Suasana Hangat dalam Studi Banding PSM Unpad

Read also in English
Baca oge dina Basa Sunda

Keinginan untuk semakin berkembang dengan terus belajar merupakan salah satu citra paduan suara Indonesia. Hal ini dapat dilihat dengan kegiatan Studi Banding yang dilakukan oleh tiga paduan suara kepada Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) dalam tiga kesempatan yang berbeda, yaitu Purwacaraka Music Studio Choir Cibubur (30/8), Paduan Suara Mahasiswa Satya Dharma Gita Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (15/9) di Unpad Dipatiukur, serta Paduan Suara Mahasiswa Gita Tirtayasa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (29/9) di Unpad Jatinangor.



Seperti kegiatan Studi Banding sebelumnya, kedua paduan suara saling berbagi cerita dan pengalamannya masing-masing dalam kegiatan Focus Group Discussion. Berbagai ilmu yang bermanfaat dapat diambil dari seluruh anggota paduan suara yang terlibat. Ahmad Aldi, Ketua PSM Unpad Kabinet Apresiatif menjelaskan bahwa dari kegiatan Studi Banding ini ia dapat memahami bagaimana setiap paduan suara memiliki caranya sendiri untuk menjalankan organisasinya.



“Dari total 8 Studi Banding yang dilakukan oleh PSM Unpad tahun ini, kami mendapatkan banyak sekali ilmu dan cerita yang bermanfaat dan berkesan untuk kami. Dari Paduan Suara Purwacaraka kami mendapatkan banyak kisah lucu dari children choir ini. Kami bisa belajar bagaimana cara mengatur dan mengajar paduan suara anak-anak yang bisa kami implementasikan dalam kegiatan penerimaan anggota baru kami. Selain itu kami juga belajar bagaimana cara membuat dan mengatur sebuah lomba paduan suara tingkat nasional dari PSM FH Undip. Dan yang terakhir dari PSM Untirta dari berbagai persamaan yang kami miliki dari segi organisasi kami bisa belajar untuk lebih peka dan solutif dari berbagai kondisi yang akan kami hadapi nantinya,” jelasnya.



“Kami disambut dengan sangat baik oleh PSM Unpad, kami juga bisa merasakan aura kerendahhatian dari PSM Unpad.  Terima kasih sudah mau menyambut kami dengan suasana kekeluargaan. Saya tidak heran kalau ada yang bilang Unpad auranya sangat kekeluargaan karena kami sangat merasakan aura itu. Sukses selalu untuk PSM Unpad membanggakan nama Indonesia!” ungkap Asfiani, salah satu anggota PSM SDG FH Undip.




Dicky dari PSM Gita Tirtayasa juga menceritakan pengalamannya yang serupa mengenai suasana hangat dan kekeluargaan yang menjadi ciri khas dari PSM Unpad.
“Senang sekali kami bisa diterima dengan hangat oleh PSM Unpad.. Banyak sekali pembelajaran yang bisa diambil. Walaupun dari kesamaan-kesamaannya, semoga kami bisa ambil sisi yang lebih baiknya yang dijalankan oleh PSM Unpad,” tambahnya.



Pengalaman menarik tidak hanya dirasakan oleh anggota paduan suara yang berkunjung ke Bandung, Rifky, salah satu anggota PSM Unpad, mengungkapkan antusiasmenya untuk bisa bertemu dengan berbagai paduan suara dengan latar belakang yang berbeda.



“Kami sangat senang bisa mendapatkan sahabat baru dari para paduan suara yang mau datang jauh-jauh untuk mengunjungi kami. Kami sangat berterima kasih atas berbagai ilmu bermanfaat yang sudah diberikan kepada kami. Kami juga akan terus belajar agar dapat terus memperbaiki diri sehingga bisa terus menginspirasi paduan suara Indonesia lainnya. Sampai bertemu lagi di lain kesempatan!” ungkap Wakil Ketua PSM Unpad Kabinet Apresiatif ini.

(Maharani Praphesti)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

choralescence-1.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com