​KONSER INTERN 2018 : SEMANGAT BERSAMA MEMBANGUN YANG BARU

Read also in English
Baca oge dina Basa Sunda

Sebagai salah satu langkah Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) untuk mengembangkan bibit-bibit barunya dalam rangka regenerasi anggota PSM Unpad yang berkualitas, PSM Unpad mengadakan kegiatan Konser Intern yang diikuti oleh dua angkatan PSM Unpad dengan anggota angkatan baru sebagai panitianya. Konser ini bertujuan untuk melatih para anggota PSM Unpad terkhususnya anggota baru untuk mendapatkan sebuah pengalaman yang nantinya menjadikan bekal baik dari segi teknis bernyanyi maupun manajemen kegiatan baik selama di dalam PSM Unpad maupun di lingkungan luar. Dan tentu saja terdapat beberapa kegiatan tambahan untuk mendukung lancarnya program konser ini. Dan Konser Intern di tahun 2018 yang bertajuk Enchanting Chants, ini memiliki makna nyanyian yang indah.



Kegiatan ini dimulai dengan Latihan Pra Perdana Konser Intern yang dilaksanakan pada hari Rabu (10/01/2018) sebagai bentuk pembekalan bagi anggota baru dalam melaksanakan konser ini baik dari segi teknis maupun manajemen konsernya itu sendiri. Kegiatan ini diisi langsung oleh Arvin Zeinullah selaku pelatih utama PSM Unpad dan dilanjutkan dengan latihan perdana konser intern pada pekan selanjutnya dengan mengenalkan pihak-pihak yang terlibat dalam konser tersebut. Mulai dari para kondakter yang akan mengisi keempat sesi Konser Intern, yaitu Dewanti Ramadhani dalam sesi Classical Song, Karisman Ferdinandus di sesi International Folksong, Fernades dalam sesi Popular, dan Adam Prana Surya di sesi Indonesian Folksong, hingga para panitia yang terlibat dalam konser ini.

Untuk membantu kelancaran kepanitiaan Konser Intern ini, pengurus PSM Unpad mengadakan kegiatan Class of Sharing di Kampus Unpad Dipati Ukur sebagai wadah bagi anggota baru untuk saling bertukar pikiran dan memperkuat jaringan koordinasi antara panitia kegiatan konser intern, pengurus, dan panitia konser intern tahun sebelumnya. Eleazar Handoyo selaku Manajer dari divisi Project Development sekaligus penggagas kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir hambatan yang terjadi sebelumnya dengan berbagi pengalaman tentang bagaimana mengatasi berbagai masalah yang terjadi dalam sebuah konser. “Dengan adanya kegiatan ini, maka para panitia dapat meminimalisir kesalahan melalui sharing pengalaman dari akang teteh sebelumnya mengenai apa hambatan yang sering terjadi dan bagaimana cara mengatasinya,” jelasnya.



Dalam rangkaian konser intern ini juga diadakan berbagai kegiatan Fundraising yang dilaksanakan oleh para penyanyi konser intern. Salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan pada hari minggu di Car Free Day Jalan Dago, Bandung.  Para penyanyi dari tim konser intern menyanyikan lagu-lagu hiburan, seperti lagu daerah, lagu wajib nasional, hingga lagu pop yang tidak asing bagi sebagian besar orang di berbagai spot CFD Dago. Tak sedikit juga pengunjung CFD Dago yang terhibur dengan nyanyian yang dilantunkan oleh tim konser intern PSM Unpad.



Tidak hanya bagi kepanitiaan, dalam konser ini pun diberikan pembekalan berupa Bonding Penyanyi yang diadakan di Taman Hukum, Kampus Unpad Dipati Ukur (04/03/2018) untuk mempererat hubungan antar penyanyi baik sesama anggota baru maupun dengan angkatan sebelumnya. Tim divisi Organizational Development selaku pelaksana kegiatan ini menjadi wadah bagi para penyanyi dalam meningkatkan koordinasi dan kerjasama satu sama lain dan mengemas kegiatan ini dengan games yang atraktif. Menurut Ibnu Ashari Fuad, Manajer dari divisi Organizational Development, kegiatan ini berawal dari kurangnya wadah untuk mempererat chemistry dalam satu tim konser sehingga diadakanlah kegiatan Bonding Penyanyi ini. “Dengan adanya kegiatan Bonding penyanyi ini, diharapkan bisa menjadi wadah dalam mempererat chemistry antar penyanyi dalam satu tim sehingga konser dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya,” paparnya.

Dyah Fazriya, salah satu penyanyi bersuara sopran dalam konser ini mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi wadah penyegaran diri disela kegiatan latihan yang terbilang padat. “Selain bisa menjadi wadah dalam mendekatkan diri antar penyanyi juga menjadi refreshing tersendiri mengingat kegiatan di PSM ini terbilang cukup padat,” ceritanya.
 
(Muhamad Fauzi)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

konser-tahunan-21-canticum-novum.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com