Studi Banding PSM UNPAD: Berbagi Ilmu, Cerita, dan Asa

Basa Sunda 
Read also in English

Pada kepengurusan Kabinet Apresiatif tahun 2018, PSM Unpad mendapat kesempatan untuk melakukan studi banding dengan dua PSM kebanggaan tanah air yaitu PSM Universitas Telkom (Tel-U Choir) dan PSM Universitas Brawijaya (BUSC).  Studi Banding bersama Tel-U Choir diselenggarakan di Ruang Serba Guna (RSG) lantai 4, Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Jalan Dipati Ukur Bandung (27/1). Untuk studi banding bersama BUSC diselenggarakan di Bale Santika, Kampus Unpad Jatinangor (3/2).

Tak jauh berbeda dengan studi banding yang dilakukan oleh PSM lain, studi banding bersama Tel-U Choir dan BUSC merupakan sarana antar kelompok paduan suara untuk saling belajar. Pengalaman yang dibagikan bukan hanya mengenai kepanitiaan dan kepengurusan tetapi juga cerita di balik perjuangan antar Paduan Suara. Tak hanya itu, antar penyanyi juga memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman dan ceritanya masing-masing berjuang dalam paduan suara.



Aldo Randy Ginting, pelatih Tel-U Choir mengatakan bahwa dirinya sangat senang dan bangga karena sambutan yang hangat dari PSM Unpad. “Saya berterimakasih banyak kepada pengurus PSM Unpad. Kami disambut dengan baik seperti keluarga. Saya merasa pulang kampung.” ujar alumni PSM Unpad 2008 yang sekarang menjadi pelatih Telkom University Choir ini.



Berdiri sejak 40 tahun yang lalu, ternyata PSM Unpad menjadi salah satu Paduan Suara Mahasiswa tertua di Indonesia. Dengan usia yang cukup matang serta banyaknya pengalaman, menjadikan PSM Unpad sebagai role model bagi PSM lain di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Paduan Suara BUSC, Rahmadian Pradana (3/2). Rahmadian pun menyampaikan bahwa BUSC sangat ingin belajar kepada PSM Unpad dalam hal kompetisi di luar negeri, mengingat tahun 2017 lalu PSM Unpad menjuarai Kompetisi di Spittal an der drau, Austria.



"PSM Unpad sangat menginspirasi kami (BUSC) dengan Indonesia Kirananya. Menurut saya, Indonesia Kirana merupakan branding Paduan Suara terbaik yang pernah ada di Indonesia. Sukses selalu PSM Unpad, kami tunggu di Malang." ujar Rahmadian, Ketua Umum BUSC. 

(Ningrum Wahyudi)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."



TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com