Menjadi Bintang Ala PSM Unpad Dalam As The Blessing Sings

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali mengadakan Resital Vokal yang telah menjadi salah satu kegiatan rutin PSM Unpad sejak 2011 silam. Resital Vokal kedua pada 2017 ini digelar pada Rabu (11/10) di Ruang Serba Guna (RSG) lantai 4, Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Jalan Dipati Ukur Bandung. Resital vokal yang bertajuk As The Blessing Sings ini diikuti oleh 12 penyanyi solo dari semua jenis suara dan 8 ensemble yang terbagi kedalam 2 sesi.

As The Blessing Sings dibuka dengan lantunan Muhammad Daffa Sulistyawan yang membawakan lagu When Laura Smile lagu klasik ciptaan Philip Rooseter dan ditutup oleh penampilan dari seluruh penyanyi yang membawakan lagu What a Wonderful World yang ditulis oleh Bob Thiele (as "George Douglas") and George David Weiss. Berbeda dari Resital vokal sebelumnya, pada perhelatan Resital Vokal kali ini tidak hanya menghadirkan lantunan penyanyi solo dari PSM Unpad, tim misi kebudayaan Indonesia Kirana 2017 juga mempersembahkan lantunan suara emasnya melalui 8 kelompok ensemble.



Clara Cindy sebagai salah satu penyanyi ensemble mengungkapkan, pengalaman ini merupakan pengalaman pertamanya bernyanyi ansamble dan menjadi sebuah tantangan bagi dirinya, ” Ternyata untuk menyatukan pikiran dalam satu tim ensemble itu cukup sulit, ditambah dengan harus nyanyi sendiri-sendiri tanpa backup dari teman-teman satu suara. Kalau yang saya rasakan sih, lebih nervous ketimbang harus nyanyi solo,” ungkap Cindy.

Nabila Putri Viadin, Ketua Pelaksana Konser Resital Vokal As The Blessing Sings menjelaskan makna dari tajuk konser resvok ini, “Tema awalnya itu adalah kesempatan untuk bersinar, karena banyak akang teteh Indonesia Kirana yang ikut bernyanyi dan juga para solois yang didominasi oleh angkatan baru yaitu 2016. Jadi pada dasarnya kita itu sama-sama memiliki kesempatan yang sama untuk bersinar”, ujarnya.

Ia juga menambahkan terkait pemilihan judul dan tema Resital Vokal kali ini. Kata Blessing sendiri diambil sebagai ungkapan syukur atas karunia talenta yang telah Tuhan anugerahkan dan juga bersyukur atas kemenangan Indonesia Kirana 2017 dalam kompetisi 54th International Competition of Choral Singing di Austria Juli lalu.



Kondakter utama PSM Unpad, Arvin Zeinullah menceritakan bagaimana awal Resital Vokal ini menjadi program penting bagi PSM Unpad. “Resital vokal diadakan karena penting bagi anak-anak PSM Unpad agar mereka mampu mengapresiasi musik klasik sendiri dan mengasah kemampuan vokal mandiri. Manfaatnya akan sangat terasa saat menyanyi dalam paduan suara, karena dengan tahu kekurangan dan kelebihan vokal masing-masing maka saat menyanyi paduan suara akan lebih percaya diri,” tuturnya.



Salah satu penonton, Dani mengungkapkan kesannya setelah menonton Konser Resital Vokal ini. “Kagum karena melihat akang tetehnya yang biasanya nyanyi bareng-bareng, kemarin nyanyi solo. Walaupun beberapa penyanyi masih terlihat gugupnya, namun tetap bagus banget. Acaranya keren, panitia menyiapkan detil-detil acara dengan baik sehingga pelaksanaannya jadi lancar dan keren,” ungkapnya. (Ningrum Wahyudi)
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

konser-tahunan-21-canticum-novum.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com