Semangat Nasionalisme PSM Unpad dalam Semarak 73 Tahun Indonesia

Read also in English
Baca oge dina Basa Sunda



Dalam memperingati 73 tahun kemerdekaan Indonesia, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali diberi kesempatan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk menjadi pengisi aubade dalam upacara HUT RI ke-73. Berlangsung di Lapangan Gasibu, Bandung, upacara ini dilaksanakan kedalam dua bagian, yaitu pengibaran bendera dan penurunan bendera (Gelar Senja), Jumat (17/8).

Masih dalam semarak Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, PSM Unpad juga menjadi pengisi aubade upacara Kemerdekaan RI ke-73 di Balai Kota Bandung dan Rektorat Universitas Padjadjaran.



Berbeda dari tahun sebelumnya, Pemprov Jabar di HUT RI ke-73 kali ini menyelenggarakan sebuah Parade yang menjadi salah satu hiburan bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya. Parade ini diselenggarakan setelah acara pengibaran bendera di Lapangan Gasibu selesai. PSM Unpad pun diberi kesempatan untuk menjadi penampil dalam Parade ini. Arvin Zeinullah, selaku kondakter mengaku dirinya tidak menyangka bahwa sambutan masyarakat begitu meriah.

“Alhamdulillah PSM Unpad dapat menampilkan yang terbaik pada hari ini dan membuat suasana 17-an menjadi lebih meriah. Saya pun senang jika ada acara-acara seperti ini karena bagi kami para seniman penting untuk mengenalkan lagu-lagu nasional dan perjuangan kepada masyarakat sekitar. Selain itu, bagi anggota PSM Unpad lagu-lagu perjuangan juga yang dapat mengasah kemampuan teknik bernyanyi,” ujar Arvin.

Dalam penurunan bendera (Gelar Senja) yang diselenggarakan sore harinya, PSM Unpad membawakan beberapa lagu perjuangan seperti Hari Merdeka, Pada Pahlawan, dan Bandung Selatan di Waktu Malam guna meningkatkan jiwa patriotisme anak muda dan warga Jawa Barat yang hadir.



Salah satu pejabat tinggi di Jawa Barat yang hadir saat penurunan bendera, yaitu Komjen Mochamad Iriawan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat mengaku dirinya sangat bangga akan PSM Unpad yang menyanyikan lagu Nasionalisme dengan indah dan semangat. 
 
"Saya sebagai gubernur merasa bangga dengan nyanyian dan penampilan PSM yang begitu indah. Hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi Jawa Barat karena kita punya PSM Unpad yang luar biasa," ujar Iriawan. 


Salah satu warga Jawa Barat yang menonton Gelar Senja pun mengatakan bahwa dirinya sangat senang dan bangga akan prestasi dan nyanyian PSM Unpad.

“Sungguh membanggakan, setelah melihat dan mendengar penampilan dari PSM Unpad saya bisa lebih merasakan suasana 17-an nya, lebih terasa merdekanya,” ujar Pak Win (49).



Masih dalam suasana kemenangan PSM Unpad dalam 7th Bali International Choir Festival, PSM Unpad di bulan Agustus ini mendapat kesempatan juga untuk tampil di beberapa Pusat Perbelanjaan Bandung, seperti Mal Trans Studio, Mal Festival Citylink, dan Mal 23 Paskal. Arvin Zeinullah mengatakan bahwa bulan Agustus ini merupakan bulan yang padat bagi PSM Unpad. Dirinya menambahkan bahwa di tahun ini PSM Unpad sangat terbantu dengan banyaknya alumni-alumni PSM Unpad yang ikut andil dalam beberapa penugasan HUT Kemerdekaan RI ke-73 ini.

“Dengan beberapa alumni yang ikut andil dalam padatnya kegiatan eskternal dan internal PSM Unpad sangat membantu sekali. Baik dalam segi teknis dan juga membimbing adik-adiknya,” ujar pria yang memiliki panggilan Kang Arvin ini.



Di hari yang sama, PSM Unpad pun tampil di Paskal 23 Mall untuk pertama kalinya. Masyarakat menyambut hangat dan mengapresiasi nyanyian PSM Unpad yang membawa semangat kemerdekaan di hari HUT RI ke-73. Devin, sebagai salah satu penonton penampilan PSM Unpad di Paskal 23 Mall mengatakan sangat tertarik dengan PSM Unpad.

“Saya sebagai mahasiswa Unpad juga sebenarnya sudah tertarik dengan PSM Unpad sejak lama. Namun, setelah melihat penampilan PSM di Paskal tadi saya semakin tertarik dan mungkin semester depan saya akan daftar menjadi anggota PSM Unpad,"ujar Devin. 



Sebagai Paduan Suara yang sudah berkarya selama 40 tahun, PSM Unpad pun setiap tahunnya dipercaya sebagai pengsisi aubade dalam Upacara kemerdekaan Republik Indonesia. Di setiap penampilannya dalam membawakan lagu-lagu patriotisme, PSM Unpad memiliki tujuan dan harapan yaitu masyarakat luas dapat teredukasi dan mengenal lagu-lagu perjuangan. Ketika masyarakatnya mengenal lagu-lagu perjuangan maka sedikit demi sedikit rasa bangga dan nasionalismenya pun akan tumbuh di hati masyarakat khususnya anak muda yang akan meneruskan perjuangan para pejuang. Arvin mengaku bahwa dirinya sangat senang akan adanya kegiatan aubade seperti ini di setiap tahunnya.
(Ningrum Wahyudi & Syifa Ramadhani)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

choralescence-1.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com