Welcoming Party : Selamat Datang PSM Unpad 2017!

Mengakhiri Rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru (RPAB), Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) menyelenggarakan Welcoming Party di Vila Alam Santosa, Cikadut, Jawa Barat. Welcoming Party PSM Unpad berlangsung selama tiga hari (8-10/12). Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa baru dan mahasiswa aktif saja, para senior, alumni dan Arvin Zeinullah, konduktor utama PSM Unpad hadir untuk memeriahkan acara dan pastinya mengenal angkatan 2017 sebagai penerus PSM Unpad.



Setibanya di Vila Alam Santosa, para anggota baru 2017 memainkan games yang ditujukan untuk mengenal teman kelompoknya satu sama lain dan mengasah kemampuan kerjasama dalam tim. “Aku sangat excited dengan games yang dibuat akang-teteh, karena jadi lebih bisa akrab sama satu kelompok bahkan sama LO pun lebih akrab di games ini. Bahkan bukan hanya seru-seruan aja tapi juga belajar bareng,” ujar Saiful Huda, salah satu peserta Welcoming Party 2017 kelompok Pop.

Seperti Welcoming Party setiap tahunnya, PSM Unpad selalu mengadakan sharing oleh para alumni PSM Unpad. Dalam sharing alumni ini dihadiri oleh Nova Mulyadi (2006), Miryam Wedyaswari (2008), Karisman Ferdinandus (2009), R. Andhika Abdul Razzaaq (2010), Zahrina Rizqi M (2012), Fiemaelia Puteri Santoso (2012), Peni Rizki (2012) dan Dzulfiqar Abduljabbar (2012). Akang-teteh alumni yang berkenan hadir ini membagikan cerita pengalaman mereka selama menjadi anggota PSM Unpad yang sangat berguna bagi para anggota baru PSM Unpad 2017.


Di hari kedua Welcoming Party, para anggota baru 2017 diberi kesempatan untuk melakukan percobaan Konser pertama mereka yaitu Konser Intern dengan judul School Of Concert Management (SOCM). Dalam SOCM ini, para anggota baru berperan layaknya panitia Konser Intern dan dihadapkan dalam beberapa situasi menjelang konser tersebut. Esensi dari kegiatan SOCM ini adalah bagaimana cara anggota baru menghadapi masalah dan menyusun strategi dalam menghadapi sebuah konser.

Di hari terakhir, para anggota baru mengikuti agenda akhir yaitu “Festival Paduan Suara (FPS)”. Mereka menyanyikan dua buah lagu yaitu As Torrents In Summer oleh komposer Edward Elgar dan satu lagu daerah pilihan. Dalam FPS setiap tahunnya, akan dipilih kelompok dengan kriteria PSM Unpad untuk menjadi pemenang. Di tahun 2017 ini, kelompok dengan apresiasi terbaik adalah Keroncong.

Rahayu Indah Sari, salah satu anggota kelompok Keroncong mengungkapkan bahawa ia sangat senang dan bersyukur bisa belajar bersama kelompoknya di Welcoming Party ini. “Aku bersyukur bisa dapat LO yang selalu membimbing setiap latihan dan seru banget. Terima kasih Teh Arsyi dan Kang Eleazar juga teman-teman 2017,” ujarnya.


Welcoming Party setiap tahunnya memiliki tujuan yang ingin disasarnya tersendiri. Pada Welcoming Party kali ini Dewi Mayangsari selaku Ketua Pelaksana RPAB mengungkapkan bahwa tujuan utama setiap RPAB adalah memfasilitasi mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan situasi di PSM Unpad. “Kalau dari tahun ini tujuan khusus untuk 2017 ini adalah menumbuhkan antusiasme, rasa memiliki dan semangat dalam organisasi PSM Unpad,” ujarnya.

Dewi Mayangsari pun tak memungkiri bahwa ada kendala yang dialami selama membentuk 2017 sesuai dengan tujuan dalam RPAB ini. “Ternyata antusias mahasiswa baru itu menurun dua tahun terakhir. Saya berharap hal ini bisa mendapat solusi agar mahasiswa baru selalu antusias dalam setiap latihan atau program-program di PSM Unpad. Semoga dengan adanya kegiatan Welcoming Party ini dapat meningkatkan antusiasme dari para anggota baru 2017 untuk mengikuti kegiatan PSM selanjutnya,” ungkapnya.

Arvin Zeinullah selaku Konduktor utama PSM Unpad pun mengucapkan selamat kepada anggota baru 2017 karena telah diterima resmi di PSM. “Saya berpesan agar 2017 bisa lebih bijak, aktif dan semangat di PSM ini,” ujarnya.

(Ningrum Wahyudi)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

konser-tahunan-21-canticum-novum.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com