Menyambut Tahun Baru dengan Paduan Suara yang Baru

Read Also in English 
Baca ogé dina Basa Sunda




Pada tahun baru ini, PSM Unpad kembali mengadakan salah satu kegiatan rutinnya yakni Konser Intern. Konser kali ini adalah Konser Intern yang ke-14, dan seperti namanya, konser ini diselenggarakan oleh dua angkatan termuda PSM Unpad. Kali ini, dua angkatan termuda PSM Unpad, yakni angkatan 2017 dan 2018, akan berkolaborasi bersama untuk menorehkan sejarah baru bagi PSM Unpad.
 
Bagi angkatan termuda, konser ini menjadi hal yang baru namun pada saat yang sama, mengasyikkan. Selama proses menuju hari konser, mereka dapat mengenal prinsip, nilai, dan aktivitas PSM Unpad dengan lebih mendalam. Konser ini merupakan ajang yang sangat baik bagi angkatan angkatan baru untuk memahami konsep Paduan Suara Mahasiswa; mulai dari intensitas latihannya, hingga keberagaman lagu-lagunya yang dibawakan.



 
Latihan perdana Konser Intern telah diselenggarakan pada 14 Januari 2019 lalu, dan sekitar lima minggu telah berlalu sejak tim konser ini terbentuk. Tidak seperti mahasiswa lain, liburan bukan menjadi alasan bagi para penyanyi muda ini untuk kembali ke Jatinangor untuk melanjutkan rutinitas latihan paduan suara mereka.
 
Konser Intern PSM Unpad ke-14 telah meresmikan judul konser mereka: “Euphonious Chorale” dengan slogan, "Let The Chorus Brings You to Joy." Judul ini dipilih dengan harapan bahwa tim ini dapat menyalurkan rasa dan harmoninya mereka melalui nyanyian yang disampaikan kepada para penonton.
 
Mempertahankan Kemerduan sebuah Paduan Suara
 



Terdapat suatu fakta menarik pada Konser Intern tahun ini, yakni para konduktornya. Pada Konser Intern ke-14 ini, konduktor semua sesinya adalah anggota PSM Unpad angkatan 2015 dan salah satunya sudah pernah menjadi konduktor pada Konser Intern sebelumnya. Ini juga berarti bahwa tiga dari empat konduktor masih sangat baru terkait pengalaman mereka menjadi konduktor Konser Intern.
 
Salah satu dari ketiga konduktor tersebut, Nauval R. (2015), konduktor untuk sesi Popular Song, menyatakan bahwa tantangan dalam menjadi seorang konduktor konser, terutama konser sebesar Konser Intern, ada pada tingkat kesulitan lagu-lagunya dan penyanyinya, “Tingkat kesulitan dari lagunya tentu berbeda, terutama jika dibandingkan dengan job atau kegiatan-kegiatan PSM Unpad lainnya. Kemudian, perbedaan lainnya bisa dilihat dari jumlah penyanyi tim intern yang jauh lebih banyak; sampai ratusan. Jadi, merupakan sebuah tantangan bagi saya dan teman-teman konduktor lainnya untuk bisa melatih ratusan penyanyi untuk dapat membangun tim dan menghasilkan konser yang maksimal,” jelas Nauval.



 
Selain itu, konduktor sesi Indonesian Folksong, Bilqist (2015), menyatakan bahwa beliau berharap sesinya dapat memberikan kesan tersendiri kepada para penonton. Selain itu, selama proses latihan yang berlangsung, beliau berharap semua aspek dari konser ini dapat berjalan lancar dengan segala tanggung jawab yang harus dipikul serta tantangan-tantangannya dapat diatasi dengan baik. Banyaknya tantangan yang ada tidak menghentikan para konduktor muda dalam melaksanakan mandat yang diberikan kepada mereka. Mereka terus berusaha sebaik-baiknya untuk mengajarkan para penyanyi muda dan memastikan bahwa tim “Euphonious Chorale” ini akan dapat mempersembahkan yang terbaik di bulan April mendatang. 

(Connie Marcella dan Ridhadiyanti Wedia)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

nada-diraya-poster.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com