MENGENANG PERJALANAN BERSAMA DALAM PERAYAAN ULANG TAHUN PSM UNPAD KE-40 TAHUN

Read also in English
Baca oge dina Basa Sunda

Berbagai prestasi dan karya telah mengiringi PSM Unpad sepanjang perjalanan 40 tahunnya. Untuk merayakan momen yang berbahagia ini,  PSM Unpad mengadakan kegiatan Perayaan Ulang Tahun PSM Unpad ke-40 di Arion Swiss-belhotel, pada Sabtu (14/07). Acara ini dimeriahkan oleh anggota aktif PSM Unpad serta anggota alumni PSM Unpad dari berbagai generasi. Selain sebagai ajang silaturahmi untuk seluruh generasi muda dan terdahulu PSM Unpad, berbagai program baru yang sedang dijalankan oleh kepengurusan Kabinet Apresiatif juga dikenalkan agar para alumni dapat mengenal secara lebih dekat para generasi muda PSM Unpad.


 
Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Pelaksana, Herryawan sebagai konduktor pertama, serta Arvin Zeinullah, selaku konduktor utama PSM Unpad saat ini. Selanjutnya, para alumni membagikan berbagai pengalaman mereka selama berkegiatan di PSM Unpad. Nuansa nostalgia semakin kuat terasa saat video perjalanan PSM Unpad ditayangkan. Acara lalu dilanjutkan dengan pemaparan buku sejarah PSM Unpad serta nilai-nilai PSM Unpad yang dipaparkan oleh Ahmad Aldi Purnama selaku Ketua PSM Unpad periode 2018 bersama Dewi Mayangsari selaku Manager divisi Research. Buku sejarah PSM Unpad nantinya akan menjadi buku yang mencatat peristiwa penting dan nilai-nilai PSM yang saat ini sedang dikembangkan. Selain itu, buku ini juga akan menjadi pedoman bagi anggota baru maupun lama dalam berorganisasi dan mengembangkan diri di PSM Unpad.
 
Genap berusia 40 tahun, PSM Unpad sudah mengukir berbagai prestasi baik dalam lingkup nasional hingga internasional. Meraih prestasi pada tahun 2017 di Spittal an der Drau dengan tajuk Indonesia Kirana adalah prestasi paling anyar yang dimiliki oleh PSM Unpad. Fernandes, selaku ketua dari tim Indonesia Kirana 2017 memotong tumpeng sebagai tanda syukur dan terima kasih kepada seluruh keluarga PSM Unpad yang senantiasa mendukung dan menemani perjalanan PSM Unpad selama ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan Talk Show bersama para alumni. Sesi ini menjadi ajang bagi alumni untuk kembali bernostalgia dan mengingat berbagai kenangan dan pengalaman PSM Unpad. Tantangan serta perjuangan yang telah dialami turut dibagikan sebagai ajang pembelajaran kepada para generasi muda yang akan meneruskan perjalanan PSM Unpad ke depannya.


 
Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan sesi khas yang selalu ada pada setiap perayaan ulang tahun, yaitu meniup lilin dan memotong kue ulang tahun, diwakilkan oleh alumni pendiri PSM Unpad serta Arvin Zeinullah selaku konduktor utama saat ini. Dengan berakhirnya sesi ini, acara ditutup dengan foto bersama dan menyanyikan lagu Hymne Universitas Padjadjaran yang dinyanyikan oleh keluarga PSM Unpad yang hadir.
 
Nabila Putri Viadin selaku Ketua Pelaksana memaparkan bahwa acara ini bertujuan untuk mengumpulkan kembali angkatan-angkatan terdahulu hingga angkatan perintis agar ikatan alumninya pun semakin erat. Nabila berharap dengan diadakannya acara ini, ikatan alumni yang erat dapat membawa PSM Unpad terus berprestasi dan dapat terus memberikan yang terbaik.
 
Acara ini pun mendapat tanggapan baik dari alumni salah satunya adalah Alit angkatan 2000, beliau sangat senang mengikuti acara ini karena ia dapat bertemu kembali dengan teman-teman lamanya dan membawa kembali memori yang telah ia jalani di PSM Unpad. Baginya, PSM Unpad merupakan bagian penting dari hidupnya karena di PSM Unpad adalah tempat dimana ia bisa mendapatkan pengalaman dan belajar untuk bekerja keras. Beliau juga sangat mengapresiasi acara ini karena mengumpulkan angkatan dalam kurun 40 tahun bukan hal yang mudah. Ia dapat melihat semangat para generasi muda penerus PSM Unpad. 


 
Begitu juga dengan Faisal, Ketua PSM Unpad tahun 1996 yang biasa disapa Kang Ical, “Saya mengikuti perkembangan PSM Unpad di Youtube, di Instagram, hingga Website juga saya ikuti. Saya senang dan ingin selalu mengikuti acara yang diselenggarakan PSM Unpad.” Harapannya, prestasi PSM Unpad dapat selalu membanggakan almamater, dan Indonesia di kancah internasional.
 
Berbagai harapan juga diutarakan oleh beberapa pihak, salah satunya adalah dari Arvin Zeinullah, selaku konduktor utama PSM Unpad. “Saya berharap PSM Unpad semakin sukses dengan sistem yang lebih matang. PSM Unpad ke depannya siap menghadapi tantangan berkaitan dengan generasi muda yang berubah pola pikirnya. Jaman memang akan selalu berubah, tetapi kita juga tetap bisa mempertahankan eksistensi dan jati diri sebagai kelompok yang memiliki semboyan ‘what we are about to sing is very songful’.” tutupnya.
 
Ahmad Aldi Purnama selaku Ketua PSM Unpad Kabinet Apresiatif juga mengutarakan harapannya untuk PSM Unpad. “Semoga PSM Unpad dari berbagai karakter dan momen 40 tahun kemarin, PSM dapat menjadi kesatuan yang kokoh dan bersinergi yang baik dan tetap sukses.”

(Clara Vennia & Irny Fredlia)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

choralescence-1.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com