>
94692.jpg

Kehangatan HUT PSM Unpad Ke-38 "Viva 70's!"

Arvin Zeinullah, conductor utama PSM Unpad menyatakan beberapa hal terkait PSM Unpad saat ini. Baginya, organisasi ini diharapkan mampu melewati berbagai tantangan sehingga makin berprestasi dan menjadi kebanggaan almamater dan Indonesia. “Tantangan besar PSM Unpad saat ini yaitu menyatukan cara pandang dan cara memperjuangkan kelompok paduan suara karena (cont)

READ MORE >>
kompor-2016.jpg

Semangat membara Kompor 2016

Teriakan para supporter yang mendukung timnya semakin memanaskan suasana lomba terakhir Kompor ini. “Kompor seru banget parah!! Terasa banget kekeluargaan di PSM, anak-anaknya kompak banget dan lucu-lucu. Satu kata, asyik” komentar Vira salah satu peserta dari tim Alto.

READ MORE >>
img_0591.jpg

PSM Unpad Pukau Penonton Dalam A Night Of Nightingales

Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Padjadjaran kembali menyelenggarakan konser intern ke-11 yang bertajuk “A Night Of Nightingales” bertempat di Graha Sanusi Hardjadinata pada Rabu (4/5).
Sebanyak 116 penyanyi yang termasuk dalam dua angkatan termuda PSM Unpad mengikuti konser ini. Konser ini dibagi dalam empat sesi dan masing-masing sesi dipimpin oleh seorang conductor yang telah memiliki jam terbang yang bagus dalam dunia paduan suara.

READ MORE >>
screening-ik-bandung-2.jpg

Film Dokumenter Musikal Paduan Suara "Indonesia Kirana" hadir di Bioskop Ibu Kota

Arvin Zeinullah selaku pelatih utama PSM Unpad mengatakan, film ini dapat menjadi sejarah dan dapat menginspirasi setiap orang yang menonton, untuk diceritakan, agar orang-orang dapat melihat nilai baik sebuah perjuangan dan tidak pantang menyerah.Pernyataan ini dibenarkan oleh Niko dan Angga, penonton yang datang dari PSM Telkom University. “Bagus banget, pesannya tersampaikan. Film ini adalah sebuah capaian tersendiri untuk PSM Unpad kedepannya. Tetap menginspirasi!” tutur mereka.

READ MORE >>
sebuah-inspirasi-3.jpg

Sebuah Inspirasi

“Cantik nian tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan maha kuasa
Bagi bangsa yang memujanya.”
-Indonesia Pusaka oleh Ismail Marzuki
 
 Sepenggal lirik yang digubah secara megah ini yang selalu kami nyanyikan kemanapun kami pergi. Lagu yang menggambarkan identitas kami, tempat di mana kami dilahirkan, dan tumbuh berkembang. Syair yang menggambarkan cantiknya tanah air kami yang terpancar dari kekayaan alam dan beraneka ragam keunikan seni dan budaya. Apa yang telah dimiliki Indonesia, telah menginspirasi kami untuk terus berprestasi. Membuktikan bahwa negara dan bangsa kami adalah bangsa yang berdaya saing unggul dan pantas disandingkan dengan bangsa-bangsa lain.

READ MORE >>
satu.jpg

Offres de Moi, Cerminan Dedikasi Anggota PSM Unpad

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali sukses menyelenggarakan resital vokal pada Selasa (22/3) malam. Resital vokal yang bertajuk Offres de Moi ini dilaksanakan di Bale Rumawat Universitas Padjadjaran, Kampus Iwa Koesoemasoemantri. Konser resital pada tahun ini diikuti oleh 26 penyanyi solo, baik Soprano, Mezzo-Soprano, Alto, Tenor, hingga Bass dan terbagi menjadi dua sesi.

READ MORE >>
open-recruitment-pengurus-2016.jpg

Open Recruitment : Kepengurusan Unpad Choir Kabinet Berani 2016!

Kaderisasi merupakan salah satu hal penting dalam suatu organisasi. Dengan adanya kaderisasi dapat menentukan keberlangsungan suatu organisasi di masa mendatang. Unpad Choir kembali melakukan kaderisasi dengan melakukan open recruitment tahun ini. Dimulai dengan perkenalan pengurus Kabinet Berani kepada anggota baru pada (7/02) lalu. Selain bertujuan menyusun formasi pengurus yang tepat, kegiatan ini juga diselenggarakan dengan tujuan untuk mengetahui dan menyalurkan kemampuan serta minat dan bakat para calon staff kepengurusan Unpad Choir 2016.

READ MORE >>
press-release-baksos-melodijo-4.jpg

Ungkapkan Rasa Syukur & Berbagi Kebahagiaan Melalui Kegiatan Sosial

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) gelar acara bakti sosial yang bertempat di Panti Asuhan Bhakti Luhur, Bandung pada Jumat (12/2) lalu. Selain merupakan agenda lanjutan dari panitia konser tahunan ke-19 PSM Unpad bertajuk Melodijo Veselja, Acara ini juga merupakan bentuk rasa syukur PSM Unpad terhadap kelancaran kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

READ MORE >>
1456387186458.jpg

Tingkatkan Kompetensi dan Jalin Silaturahmi melalui Paduan Suara

BANDUNG - Setelah menjadi "Tuan Rumah" dalam studi banding yang dilakukan Paduan Suara Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya (PSM ITS) Januari lalu, Unpad Choir kembali mendapat kehormatan. Kali ini giliran Paduan Suara Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Dr. Hamka, Jakarta (PSM Uhamka) yang melakukan kunjungan studi banding kepada Unpad Choir. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Serba Guna Lantai 4, Universitas Padjadjaran kampus Iwa Koesoemasoemantri (RSG) pada Sabtu (13/02) siang. 

READ MORE >>
1454768372450.jpg

Unpad Choir dalam LCLR Plus Concert Bersama Yockie Suryo Prayogo

Akhir Januari 2016, Unpad Choir kembali menunjukkan eksistensinya dalam sebuah gelaran besar di Kota Bandung. Setelah berhasil menyelenggarakan Konser Tahunan ke-19 bertajuk "Melodijo Veselja" pada November lalu, kali ini Unpad Choir dipercaya menjadi salah satu pengisi acara dalam LCLR Plus Concert bersama Yockie Suryo Prayogo. Konser ini diselenggarakan di Sasana Budaya Ganesha (SABUGA) pada Sabtu (23/01) malam.

READ MORE >>
latihan-intern-11.jpg

Awal tahun, PSM Unpad Mulai dengan Persiapan Konser 2 Angkatan Termuda

Momen pergantian tahun beberapa waktu lalu menjadi langkah awal anggota baru Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) untuk mempersiapkan gelaran Konser Intern ke-11. Ahmad Aldi Purnama, mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran dipercaya oleh Pengurus PSM Unpad untuk menjadi Ketua Pelaksana dalam gelaran konser kali ini.

Waktu liburan semester ganjil yang jatuh sepanjang Januari sampai pertengahan Februari pun mulai dimanfaatkan panitia untuk mempersiapkan beberapa hal penunjang konser. Terhitung sejak tiga minggu lalu, teknik bernyanyi dua anggota termuda PSM Unpad mulai diasah melalui latihan yang diadakan setiap minggunya. Para anggota baru pun mulai merancang hal terkait kepanitiaan konser layaknya open recruitment panitia, penyusunan tema, dan sistem pencarian dana beserta publikasi konser.

READ MORE >>
463156.jpg

Terima Kasih Kabinet SEMANGAT & Selamat Bertugas Kabinet BERANI!

Musyawarah besar merupakan salah satu acara yang diselenggarakan oleh Unpad Choir setiap akhir periode kepengurusan. Pada periode kali ini, musyawarah besar diselenggarakan di Gedung 1 Lantai 3, Kampus Unpad Iwa Koesoemasoemantri, Bandung pada Minggu (03/01) pagi. Acara yang berlangsung hingga pukul 23.00 WIB tersebut dihadiri oleh anggota aktif maupun pasif serta alumni Unpaid Choir.

READ MORE >>
dsc_0026.jpg

PSM Unpad Pukau Publik Surabaya dalam Melodijo Veselja

Setelah sukses menggelar konser tahunan ke-19 bertajuk Melodijo Veselja di Jakarta pada dua minggu lalu, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) berhasil pukau lebih dari 300 penonton yang memadati Suara Surabaya Centre dalam gelaran kedua konser tersebut di Surabaya pada Sabtu lalu (14/11).
Sebanyak 72 penyanyi ikut serta dalam konser yang dipimpin oleh Arvin Zeinullah selaku konduktor utama dari PSM Unpad. Pertunjukan ini berlangsung selama dua jam dan menampilkan 19 lagu yang terbagi dalam dua sesi. PSM Unpad juga bekerjasama dengan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Airlangga (PSUA) dalam penyelenggaraan konser tersebut.

READ MORE >>
cymera_20151101_103942.jpg

Unpad Choir Sukses Kolaborasi Bersama Rundfunkchor

Unit Kegiatan Mahasiswa Unpad Choir berhasil menyelenggarakan Konser Kolaborasi bersama Rundfunkchor, paduan suara tertua di Berlin, Jerman dengan tajuk “Dalam Dekapan Damai” di Aula Grha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad Dipati Ukur pada Selasa (27/10) malam.
Selama beberapa bulan terakhir, Unpad Choir telah mempersiapkan diri dengan berlatih bersama Nicolas Fink, salah satu konduktor dari Rundfunkchor. Persiapan ini dilakukan sebelum kedatangan para penyanyi Rundfunkchor dan Simon Halsey selaku kepala konduktor Rundfunkchor.

READ MORE >>
cymera_20151025_233006.jpg

Jelang Konser Kolaborasi, Goethe Institut Gelar Jumpa Pers

Pemerintah Jerman melalui Goethe Institut menggelar konferensi pers di Gedung Goethe Institut, Jalan R.E. Martadinata Nomor 48 Bandung pada Jumat (23/10). Hal ini terkait dengan akan diselenggarakannya Konser Kolaborasi Unpad Choir bersama Rundfunkchor (paduan suara asal Berlin, Jerman). Turut hadir sebagai pembicara, yakni Direktur Goethe Institut Indonesia Dr. Heinrich Blomeke, serta Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad dalam pertemuan tersebut.

READ MORE >>
cymera_20151018_134239.jpg

Antusiasme Anggota Baru Jalani Latihan Reguler

Kala itu, selasar terlihat ramai oleh sekumpulan mahasiswa. Terlihat beberapa sedang duduk sembari asyik mengobrol. Sesekali timbul canda tawa yang memberi suasana santai sore itu. Ya, mereka adalah anggota Unpad Choir angkatan 2015 yang sedang bersiap-siap mengikuti latihan vokal di lantai dasar Gedung 4 Fakultas Hukum Kampus Unpad Dipati Ukur, Bandung pada Selasa (29/9).
            Latihan yang sering disebut sebagai ‘Latihan Reguler’ ini diselenggarakan tiap Selasa dan Kamis. Selain menjadi agenda rutin dari pengurus, Latihan Reguler juga merupakan bagian dari RPAB (Rangkaian Penerimaan Anggota Baru). Kegiatan ini bertujuan agar masing-masing anggota baru Unpad Choir dapat melatih dirinya dalam berpaduan suara dan mengenal Unpad Choir secara lebih dekat.

READ MORE >>
cymera_20151007_105931.jpg

Unpad Choir Kembali Gelar Workshop untuk Anggota Baru

Setiap tahunnya, Unpad Choir selalu melakukan kegiatan rutin, salah satunya adalah workshop untuk anggota baru. Beberapa waktu yang lalu, kelompok paduan suara ini menyelenggarakan pelatihan tersebut di Kampus D3 Fisip Unpad Dago, Bandung pada Sabtu (3/10) pagi. Acara yang berlangsung hingga pukul 16.00 WIB tersebut dihadiri oleh 60 anggota baru angkatan 2015.
Dalam workshop, 60 peserta dibagi menjadi beberapa kelompok agar materi tersampaikan dengan efektif. Masing-masing kelompok yang didampingi LO ini kemudian akan memasuki sebuah ruangan guna belajar teknik vokal dengan mempraktekkan sebuah lagu. Tak hanya itu, disajikan juga sejumlah materi lainnya, seperti sejarah Unpad Choir, teori dasar musik, attitude, dan sharing dengan masing-masing LO.

READ MORE >>
20150914_125632.png

“Untuk Bumi Kita”, Persembahan Lagu untuk Presiden ke-6 Republik Indonesia

Jumat (11/09), menjadi momen spesial bagi Unpad Choir. Ya, kala itu sedang diselenggarakan acara puncak dari rangkaian peringatan Dies Natalis Universitas Padjadaran (Unpad) yang genap berusia ke-58 tahun. Kali ini, Unpad Choir kembali dipercaya untuk tampil pada hari yang cukup bersejarah tersebut. Ternyata, ada satu hal lagi yang membuat momen tersebut spesial, yakni diberikannya kepercayaan oleh pihak universitas kepada Unpad Choir untuk dapat tampil dihadapan Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono (Pak SBY-red)

READ MORE >>
photogrid_1441698647241_resized.jpg

Metamorphvoca: Tampilkan Kemampuan Terbaik dalam Bernyanyi

BANDUNG – Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) terus meningkatkan eksistensinya dalam bernyanyi. Hal ini ditunjukan dengan diadakannya konser resital vokal bertajuk Metamorphvoca. “Metamorphvoca terinspirasi dari proses Metamorfosis  yang dialami oleh kupu-kupu. Berawal dari ulat kemudian berproses menjadi kupu-kupu setelah mengalami fase penempaan dalam kepompong. Itu adalah analogi setiap penyanyi yang tampil pada resital vokal Metamorphvoca kali ini. Selain itu, resital vokal juga memiliki tujuan yaitu untuk mengasah kemampuan bernyanyi serta kepercayaan diri anggota PSM Unpad dalam menyanyikan lagu klasik secara solois dengan teknik yang lebih matang“ ungkap Fernandes, Ketua Panitia Resital Vokal.

READ MORE >>
1440220834518_resized.jpg

PSM Unpad Pukau Penonton Ode Bulan Agustus

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) diundang oleh Bentara Budaya Jakarta (BBJ) untuk tampil dalam satu kegiatan bertajuk Ode Bulan Agustus. Bentara Budaya Jakarta sendiri merupakan lembaga kebudayaan milik Kompas Gramedia yang didirikan sebagai tempat untuk menyalurkan ekspresi dari beberapa seniman dan mencakup semua bidang.

READ MORE >>
36228.jpg

Merenungi Makna Perjuangan Melalui Paduan Suara

Tujuh puluh tahun sudah Indonesia merdeka. Peristiwa yang jatuh pada 17 Agustus 1945 tersebut dipengaruhi oleh beberapa peristiwa yang terjadi pada beberapa hari sebelumnya, mulai dari jatuhnya bom atom milik sekutu di kota Hiroshima dan Nagasaki pada 6 dan 9 Agustus 1945 sampai “diculiknya” Ahmad Soebardjo beserta bapak bangsa kita, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta oleh golongan pemuda ke daerah Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945.

READ MORE >>
coming-soong-1.jpg

Satu Rangkaian Konser: Konser Kolaborasi dan Konser Tahunan

Tiap tahunnya, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) rutin mengadakan konser paduan suara yang diselenggarakan di tiga kota di Indonesia. Agenda rutin ini dinamakan sebagai konser tahunan. Kota Bandung dan Kota Jakarta menjadi dua kota wajib penyelenggaraan konser, sedangkan untuk kota ketiga dipilih berdasarkan hasil keputusan bersama oleh panitia dan tiap tahunnya memang selalu berbeda.

READ MORE >>
20150623_163634_resized.jpg

Bulan Ramadhan Tiba, Latihan Tetap Jalan Terus

Menunggu waktu berbuka puasa atau dengan istilah ngabuburit, merupakan istilah yang biasa digunakan oleh orang Sunda dalam menunggu datangnya maghrib. Aktivitas ngabuburit ini sendiri banyak ragamnya, baik itu dengan bekerja, bermain, jalan-jalan, hingga melakukan kegiatan keagaman seperti mengaji. Namun, bagaimana jika ngabuburit itu dilakukan dengan hal yang sedikit lebih unik? Seperti bernyanyi misalnya.
Ada hal unik yang dilakukan oleh Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) dalam mengisi sore hari mereka. Tepat pukul 16.00, biasanya para anggotanya ini berkumpul di Kampus Unpad Dipatiukur, tepatnya di Gedung 4 Fakultas Hukum untuk mengikuti latihan olah vokal berasama. Latihan ini rupanya merupakan agenda rutin mereka dan diadakan dalam rangka persiapan konser tahunan yang akan diselenggarakan November mendatang.

READ MORE >>
kuliah-umum-moeldoko.jpg

Kuliah Umum Bersama Jenderal Moeldoko, Siapkan Masa Depan Indonesia

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) tampil dalam kuliah umum yang diisi oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko di Gedung Graha Sanusi Hardjadinata, Kampus Universitas Padjadjaran, Bandung pada Rabu (10/6).
            Sebanyak 20 penyanyi dipercaya untuk mengisi event yang dihadiri sosok ternama tersebut. PSM Unpad membawakan sejumlah lagu perjuangan, diantaranya; Maju Tak Gentar, Pada Pahlawan, Bandung Selatan Di Waktu Malam, serta Halo-Halo Bandung.

READ MORE >>
1434179411860.jpg

Tampil dengan Tiga Musisi Dunia, PSM Unpad Pukau Penonton

Musik bisa dinikmati kapan saja, oleh siapa saja, dan di mana saja. Saat musik dihadirkan di panggung terbuka, penonton dapat memperoleh rasa puas yang berlipat ganda. Salah satu acara yang dapat memuaskan penggemar musik untuk menikmati alunan nada di panggung terbuka yaitu Parahyangan Classical Music Festival (PCMF) 2015 yang diselenggarakan di Bale Pare, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Jawa Barat, pada akhir pekan kemarin.
Dalam festival tersebut, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Padjadjaran tampil bersama beberapa musisi dunia. Sebanyak 12 penyanyi PSM Unpad dilibatkan dalam festival musik klasik yang diadakan satu kali dalam setahun tersebut.

READ MORE >>
dsc02155.jpg

Suasana Childhood Mewarnai Perayaan HUT PSM Unpad ke-37

PSM Unpad rayakan hari jadi ke-37 pada Sabtu (30/5). Perayaan tersebut diselenggarakan di Villa Istana Bunga Lembang, Kabupaten Bandung.

Bertemakan “childhood”, acara yang diselenggarakan selama 2 hari ini dihadiri oleh anggota aktif dan juga alumni dari PSM Unpad. Agenda dalam acara ini meliputi sharing alumni, api unggun, games, lampion, dan nonton bareng video konser intern. Ada beberapa kategori perlombaan antarsuara, diantaranya talent show, parodi video klip, wanna be dan games of the year. Jenis suara yang meraih nilai tertinggi dari empat kategori ini akan mendapatkan gelar Voice of The Year. Pada perayaan kali ini, gelar voice of the year diraih oleh Bass.

READ MORE >>
s__5136694.jpg

Pengurus PSM Unpad Tingkatkan Kemampuan Menulis dan Desain Grafis

Kemampuan menulis dan manajemen media semakin maju dengan pesat seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada kenyataannya, setiap orang dituntut untuk menguasai dan menerapkan kedua hal tersebut dengan sebagaimana mestinya, karena akan berperan penting bagi kehidupan di masyarakat luas.
          Dalam rangka melatih dan mengajarkan kedua hal tersebut, Divisi Organization Development (OD) PSM Unpad menyelenggarakan media training bertempat di gedung B201, Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Sosial (FISIP), Universitas Padjadjaran pada Minggu (24/5) pagi.

READ MORE >>
foto.jpg

PSM Unpad Terpilih untuk Mengikuti Konser Kolaborasi Bersama Paduan Suara asal Jerman

BANDUNG – Setelah melaksanakan salah satu kompetisi paduan suara bergengsi 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015 di Slovenia dan konser kebudayaan Hungaria pada April lalu, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali dipercaya menjadi paduan suara terpilih dalam Konser Kolaborasi bersama Rundfunkchor, paduan suara profesional asal Berlin, Jerman. Konser ini dilatarbelakangi oleh penyelenggaraan German Season pada 27 Oktober 2015.

German Season merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Indonesia dan Jerman yang bertujuan untuk memperdalam hubungan antarnegara dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, ilmu pengetahuan, dan budaya. Terpilihnya PSM Unpad sebagai perwakilan Kota Bandung dikarenakan selain merupakan paduan suara terbaik di Kota Bandung, juga atas rekomendasi salah satu juri yang mengapresiasi dengan baik  penampilan PSM Unpad dalam 2nd IICC 2015 (ITB International Choir Competition). Pernyataan tersebut diungkapkan Goethe Institut saat bertandang ke Universitas Padjadjaran.

READ MORE >>
tim-paduan-suara-mahasiswa-universitas-padjadjaran-dalam-acara-konferensi-asia-afrika.jpg

PSM Unpad Pukau Para Delegasi Konferensi Asia Afrika

Dalam rangka memperingati 60 tahun sejak pertemuan bersejarah tersebut, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali dipercaya oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk tampil dalam Acara Puncak Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika pada Jumat (24/4) bertempat di Gedung Merdeka, Bandung yang merupakan lokasi pertemuan pertama peserta Konferensi pada 60 tahun yang lalu.
Penampilan PSM Unpad ini merupakan penampilan yang kedua, setelah sebelumnya pada Peringatan Konferensi Asia Afrika ke-50 pada tahun 2005, PSM Unpad juga turut tampil sebagai pengisi acara pada event berskala internasional tersebut. Hal ini jelas sangat membanggakan bagi seluruh komponen PSM Unpad termasuk pihak Universitas Padjadjaran serta masyarakat Jawa Barat pada umumnya. Kepercayaan  ini merupakan salah satu apresiasi yang sangat bernilai terhadap eksistensi PSM Unpad yang telah berkiprah dan berprestasi dalam dunia paduan suara baik di tingkat nasional maupun internasional.

READ MORE >>
dsc00668.jpg

Indonesia Kirana: Merajut Asa Melalui Paduan Suara

BANDUNG - Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) berhasil melaksanakan rangkaian festival luar negeri “Indonesia Kirana” dengan mengikuti dua agenda, yakni kompetisi paduan suara 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015 di Maribor, Slovenia dan Konser Kebudayaan di Hungaria.
Kompetisi di Slovenia merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia, karena PSM Unpad sebagai tim Indonesia Kirana berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Asia dalam kompetisi bergengsi tersebut. Selain itu, juga terdapat sejumlah paduan suara ternama dunia yang menjadi rival, antara lain; East Carolina University Singer (Amerika Serikat), Maska Youth Choir (Latvia), serta New Dublin Voices (Irlandia). Pada akhirnya, dengan usaha yang maksimal, tim yang berjumlah 42 orang ini berhasil meraih skor 83,5. Namun, poin tersebut ternyata belum mampu mengantarkan tim Indonesia Kirana memasuki tahap Grand Prix untuk menyandang posisi juara.

READ MORE >>
kolaborasi-kpa-3-bandung-bersama-psm-unpad-di-aula-simfonia-jakarta.jpg

Bahana Angklung & Vokal di Aula Simfonia

Dewasa ini, tak mudah bagi kalangan muda untuk lebih mengenal bahkan melestarikan beberapa jenis alat musik tradisional, salah satunya Angklung. Sebagai salah satu alat musik tradisional Jawa Barat yang saat ini mulai jarang dimainkan oleh khalayak luas, perlahan tapi pasti, Angklung kembali menunjukkan eksistensinya. Salah satunya, dengan konser orkestra bertajuk “Tabula Rasa Angklung XII – Indulge Your Senses” yang diselenggarakan oleh Keluarga Paduan Angklung SMA Negeri 3 (KPA 3) Bandung di Aula Simfonia, Jakarta pada Sabtu (28/3) malam.

READ MORE >>
10986819_10204955149417186_3885241967199305330_n.jpg

Pagelaran Indonesia Kirana: Selangkah Sebelum Menuju Eropa

BANDUNG - Tak berapa lama lagi pada bulan April mendatang, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) akan mengikuti kompetisi paduan suara dan konser kebudayaan 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015 di Slovenia dan Hungaria. Ini menjadi suatu kebanggaan bagi Indonesia, karena PSM Unpad telah berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Asia dalam kompetisi bergengsi ini.

READ MORE >>
55668.jpg

Gelar Grand Champion sukses diraih PSM Unpad pada Kompetisi Tingkat Internasional

Setelah cukup lama tidak mengikuti  kompetisi dalam negeri sejak tahun 2009, PSM Unpad kembali mengukuhkan kualitasnya dalam kancah kompetisi paduan suara nasional dengan mendapatkan predikat sebagai Juara The Grandchampion pada 2nd IICC (ITB International Choir Competition) 2015 yang berlangsung sejak 4-7 Februari 2015 yang lalu. IICC (ITB International Choir Competition) merupakan kompetisi paduan suara berkelas Internasional yang pertama kali diadakan pada tahun 2010 oleh Paduan Suara Mahasiswa ITB berdekatan dengan diselenggarakannya Festival Paduan Suara ITB XXIV, yang juga merupakan kompetisi paduan suara berskala nasional tertua di Indonesia.  Pada FPS ITB XXIV yang dilaksanakan seminggu sebelumnya, PSM Unpad mendapatkan peringkat pertama (Gold Medal) dengan perolehan poin 90,29 pada kategori Paduan Suara Dewasa Pria. Dalam kompetisi ini, hadir para juri dari dalam maupun luar negeri. Mereka merupakan para penggiat paduan suara yang sangat dikenal dengan keahlian dan pengalamannya sebagai dirigen dari paduan suara kenamaan juga komposer dengan karya-karya yang telah diakui secara internasional,  seperti  Stephen Leek (Australia), Miguel Felipe (USA), Daud Kosasih (Indonesia), Indra Listiyanto (Indonesia), Haruko Kuwabara (Jepang), Binu D. Sukaman (Indonesia), Brady Allred (USA), Jonathan Velasco (Filipina), Budi Utomo Prabowo (Indonesia), Ko Matsushita (Jepang), Mark Anthony C (Filipina), Catharina W. Leimena (Indonesia) , dan Avip Priatna (Indonesia).

READ MORE >>
97624.jpg

Sukses! Medali Emas diraih Tim Paduan Suara Pria PSM Unpad pada Kompetisi Tingkat Nasional

Bandung (1/2) – Tim Paduan Suara Pria PSM Unpad kembali meraih medali emas dalam kompetisi bergengsi Festival Paduan Suara (FPS) XXIV Institut Teknologi Bandung Kategori F1 – Paduan Suara Dewasa Pria pada 28 Januari 2015. Dalam Awarding Night pada 1 Februari 2015, PSM Unpad juga berhasil memperoleh juara 1 dan membawa pulang trofi penghargaan dengan perolehan nilai tertinggi yaitu 90,29. Perolehan nilai tersebut juga merupakan nilai tertinggi dibandingkan dengan peserta-peserta di kategori lain.

READ MORE >>
e35b47e21d68bbc.jpg

"It's The Most Wonderful Time of The Year!" Christmas Carol 2014

Dalam rangka menyambut kemeriahan Natal, PSM Unpad mengadakan sebuah kegiatan yaitu Christmas Carol pada tanggal 22 Desember sampai 26 Desember di beberapa lokasi seperti Bandung dan Jakarta, Christmas Carol merupakan kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan PSM Unpad untuk  menghibur pengunjung dengan menyanyikan lagu-lagu bertemakan natal, tahun ini acara tersebut digelar di Trans Studio Bandung, Trans Studio Mall, Trans Luxury Hotel dan Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

READ MORE >>
20141121_192609.jpg

PSM Unpad Berpartisipasi dalam Peringatan Hari Pohon

Dalam rangka memperingati HARPO (Hari Pohon) sedunia pada tanggal 21 November 2014, PSM Unpad yang sebelumnya telah berpartisipasi dalam rangkaian program Holysheet yaitu sebuah komunitas Velre dalam upaya kampanye efektifitas penggunaan kertas dan pengumpulan kertas bekas sebagai bentuk kepedulian lingkungan berkolaborasi dengan konser tahunan Die Wanderlust pada Oktober 2014 yang lalu. Bertempat di POMA Unpad yang berada di lingkungan Universitas Padjadjaran, Velre mengundang seluruh civitas akademik Universitas Padjadjaran untuk mengumpulkan kertas bekas serta melakukan sosialisasi terkait program kampanye selanjutnya. Untuk memeriahkan acara tersebut, berbagai pemusik sampai dengan pembaca puisi hadir untuk berpartisipasi memeriahkan acara.

READ MORE >>
hari-pohon-pasca-event-die-wanderlust.jpg

[EVENT] PSM Unpad & Velre : Hari Pohon Sedunia!

Setelah sukses dangan konser DIE WANDERLUS yg diselenggarakan Bandung & Jakarta, PSM UNPAD akan mempersembahkan sebuah event yg bertemakan lingkungan dan Go Green. Event ini merupakan kolaborasi antara PSM UNPAD & komunitas VELRE.  Event ini sengaja di selenggarakan karena sesuai dgn tema konser DIE WANDERLUST yg bertemakan Go Green & PSM unpad berusaha utk mengadakan Pasca event konser.

READ MORE >>
hari-pahlawan-2014.jpg

PSM Unpad Tampil pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Kantor Gubernur Jawa Barat

Bandung, Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 10 November selalu diperingati dengan Upacara penghormatan bagi para pahlawan Indonesia. Upacara untuk mengenang jasa para pahlawan ini juga diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

READ MORE >>
poster-konser-spdc.jpg

Bila Drum Corps Berkolaborasi dengan Acapella Singers

Marching Band atau lebih dikenal dengan Sadaluhung Padjadjaran Drum Corps (SPDC) Universitas Padjadjaran ini berhasil menyelenggarakan konser dengan tajuk “Konser 3 Dekade” di Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor pada Sabtu (25/10/2014).  Konser ini selain bertujuan untuk memperingati ulang tahun SPDC yang ke-30 pada 22 Desember nanti, juga sebagai ajang nostalgia bagi para Sada Sadi (sebutan alumni SPDC).
Konser akbar yang baru pertama kali dilaksanakan dalam sejarah SPDC ini menampilkan lagu-lagu best moment

READ MORE >>
kpa-3.jpg

Tabula Rasa, Perpaduan Musik Tradisional dengan Vokal

Menyajikan suatu konser yang menghibur, salah satu tantangan tersendiri bagi setiap penyelenggara konser. Sama halnya dengan konser orkestra yang baru saja digelar oleh Keluarga Paduan Angklung SMA Negeri 3 (KPA 3) Bandung dengan tajuk “Tabula Rasa, Indulge Your Senses”. Tabula Rasa bermakna, setiap individu yang dilahirkan dengan hati suci dan seiring berjalannya waktu, individu tersebut akan menemukan banyak rasa dan warna.
Konser ini berlangsung di Trans City Theatre, Trans Studio Bandung, Sabtu (18/10/2014) malam. Dengan Perlim Konser Orkestrasi Angklung XII  ini, KPA 3 berupaya untuk selalu melestarikan angklung sebagai salah satu alat musik khas Indnesia.

READ MORE >>
die-wanderlust.jpg

Die Wanderlust : Tentang Harmoni Alam, Cinta dan Kehidupan

Bandung, Jumat (3/10) Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran  kembali menghelat kegiatan rutin tahunan yaitu konser tahunan yang ke-18. Konser yang berjudul“Die Wanderlust : The Journey of Love, Life, and Nature” tersebut diselenggarakan pada hari jumat Tanggal 3 Okober 2014 di Graha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad Dipatiukur. Konser DIE WANDERLUST tersebut melibatkan sekitar 90 orang penyanyi dari PSM Unpad. Acaranya berdurasi sekitar 2,5 jam yang dimulai mulai pukul 19.00 hingga pukul 21.30 malam. Selain penampilan para penyanyi yang terdiri dari anggota aktif PSM Unpad, ada juga penmapilan khusus dari para Alumni PSM Unpad yang turut menghibur para penonton. Mereka membawa empat lagu, salah satu lagu yang mereka bawakan adalah lagu berbahasa Sunda yaitu “Badminton”.

READ MORE >>
15.jpg

Konser "Die Wanderlust: The Journey of Love, Life, and Nature" (via VIVANEWS)


Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) Selasa malam ini menggelar konser tahunannya di Usmar Ismail, Jakarta. Konser bertajuk “Die Wanderlust: The Journey of Love, Life, and Nature” ini dipersembahkan oleh 92 anggota PSM Unpad yang menyanyikan 16 buah lagu.

 
Arvin Zaenullah yang menjadi dirigen pada konser tahunan yang ke-18 ini mengungkapkan perhatian PSM Unpad terhadap pemanasan global yang menjadi salah satu isu paling krusial dunia. “Semua orang berjuang dengan caranya masing-masing. Kami berjuang dengan kata dan nada,” ungkapnya.

READ MORE >>
anugrah.jpg

PSM Unpad Mendapatkan Anugerah Budaya Kota Bandung

Warga bandung patut berbangga diri atas berbagai dukungan yang diberikan pemerintah daerah setempat terhadap pengembangan seni dan budaya terutama dalam hal apresiasi dan juga penghargaan. Dalam acara Anugerah Budaya Kota Bandung, Walikota Bandung memberikan penghargaan kepada dua belas seniman yang konsisten menekuni  bidangnya.  Paduan suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran menjadi salah satu organisasi yang menerima penghargaan tersebut. Bertempat di Gedung Kesenian Simam AMBU STSI, Bandung (14/9/2014), Bapak Ridwan Kamil menyerahkan secara langsung penghargaan tersebut.

READ MORE >>
indonesia-kirana-1-ole-ole.png

Karya Persembahan Indonesia Kirana untuk Kota Bandung

Merupakan salah satu bentuk dari rangkaian Pergerakan Indonesia Kirana dengan menampilkan video pada hari peringatan tertentu agar kita semua selalu sadar dan peduli.
Tema video kali ini adalah memperingati Ulang Tahun Bandung ke-204.
Video ini menampilkan mojang-mojang yang menyanyikan lagu pantun Ole-ole Bandung di tempat pariwisata Kota Bandung

READ MORE >>
p_20140817_105232.jpg

PSM Unpad Dipercaya sebagai Tim Aubade Upacara HUT RI ke-69 bersama Bapak Gubernur Jawa Barat

Sebagai salah satu upaya untuk memperingati HUT Republik Indonesia, PSM Unpad dipercaya untuk tampil sebagai tim aubade dalam upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus yang ke-69 di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Bandung, Minggu (17/8) siang. Lagu-lagu yang ditampilkan antara lain, Berkibarlah Benderaku, Maju Tak Gentar, Syukur, dan diakhir dengan lagu Hari Merdeka. Dengan total penyanyi yang berjumlah 60 orang dan Arvin Zeinullah selaku konduktor, PSM Unpad tampil dengan semangat patriotisme yang tinggi.

READ MORE >>
p_20140815_185832.jpg

Undangan Bapak Bupati kepada PSM Unpad untuk bernyanyi di Kabupaten Purawakarta

Pada tanggal 15 Agustus 2014 PSM Unpad kembali diundang oleh salah satu orang terpenting di Kabupaten Purwakarta. Dalam kesempatan kali ini PSM UNPAD diminta menyanyikan beberapa buah lagu dalam acara “Riung Mungpulung Dengan Perintis Kemerdekaan RI” adapun lagu yang dinyanyikan adalah Indonesia Raya, Ibu Pertiwi yang berkolaborasi dengan arumba, medley Nusantara, Pada Pahlawan, dan satu buah lagu hiburan Terimakasih Cinta

READ MORE >>
dsc01171-mock-upm.jpg

Ekspedisi Indonesia Kirana di Gunung Papandayan

17 Anggota Paduan Suara Mahasiswa Unpad melakukan pendakian di Gunung Papandayan Garut.Pernahkah anda membayangkan berada di puncak sebuah pergunungan dan menyanyikan lagu-lagu perjuangan Indonesia secara paduan suara? Inilah yang dilakukan oleh tujuh belas anggota Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran. Sebanyak lima Soprano, lima Alto, empat Tenor, serta tiga orang Bass dari berbagai angkatan dan berbagai Fakultas yang ada di Universitas Padjadjaran ikut berpartisipasi dalam kegiatan Ekspedisi pendakian Gunung  Papandayan Garut yang dilaksanakan pada Jumat (8/8) hingga Kamis (10/8).

READ MORE >>
img_4007.jpg

HUT 36 PSM Unpad

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran baru saja menyelenggarakan hari jadinya yang ke 36.   Bertempat di Vila Istana Bunga, Lembang Jawa Barat, tanggal 24/25 Mei, keluarga besar PSM Unpad hadir untuk turut meramaikan acara yangtelah dirancang oleh panitia. Pesta ulang tahun yang bertemakan Superhero ini sangat meriah dengan berbagai perlmbaan dan tumpengan yang bertujuan mempererat rasi saling memiliki organisasi.

READ MORE >>
kompor.jpg

Panas! Kompor 2014 PSM Unpad

Sabtu (10/5), Project Development PSM Unpad menyelanggarakan acara KOMPOR alias Kompetisi Olahraga. Acara turun temurun yang sangat dinantikan banyak anggota ini, dilaksanakan di Kampus Unpad Jatinangor dari pukul 08.00 – 16.00 WIB.  Acara yang meriah ini, diselenggarakan untuk memupuk keakraban anggota dan membuktikan bahwa anggota PSM tidak melulu bernyani namun mampu berolahraga.

READ MORE >>

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."



TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com