Harmoni Ramadhan: Semangat Berbagi Kebahagiaan

Read also in English
Baca oge dina Basa Sunda

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali menyelenggarakan kegiatan bakti sosial PSM Unpad Berbagi dengan tema “Harmoni Ramadhan” pada hari Minggu (27/5) yang lalu di Panti Asuhan Riyaadlul Jannah, Desa Cikeruh, Jatinangor. Kegiatan ini merupakan kegiatan bakti sosial kedua yang dicanangkan oleh divisi Project Development PSM Unpad. Bakti sosial ini juga merupakan salah satu rangkaian acara untuk merayakan Ulang Tahun PSM Unpad ke-40.

PSM Unpad Berbagi kali ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti games, persembahan lagu, serta buka puasa bersama. Games pertama yang dilaksanakan adalah Cerdas Cermat. Permainan ini diikuti oleh beberapa anggota PSM Unpad bersama beberapa anak panti asuhan. Dalam permainan ini, para pemain akan diberikan pertanyaan mengenai berbagai pengetahuan umum, bahasa Inggris, serta pengetahuan agama Islam. Tidak hanya melatih pengetahuan, kegiatan ini juga akan melatih ketangkasan dan fisik dari para anggota PSM Unpad dan anak-anak Panti Asuhan Riyaadlul Jannah melalui games selanjutnya yaitu Sarung Berjalan.

 


Salah satu putri dari Panti Asuhan Riyaadlul Jannah mengatakan bahwa kegiatan games yang dilaksanakan memberikan anak-anak kesempatan untuk mengingat kembali ilmu-ilmu yang sudah didapatkan. “Seru banget! Soal-soal yang diberikan cukup sulit dan sangat menguji. Cerdas Cermat ini membuat kami untuk mengingat kembali ilmu-ilmu yang sudah pernah kami dapatkan dan juga melatih wawasan kita.” jelas Wawat.
 
Senada dengan Wawat, Hakim, salah satu anak Panti Asuhan ini mengatakan bahwa games yang dia ikuti memberikan manfaat yang baik. “Alhamdulillah seru, permainan-permainannya membuat kita menjadi lebih dekat dengan kakak-kakak PSMnya dan juga dengan teman-teman kita sendiri.” ujar murid SMP yang berumur 13 tahun ini.
 
Setelah melaksanakan agenda permainan, kegiatan selanjutnya adalah Warna Warni Harapan. Dalam kegiatan ini, seluruh peserta bakti sosial diminta untuk memberikan cap telapak tangan yang penuh cat beraneka warna di atas sebuah kain dan menulis harapan mereka masing-masing. Kegiatan ini sangat disukai oleh para peserta, terutama untuk anak-anak dilihat dari antusiasme yang mereka pancarkan. Kegiatan ini juga diadakan sebagai wadah untuk berimajinasi setinggi-tingginya, baik untuk para anggota PSM Unpad maupun anak-anak panti asuhan tersebut.
 


Persembahan lagu dari PSM Unpad menjadi penghujung acara pada sore hari itu. Lagu Rindu Rasul untuk menggambarkan suasana bulan Ramadhan serta Medley Bungong Jeumpa dipilih untuk menghibur para peserta kegiatan PSM Unpad Berbagi ini. Para peserta Panti Asuhan Riyaadlul Jannah terlihat semangat dan senang menyaksikan kegiatan tersebut.
 
Ketua PSM Unpad periode 2018, Ahmad Aldi Purnama, terlihat puas dan senang ketika ikut serta dalam kegiatan ini. “Alhamdulillah acara bakti sosial yang luar biasa ini berjalan dengan lancar. Menurut saya, kegiatan bakti sosial ini berbeda dengan kegiatan PSM Unpad yang lain yang berupa kegiatan bernyanyi dan forum-forum rapat. Acara ini juga sangat bermanfaat untuk anggota PSM Unpad maupun pihak masyarakat yang bekerjasama dengan PSM Unpad. Acara ini luar biasa karena rangkaian acaranya tidak kalah dengan acara konser-konser kami. Timing kegiatan bakti sosial ini juga bertepatan dengan bulan Ramadhan, jadi kami bisa saling berbagi. Kami juga sangat bersyukur karena respon terhadap kegiatan ini dari anak-anak panti asuhan dan wisma Riyaadlul Jannah sangat baik.” jelasnya.
 


Grace D’Olivia, selaku Ketua Pelaksana PSM Unpad Berbagi 2018 ini mengatakan bahwa selain menjadi kegiatan bersosialisasi, terdapat tujuan lain dari kegiatan ini. “Tujuan dari bakti sosial ini selain menjadi kegiatan bersosialisasi adalah untuk membentuk harmonisasi, sesuai dengan tema acara kami yaitu Harmoni Ramadhan. Karena bertepatan dengan bulan Ramadhan juga, kami dari PSM Unpad ingin berharmoni, bersinergi, dan bersilaturahmi dengan orang-orang di luar sana yang membutuhkan. Karena PSM Unpad juga mampu dan berkesempatan, maka diadakanlah acara ini.”
 
Ia juga mengatakan bahwa salah satu nilai tambahan yang baik dalam kegiatan ini adalah kegiatan sholat berjamaah. “Dari yang saya lihat, sholat berjamaah merupakan hal yang spesial. Dengan diadakannya sholat berjamaah ini juga merupakan bentuk silaturahmi antara pihak panti asuhan dan PSM Unpad.”
 



“Semoga dengan dilaksanakannya bakti sosial ini, kami semua bisa menjadi lebih peka terhadap kondisi sekitar. Kami sebagai mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di wilayah Jatinangor juga berharap bisa lebih memperhatikan masyarakat dan lebih menjalin silaturahmi yang lebih erat lagi dengan orang-orang disekitar kita.” tambah Ketua Pelaksana bakti sosial yang bertema “Harmoni Ramadhan” ini.
 
(Syifa Ramadhani)                                            
 
 
 

 

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."



TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com