Antusiasme Persiapan Choralboration bersama Ken Steven: "Kami Siap!"

Read also in English
Baca oge dina Basa Sunda

Dalam rangka merayakan hari ulang tahun sang komposer Indonesia ternama Ken Steven, sebuah konser kolaborasi yang bertajuk Choralboration Concert akan diselenggarakan pada tanggal 20 Mei 2018 mendatang di Dago Tea House, Bandung. Ken Steven bersama Aperto Singers mengajak sederet musisi-musisi dari berbagai latar belakang musik yang berbeda untuk berkolaborasi dalam menampilkan berbagai hasil karyanya sendiri selama berkecimpung di dunia musik tanah air maupun internasional. Paduan Suara Mahasiswa UNPAD tak ketinggalan untuk ikut berpartisipasi dengan menyanyikan 11 lagu gubahan Ken Steven dalam bentuk male choir, female choir, dan mixed choir, diiringi dengan koreografi sederhana untuk beberapa lagu sebagai penghias penampilan. Konser ini merupakan rangkaian dari perayaan ulang tahun Ken Steven yang ke-25, sebagai wujud syukur dan dan ucapan terima kasihnya atas dukungan dan kepercayaan dari berbagai paduan suara yang telah membawakan karyanya hingga ke mancanegara.


 
Saat menjuri di FPS ITB yang ke 25 kemarin, saya sangat kagum dengan kualitas dan musikalitas dari PSM Unpad dibawah pimpinan Pak Arvin Zeinullah. Sedangkan Aperto Singers yang dibawah pimpinan Bu Fatmawati Djunaidi adalah paduan suara pertama di Indonesia yang membawakan karya saya waktu itu pada tahun 2009. Bapak Daud Kosasih sendiri adalah guru besar saya dalam bidang musik dan komposisi, sampai saat ini kami masih terus berkolaborasi dan menghasilkan karya-karya yang indah. Sedangkan Daniel Alexander dan Ronny Gunawan adalah 2 orang sahabat musisi saya yang sangat supportif dan terus memotivasi saya untuk menjadi lebih baik.” ucap Ken Steven, sang komposer, terkait keikutsertaan para musisi tersebut dalam konsernya kali ini.
 
Latihan harian PSM Unpad untuk konser kolaborasi ini telah dilaksanakan sejak tanggal 15 Februari 2018, yang diorganisir oleh Arie Cipta Laras Metti sebagai penanggungjawab utama kegiatan, Chandra Ryan sebagai Choir Manager, dan dibantu oleh Ahmad Aldi Purnama.
 
Saya sangat senang dengan pengalaman yang menyenangkan ini! Sebagai penanggung jawab utama, yang diurus pertama kali adalah menanyakan kesediaan para penyanyi PSM Unpad untuk ikut serta dalam konser, mulai dari akang teteh senior dan alumni, sampai ke adik-adik angkatan 2016 & 2017. Saya juga harus mempersiapkan 11 partitur untuk setiap lagunya, serta kelengkapan kostum yang akan digunakan para penyanyi. Kak Ken Steven juga memberi amanah kepada saya untuk mengurus bagian ticketing, yang merupakan pengalaman baru untuk saya. Sebenarnya tidak ada kendala yang berarti selama kegiatan latihan berlangsung, kecuali mungkin rasa lelah, ya. Hehe. Sekarang PR saya hanya perihal penjualan tiket, dan juga untuk memastikan bahwa tiap penyanyi siap dengan teknis dan hafalan lagu serta gerakan yang akan ditampilkan.” ujar Laras, salah satu PJ sekaligus penyanyi Alto 1 dari PSM Unpad.
 
Harapan saya, konser ini dapat dihadiri oleh seluruh masyarakat, terutama dari kalangan pemusik. Dan semoga kerjasama yang terjalin antar PSM Unpad dan Ken Steven dapat menjadi awal yang baik untuk masing-masing pihak agar dapat berkarya lebih baik lagi dan mendapat apresiasi masyarakat luas!” tambahnya lagi.

 
Senin lalu (7 Mei 2018), telah dilaksanakan kegiatan latihan gabungan antara PSM Unpad dengan Aperto Singers yang bertempatan di Gedung Ikatan Alumni UNPAD, Dipatiukur. Kegiatan ini dipimpin oleh Ken Steven sendiri dengan pembawaannya yang ceria, hangat, dan bersemangat. Tak lupa, Ken Steven juga menambahkan sesi games berhadiah sebagai selingan hiburan yang menyenangkan dengan tujuan mengakrabkan seluruh penyanyi yang hadir pada malam hari itu, sebelum kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama. Ia pun ikut mengungkapkan kekagumannya pada para penyanyi muda dari PSM Unpad yang menurutnya pribadi adalah tim yang sangat disiplin, teratur, reponsif serta cerdas, sehingga semua aktivitas yang dipimpinnya bisa berjalan dengan baik dan menggembirakan. Suasana yang terasa dalam kegiatan ini pun membuat seluruh penyanyi bersemangat dan terhibur.
 
Benar-benar pengalaman yang berbeda dari latihan biasanya! Terasa sekali suasana positifnya ketika berlatih dengan Ken Steven. Pembawaannya yang ramah dan ceria membuat saya semakin semangat dalam berlatih lagu, terutama untuk lagu Kampuang Nan Jauh di Mato. Bernyanyi dengan iringan flut dan piano pun semakin menambah keindahan lagu aransemen komposer muda berbakat Indonesia ini!” seru Shan Diaspora, salah satu penyanyi Alto 1 angkatan 2015.


 
Konser perayaan ulang tahun sang komposer yang bertajuk Choralboration: performing The Choral Works of Ken Steven ini akan diselenggarakan dan dibuka untuk khalayak umum pada tanggal 20 Mei 2018 di Dago Tea House, Bandung. Untuk informasi maupun reservasi lebih awal dapat dilakukan dengan menghubungi Laras dari PSM Unpad (085721613130) & Leonore dari Aperto Singers (08112252565). Sampai jumpa di Choralboration Concert!
 
 
 
(Aysa Novira Yunaz)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."



TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com