A Faithful Journey: Sebuah Awal untuk Perjalanan yang Penuh Harapan

Read also in English
Baca ogé dina Basa Sunda

Semakin melejit di dunia tarik suara, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) terus menunjukan eksistensinya di usianya yang akan memasuki angka 40 tahun. Tidak hanya dengan menunjukkan kepiawaian para anggotanya bernyanyi dalam kelompok, namun juga saat bernyanyi secara solo pada Konser Resital Vokal A Faithful Journey pada Kamis (8/03/2018) lalu. Resital vokal ini merupakan resital pertama dari dua resital vokal yang akan diselenggarakan di tahun 2018.


Konser resital yang diselenggarakan di RSG gedung 2, Universitas Padjadjaran Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Jalan Dipati Ukur Bandung ini dibuka dengan anggun oleh Cahyannisa Farah yang melantunkan lagu Le Colibri, sebuah lagu klasik ciptaan Ernest Chausson dan diakhiri dengan penampilan apik seluruh penyanyi yang membawakan lagu What Matters Most yang diciptakan oleh Dave Grusin dan Marlyn Bergman.


Emanuela Rae Alodia selaku ketua pelaksana Konser Resital Vokal A Faithful Journey menyatakan bahwa konser yang bertajuk ‘A Faithful Journey’ ini merupakan kegiatan pertama dari rangkaian perayaan 40 tahun PSM Unpad. “Melalui tajuk ‘A Faithful Journey’ kami ingin menggambarkan harapan dari PSM Unpad di usianya yang ke-40 tahun ini agar dapat terus berkarya, memberikan dedikasi serta menampilkan harmoninya dalam dunia musik. Untuk itulah dipilih tajuk ‘A Faithful Journey’ yang berarti perjalanan yang penuh harapan.” ungkap gadis yang memiliki jenis suara Sopran ini.



Arvin Zeinullah yang merupakan pelatih utama PSM Unpad menyatakan bahwa penyanyi di resital kali ini telah menunjukan kemampuannya dengan maksimal. “Para penyanyi dalam konser ini sudah memiliki kualitas yang tidak kalah baik dari resital sebelumnya dan sudah mampu melebihi ekspektasi saya.” Ia berharap dalam resital vokal selanjutnya, akan ada berbagai inovasi baru yang dapat dihadirkan oleh para anggota PSM Unpad. “Resital kali ini sudah sangat baik, mulai dari kepanitiaannya hingga para penyanyinya. Saya berharap pada resital selanjutnya akan ada sesuatu yang baru yang dapat diberikan kepada para penonton.” imbuhnya.



Resital vokal ini juga menjadi awal yang manis bagi perayaan Ulang Tahun PSM Unpad yang ke-40 tahun, hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Kang Arvin. “Sebagai sebuah pembuka perayaan ulang tahun PSM Unpad, resital ini merupakan kegiatan yang baik. Apalagi resital kali ini dihadiri oleh Wakil Dekan Fisip Unpad yang merupakan perwakilan fakultas pembina dari PSM Unpad. Dan melalui teaser yang ditayangkan di tengah konser juga diumumkan bahwa akan ada banyak kegiatan selanjutnya yang diadakan PSM Unpad, semoga akan ada banyak pihak yang terus mendukung dan menanti kegiatan-kegiatan PSM Unpad selanjutnya.”, ujar alumni Fikom Unpad ini.



Kesuksesan konser ini turut dirasakan oleh para penonton resital vokal, salah satunya adalah Lusia Dhea Ananda Sinaga. Menurutnya, sesuai dengan motto dari PSM Unpad yaitu ‘what we are about to sing is very songful’, para penyanyi dari resital vokal kali ini telah menampilkan penampilan terbaiknya dan menyampaikan makna dari lagu yang dibawakannya. “Dan dari acara ini penonton bisa melihat kualitas anggota PSM Unpad, apalagi kita bisa lihat penampilannya secara satu persatu. Jadi PSM Unpad yang berusia 40 tahun ini tidak hanya angka saja tapi memang punya kualitas dan anggota yang berbakat di dunia musik.” tambahnya.

(Gagas Cakrawala)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."



TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com