Mengenal PSM Unpad lebih dekat di Unpad Choir 101

Sebagai salah satu rangkaian rutin RPAB, Paduan Suara Mahasiswa Unpad baru saja menyelenggarakan Workshop yang bertajuk Unpad Choir 101 di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sabtu (21/30). Kegiatan bagi para calon anggota baru ini bertujuan untuk memperkenalkan PSM Unpad secara lebih mendalam mulai dari sistem organisasi, teknik menyanyi, maupun budaya yang ada di PSM Unpad.



Acara ini dimulai dengan beberapa materi mengenai Sejarah Paduan Suara, Teknik Dasar Bernyanyi, serta Etika dan Budaya PSM yang diisi oleh Kang Karisman, Kang Andhika, Teh Najma, serta Kang Agung selaku Tim Teknis serta Senior PSM Unpad. Setelah kegiatan tersebut, acara dilanjutkan dengan Forum Group Discussion oleh LO masing-masing kelompok. Format FGD kali ini dikemas dalam bentuk Games Interaktif menyusun puzzle untuk melatih komunikasi serta kerja sama sesama anggota kelompok.


 
Acara kembali dilanjutkan dengan Kelas Kecil dimana para calon anggota baru mempelajari lagu Tokecang bersama para tim teknis serta senior. Setelah itu acara ditutup dengan Peragaan Kostum PSM Unpad, mulai dari Kostum untuk Penugasan, Konser Intern, Konser Tahunan, serta Festival Luar Negeri. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan Persembahan Lagu oleh para pengisi acara dan panitia RPAB, dengan lagu Tokecang, African Medley, serta Trashin’ the Camp.



"Tujuan dari diadakannya Workshop (Unpad Choir 101) ini adalah sebagai wadah katalisasi teman-teman 2017 agar bisa beradaptasi dan semakin mengenal PSM Unpad. Selain itu, alasan mengapa bentuk katalisasi ini dibuat dalam suatu acara tersendiri  adalah agar teman-teman 2017 terpacu untuk lebih bersemangat lagi dan lebih penasaran lagi dengan PSM Unpad," ujar Dewi Mayangsari selaku Ketua Pelaksana Rangkaian Penerimaan Angkatan Baru 2017.
 
Mayang pun menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para calon anggota baru mampu menemukan tujuan dan alasan yang membuat para calon anggota baru semakin mantap bergabung dengan PSM.



Nico, salah satu peserta Unpad Choir 101, menceritakan pengalamannya saat mengikuti salah satu rangkaian RPAB ini. Nico mengaku ia mendapatkan banyak sekali hal termasuk detail-detail kecil di PSM Unpad dari kegiatan Workshop ini, seperti pengalaman akang-teteh saat mengikuti berbagai kegiatan konser, sistem untuk mengikuti Festival Luar Negeri. “Menurutku, kegiatan yang paling menarik itu saat Kelas Kecil dimana kita dibagi menjadi beberapa kelompok dan belajar lagu baru bersama para akang teteh”

Salah satu peserta Unpad Choir lainnya, yaitu Agus memiliki pendapat yang berbeda dari Nico. Menurutnya, kegiatan yang paling menarik dari kegiatan Unpad Choir 101 adalah Games Interaktif menyusun not balok bersama para LO.
 
(Rakha Alwan)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

konser-tahunan-21-canticum-novum.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com