Motivasi untuk Maju Bersama dalam Studi Banding PSM Unpad

Read also in English

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali kedatangan tamu dari beberapa Paduan Suara Mahasiswa di Indonesia. Pada kesempatan kali ini PSM Unpad dikunjungi oleh tiga paduan suara mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia dalam tiga kesempatan yang berbeda, yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, dan Universitas Jenderal Soedirman. Studi Banding bersama Universitas Gadjah Mada dilaksanakan di Bale Santika, Kampus Unpad Jatinangor (17/3) dan Studi Banding Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, serta Universitas Jenderal Soedirman di Gedung B lantai 3 Fakultas Ilmu Budaya, Kampus Jatinangor, (24/3) dan (31/3).



Tujuan dari Studi Banding ini tidak lain adalah untuk memperkaya pengalaman, hubungan baik antar anggota masing-masing PSM dan berbagi cerita antar anggota PSM. Tentunya tidak hanya dalam segi teknis bernyanyi namun juga dalam segi kepengurusan dan kepanitiaan berbagai kegiatan. Dalam sesi yang terasa singkat, begitu terasa kenyamanan antar anggota PSM. Banyak pelajaran yang didapatkan dalam sesi tanya jawab dari kedua belah pihak dan kehangatan terasa saat bermain games berupa vocalizing dan melalui Focus Group Discussion untuk berbagi ilmu. Kegiatan Studi Banding ini ditutup dengan penampilan dari setiap paduan suara dengan beberapa lagu terbaiknya.



Salah satu anggota PSM Unswagati Cirebon, Nida mengungkapkan alasan memilih PSM Unpad sebagai tempat belajar. “Sebagai sebuah organisasi, tentu kami harus memiliki acuan, dan PSM Unpad merupakan suatu cerminan dalam kesuksesan paduan suara terutama bagi kami yang masih merintis ini,” ujarnya.



Hal serupa juga disampaikan oleh Mas Imron, selaku Ketua PSM UGM, “Ketika kami menentukan beberapa paduan suara universitas untuk choir visitation, hal tersebut didasarkan dari bagaimana mereka memberi branding di media sosial karena itu merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mengembangkan paduan suara itu sendiri. Dan PSM Unpad adalah salah satu PSM di Indonesia yang bagus, terbukti dengan adanya Indonesia Kirana,” ungkapnya.

“Semakin lama paduan suara di Indonesia semakin berkembang dan tentu saja mereka semua  berlomba-lomba untuk menjadi salah satu paduan suara terbaik di Indonesia. Hal ini dapat kita lihat dari jumlah PSM yang melakukan studi banding dengan PSM Unpad. Tentu saja ini sangat memacu PSM Unpad untuk terus memperbaiki diri menjadi lebih baik ke depannya. Dengan semangat dan motivasi yang ada untuk selalu memperbaharui diri, kami berharap PSM Unpad dapat tetap menjadi panutan paduan suara di Indonesia dan paduan suara di Indonesia juga dapat terus berkembang menjadi lebih baik,” ungkap Rifky Kurnia, selaku Wakil Ketua PSM Unpad Kabinet Apresiatif 2018.
 
(Clara Vennia)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

konser-tahunan-21-canticum-novum.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com