Welcoming Party 2018: Lebih Dekat dengan PSM Unpad

Read more in English
Baca oge dina Basa Sunda

Sebagai penutup dari Rangkaian Penerimaan Angota Baru (RPAB), Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) menyelenggarakan kegiatan Welcoming Party bertempat di Villa Rumah Kayu Organik, Lembang, Kabupaten Bandung selama tiga hari (6-8/12). Selain para anggota baru dan mahasiswa aktif, para tim teknis, alumni, dan pelatih utama PSM Unpad, Arvin Zeinullah, juga berpartisipasi pada kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, para anggota baru dituntut untuk mengenal budaya serta nilai-nilai PSM Unpad.

Welcoming Party dibuka dengan games kelompok bersama para LO guna memperkuat eratnya tali kelompok masing-masing. Kemudian para anggota baru diajak untuk mengambil makna dari pemutaran film dokumenter Indonesia Kirana yang menceritakan perjuangan para akang dan teteh menuju kompetisi di Eropa pada tahun 2015. Salah satu nilai yang dapat diambil oleh para anggota baru dari pemutaran film tersebut adalah perjuangan adalah hal yang paling penting dari sebuah proses. Dari pemutaran film Indonesia Kirana ini, diharapkan para anggota baru dapat mengimplementasikan nilai tersebut dalam kehidupan mereka di PSM.



Kemudian di hari kedua, para calon anggota baru dihadapkan pada salah satu program wajib PSM Unpad, Konser Intern dalam School of Concert Management (SOCM). Dalam kegiatan ini, para calon anggota baru berperan sebagai  panitia yang merancang dan mempersiapkan sebuah konser. Esensi dari kegiatan ini adalah para calon anggota baru mendapat gambaran akan hambatan yang dihadapi dalam kepanitiaan dan bagaimana cara menyelesaikannya. mulai dari teknis bernyanyi, pembuatan konsep, hingga komunikasi dan negosiasi baik dengan pihak internal maupun eksternal PSM Unpad.



Di hari terakhir, saatnya para calon anggota baru menunjukkan kompetensinya dalam “Festival Paduan Suara Welcoming Party RPAB 2018”. Terdapat dua lagu yang dinyanyikan tiap kelompok yaitu lagu wajib Edelweiss karya Richard Rodgers & Oscar Hammerstein II dan satu lagu pilihan kelompok. Sebagai penutup dari kegiatan Welcoming Party, para calon anggota baru disuguhkan dengan penampilan para akang dan teteh serta penayangan video persembahan yang merangkum perjalanan dari Student Day hingga Welcoming Party.

“Setelah mengikuti tiga hari Welcoming Party, kami menjadi lebih erat sesama angkatan 2018. Mulai dari saling mengenal hingga akhirnya dapat saling membantu satu sama lain. Hal inilah yang dibutuhkan suatu kelompok untuk membuat suasana nyaman. Dari kegiatan ini juga kami jadi bisa memahami PSM Unpad lebih dalam bahwa kami tidak hanya bernyanyi tetapi juga banyak nilai bermanfaat yang bisa kami dapatkan dari organisasi ini,” ujar Jasmine, salah satu peserta Welcoming Party dari kelompok Pop.



Vinda Febrianti selaku Ketua Pelaksana RPAB PSM Unpad, menyatakan bahwa konsep yang dirancang tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana lebih menekankan tentang pengenalan nilai dan budaya organisasi PSM Unpad. “Alhamdulillah, setelah rangkaian Welcoming Party ini berakhir, terlihat bahwa teman-teman angkatan 2018 ini sudah mulai beradaptasi dan saya harap ke depannya makin terus berkembang dalam segala hal di PSM Unpad,” ungkapnya.



Senada dengan Vinda, Wakil Ketua PSM Unpad, Rifky Kurnia juga berharap bahwa para anggota baru PSM Unpad dapat terus belajar dan berkembang,”Untuk teman-teman 2018 tetap semangat di PSM Unpad! Apa yang telah didapat harus diamalkan dengan baik,agar ke depannya dapat ditularkan kembali kepada adiknya. Dapat diistilahkan bahwa teman-teman 2018 adalah gelas yang kosong dan kami, para akang teteh, adalah gelas yang terisi air penuh. Jadi, jika air tersebut tidak diisi ke gelas yang kosong, maka sama halnya dengan membuang-buang ilmu yang didapat dan menjadi mubadzir jika tidak ditularkan ke anggota barunya. Kami berharap teman-teman juga bisa terus menuangkan ilmu tersebut ke generasi PSM selanjutnya,” pesan mahasiswa bersuara Tenor ini.

(Fahril Aprilyandiki)
 

EVENTS


TESTIMONIALS




TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com