Langkah Awal Mengenal PSM Unpad Lebih Dekat

Read also in English

Setelah kegiatan Student Day, PSM Unpad kembali mengadakan kegiatan guna menyambut anggota baru, yaitu Open House dan pembagian suara atau Ambitus. Open House diselenggarakan di Gedung C Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran, Rabu (06/09) yang dilanjutkan dengan pembagian suara atau Ambitus. Ambitus yang diikuti lebih dari 200 orang ini diselenggarakan di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran, Sabtu (08/09).

Kegiatan Open House sebagai kegiatan pertama yang diikuti oleh calon anggota PSM Unpad ini diselenggarakan sebagai upaya memperkenalkan PSM Unpad pertama kalinya kepada calon anggota baru. Tujuan ini pun diangkat kembali di tahun ini ungkap ketua pelaksana Rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2018 Vinda Febrianti.

Open House ini disusun sedemikian rupa oleh kami para pantia agar calon anggota baru PSM Unpad itu dapat mengenal lebih dalam organisasi yang akan mereka ikuti ini”, ujar Vinda.



Dari Open House ini pula Vinda memiliki harapan besar agar calon-calon anggota baru PSM Unpad dapat mencintai PSM Unpad lebih lagi sehingga mereka pun dapat berkembang dengan baik di organisasi Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran ini.

Ryo salah satu calon anggota PSM Unpad yang mengikuti Open House mengaku dirinya senang dengan adanya Open House ini. “Selain mendapat teman baru, aku juga dapat informasi banyak tentang PSM misalnya lebih mengenal dan tahu nama-nama dari akang dan juga tetehnya,” ujar Ryo.

Calon anggota baru PSM Unpad selanjutnya diharuskan mengikuti Ambitus atau pembagian suara. Kegiatan ambitus ini bukanlah audisi bagi anggota baru, namun bertujuan untuk mengetahui jenis, warna, dan range  suara masing-masing calon anggota baru. Setelah proses registrasi selesai anggota PSM Unpad 2018 kemudian harus mengikuti beberapa pos, diantaranya Pos Solfeggio, Pos Ekspresi kemudian Pos Medik. Di Pos Solfeggio, anggota baru PSM Unpad akan dilihat kemampuan musikalitasnya dalam membaca not. 



Di Pos Kedua yaitu Pos Ekspresi, anggota baru PSM Unpad akan bernyanyi bebas dan berekspresi sesuai dengan diri masing-masing. Di pos terakhir yaitu Pos Medik, calon anggota baru PSM Unpad akan didata data diri dan kesehatan masing-masing calon anggota, sebelum akhirnya kembali ke meja registrasi untuk mengambil My First Song Book yaitu buku panduan anggota baru PSM Unpad.



Salah satu calon anggota PSM Unpad angkatan 2018, Nanda mengaku dirinya cemas akan ambitus ini.

Deg-degan banget karena baru pertama kali dicek seperti ini, jadi belum siap. Namun, ternyata setelah dicoba ya Alhamdulillah lancar.” Ujar Nanda mahasiwa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan angkatan 2018 ini.

Kegiatan ambitus ini pun akan tetap diadakan bersamaan dengan latihan reguler, agar para Pramuda 2018 yang berhalangan di ambitus perdana tetap dapat mengikutinya. Terselip banyak harapan untuk penerus PSM Unpad ini. Berharap calon anggota PSM Unpad ini akan mencintai dan berkarya bagi PSM Unpad, Almamater, dan Indonesia.
(Ningrum Wahyudi dan Irny Fredlia)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."



TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com