Kaleidoskop PSM Unpad Tahun 2018

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) sangat bersyukur dan berterima kasih atas segala limpahan berkah dan karuniaNya sepanjang tahun 2018. Berikut adalah rangkuman dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan PSM Unpad sepanjang tahun ini:
 
Kegiatan pertama pada tahun 2018 adalah Resital Vokal I yang mengusung judul “A Faithful Journey”. Melalui resital vokal, PSM Unpad menunjukkan kepiawaian para anggotanya untuk bernyanyi secara solo. Konser Resital Vokal “A Faithful Journey” diadakan hari Kamis, 8 Maret 2018 lalu. Resital vokal ini merupakan resital pertama dari dua resital vokal yang akan diselenggarakan di tahun 2018. Konser resital ini diselenggarakan di RSG gedung 2, Universitas Padjadjaran Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Jalan Dipati Ukur Bandung.



Kegiatan kedua PSM Unpad adalah Konser Intern ke-13 “Enchanting Chants”. Konser Intern ke-13 ini diadakan pada Selasa, 24 April 2018 lalu. Konser dengan tajuk “Enchanting Chants” ini bertempat di Grha Sanusi Hardjadinata, kampus Universitas Padjadjaran Dipatiukur. Konser dua angkatan termuda PSM Unpad ini berhasil membuat Grha Sanusi penuh dengan penonton yang mencapai jumlah hingga 800 penonton.
 


Selain itu, PSM Unpad juga berpartisipasi dalam salah satu kegiatan besar yang juga merupakan kolaborasi pertama PSM Unpad dengan komposer muda ternama Indonesia. Pada 20 Mei 2018 yang lalu, PSM Unpad berpartisipasi dalam Choralboration Concert bersama Ken Steven. Konser kolaborasi ini diadakan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-25 dari komposer Indonesia berbakat, Ken Steven. Choralboration concert ini diselenggarakan di Teater Tertutup Dago Tea House, Bandung. Selain PSM Unpad, Ken Steven juga berkolaborasi dengan Aperto Singers. Dalam kegiatan ini, PSM Unpad dipercaya untuk membawakan lagu-lagu gubahan Ken Steven oleh sang komposer sendiri. Selain kolaborasi dalam bidang tarik suara, konser ini juga menyuguhkan beberapa penampilan lain seperti tarian yang menggugah hati dari Asep Chilok Dance co., permainan piano Daniel Alexander, dan lantunan flute Ronny Gunawan.


 
Kegiatan lainnya yang juga dilakukan oleh PSM Unpad adalah Harmoni Ramadhan. Tahun ini, PSM Unpad kembali menyelenggarakan kegiatan bakti sosial “PSM Unpad Berbagi” bertepatan dengan bulan suci ramadhan. Kegiatan ini menggunakan tema sekaligus judul “Harmoni Ramadhan” dan diadakan pada hari Minggu, 27 Mei 2018 yang lalu di Panti Asuhan Riyaadlul Jannah, Desa Cikeruh, Jatinangor. Kegiatan ini merupakan kegiatan bakti sosial kedua yang dicanangkan oleh divisi Project Development PSM Unpad.
 


Selama berjalannya kepengurusan tahun ini, PSM Unpad juga melakukan beberapa studi banding yang memberikan berbagai pandangan baru. PSM Unpad sadar bahwa keinginan untuk semakin berkembang dengan terus belajar merupakan salah satu citra paduan suara Indonesia. Hal ini kemudian diwujudkan dengan diadakannya kegiatan Studi Banding. Selama tahun 2018 ini, PSM Unpad menerima studi banding dari delapan paduan suara dari beberapa kota, mereka adalah: Purwacaraka Music Studio Choir Cibubur (30/8), Paduan Suara Mahasiswa Satya Dharma Gita Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (15/9) di Unpad Dipatiukur, Paduan Suara Mahasiswa Gita Tirtayasa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (29/9), Telkom University Choir, PSM Universitas Brawijaya, PSM Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, PSM Universitas Jendral Soedirman, dan PSM Universitas Gadjah Mada di Unpad Jatinangor.


 
Di tahun 2018 yang lalu, PSM Unpad genap berusia 40 tahun. Hal ini tentunya menjadikan tahun 2018 sebagai tahun yang spesial. Berbagai prestasi dan karya telah mengiringi PSM Unpad sepanjang perjalanan 40 tahunnya. Untuk merayakan momen yang berbahagia ini, PSM Unpad mengadakan kegiatan Perayaan Ulang Tahun PSM Unpad ke-40 di Arion Swiss-belhotel, Sabtu (14/07). Acara ini dimeriahkan oleh anggota aktif PSM Unpad serta anggota alumni PSM Unpad dari berbagai generasi. Selain sebagai ajang silaturahmi untuk seluruh generasi muda dan terdahulu PSM Unpad, berbagai program baru yang sedang dijalankan oleh kepengurusan Kabinet Apresiatif juga dikenalkan agar para alumni dapat mengenal secara lebih dekat para generasi muda PSM Unpad.
 


2018 juga merupakan tahun dimana PSM Unpad diberi kesempatan untuk berkompetisi dalam 7th Bali International Choir Festival di bulan Juli yang lalu. Tepat di usianya yang ke-40 tahun, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali mengukir prestasi dengan meraih gelar Grand Champion dalam 7th Bali International Choir Festival (BICF) yang bertempat di La Prime Plaza Hotel Denpasar, Bali pada 27 Juli 2018 yang lalu. Sebagai Juara Umum 7th BICF 2018, PSM Unpad berhasil mengalahkan 146 grup dari berbagai kategori yang berasal dari 16 negara seperti Latvia, Kanada, Lithuania, Filipina, Korea Selatan, Cina, Indonesia, dan beberapa negara dari berbagai belahan dunia lainnya. Selain itu, PSM Unpad juga berhasil mendapatkan Special Jury Award of Excellent Programs, dan Arvin Zeinullah selaku konduktor PSM Unpad pun mendapatkan Special Jury Award sebagai Excellent Conductor.
 


Pada pertengahan tahun 2018, dalam memperingati 73 tahun kemerdekaan Indonesia, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali diberi kesempatan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk menjadi pengisi aubade dalam upacara HUT RI ke-73. Berlangsung di Lapangan Gasibu, Bandung, upacara ini dilaksanakan kedalam dua bagian, yaitu pengibaran bendera dan penurunan bendera (Gelar Senja), Jumat, 17 Agustus 2018 yang lalu. Unpad juga menjadi pengisi aubade upacara Kemerdekaan RI ke-73 di Balai Kota Bandung dan Rektorat Universitas Padjadjaran.
 


Setelah konser resital vokal yang pertama, pada akhir tahun ini PSM Unpad kembali mengadakan resital vokal. Melalui Konser Resital Vokal II: “A Wondrous Euphony”, PSM Unpad kembali menunjukkan kualitas bernyanyi para anggotanya pada Kamis, 18 Oktober 2018 yang lalu. Konser yang diselenggarakan di RSG Gedung 2, Universitas Padjadjaran, Jalan Dipatiukur Bandung ini dibuka oleh Syifa Ramadhani Rizqullah yang melantunkan lagu Verlust, mahakarya Fanny Hensel. Tak hanya menampilkan suara dan lantunan piano yang indah dalam bentuk penampilan solo dan ansambel, “A Wondrous Euphony” juga menyuguhkan atraksi drama yang membuat penampilan penyanyi semakin menarik.
 


Pada tahun 2018 ini, PSM Unpad diberikan banyak kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pengalaman baru. Salah satunya adalah dengan konser tahunan yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Masih dalam rangka merayakan ulang tahun PSM Unpad yang ke-40 tahun, PSM Unpad mengadakan konser tahunan yang juga merupaka konser kolaborasi pertama PSM Unpad dengan PSM IPB Agria Swara. Panggung konser kali ini dipenuhi oleh lebih dari 150 penyanyi dari dua paduan suara yang dibina oleh Arvin Zeinullah. Konser Tahunan ke-22 kali ini digelar di dua tempat yaitu Tan Siong Kie Hall, Jakarta (25/11) dan Grha Sanusi, Bandung (29/11).


 
Agenda PSM Unpad tentunya tidak lengkap tanpa adanya Rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru (RPAB). Sebagai penutup dari RPAB tahun ini, PSM Unpad menyelenggarakan kegiatan Welcoming Party yang bertempat di Villa Rumah Kayu Organik, Lembang, Kabupaten Bandung selama tiga hari (6-8/12). Selain para anggota baru dan mahasiswa aktif, para tim teknis, alumni, dan pelatih utama PSM Unpad, Arvin Zeinullah, juga berpartisipasi pada kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, para anggota baru dituntut untuk mengenal budaya serta nilai-nilai PSM Unpad.


 
Pada bulan Desember, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) telah menjalani salah satu kegiatan tahunannya yakni Musyawarah Besar 2018 yang bertujuan untuk menutup satu tahun periode kepengurusan yang telah berjalan. Musyawarah Besar tahun ini dilaksanakan di Aula Gedung B Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran Jatinangor pada hari Sabtu (15/12). Dengan Musyawarah Besar ini, Kabinet Apresiatif telah menyelesaikan tugasnya, dan Kabinet Anam Cara yang diketuai oleh Galuh Valencia, Alto 1 (2016), akan melanjutkan perjuangan PSM Unpad selama satu tahun kedepan.


 
Pada akhirnya, kegiatan akhir tahun yang dilakukan PSM Unpad pada tahun ini untuk menyambut liburan tahun baru dan hari Natal adalah bernyanyi selama tiga hari di Trans Studio Mall Bandung (24-26/12). Selain bernyanyi, PSM Unpad juga menggalang dana untuk kompetisi di Filipina dan Eropa di tahun 2019 mendatang.


 
(Fahril Aprilyandiki)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

choralescence-1.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com