Antusiasme Mahasiswa Baru dalam Prabu 2017

Setiap tahunnya, Universitas Padjadjaran menyambut para mahasiswa barunya dengan Rangakaian Prabu yang tahun ini berlangsung selama 3 hari. Dan sebagai salah satu UKM yang aktif di lingkungan Universitas Padjadjaran, PSM Unpad pun ambil andil di dalam rangkaian ini.

Salah satu andil dari PSM Unpad adalah penampilan kolaborasi antara PSM Unpad dengan Abah Iwan, yaitu pencipta dari lagu Hymne Unpad. Penampilan ini ditampilkan pada hari pertama Rangkaian Prabu yang diisi oleh Tim Indonesia Kirana 2017. Pada penampilan ini, tim Indonesia Kirana 2017 menampilkan beberapa lagu daerah yang ditampilkan saat tim Indonesia Kirana 2017 berkompetisi dan Konser Kebudayaan di Austria, yaitu Paris Barantai, Cingcangkeling, dan Soleram. Sesuai dengan konsep acaranya yaitu kolaborasi, tim Indonesia Kirana 2017 bernyanyi bersama Abah Iwan dengan lagu Almamater dan lagu Mentari ciptaan Abah Iwan.


“Saya sangat senang bisa bernyanyi bersama salah satu tokoh penggerak mahasiswa yaitu Abah Iwan, Beliau juga pencipta dari lagu yang sangat sering saya nyanyikan bersama teman-teman PSM Unpad yaitu Hymne Unpad. Pengalaman ini benar-benar berkesan bagi saya” Eleazar Handoyo, salah satu anggota tim Indonesia Kirana 2017 bercerita.

Hari terakhir Rangkaian Prabu biasa disebut dengan Student Day dan dalam rangkaian ini, setiap UKM dan Fakultas di Universitas Padjadjaran boleh memperkenalkan unit dan fakultas mereka masing-masing dimana sejumlah 39 UKM dan 16 fakultas berpartisipasi dalam rangkaian ini.



Diawali dengan parade dari setiap UKM dan Fakultas, kegiatan ini berhasil membuat para mahasiswa baru terkagum-kagum dengan berbagai kostum dan atribut ciri khas yang dibawa oleh setiap UKM dan Fakultas masing-masing. PSM Unpad tidak ketinggalan dengan kostum dan atribut yang bertemakan musik yang sukses membuat para mahasiswa baru berdecak kagum. Selain parade, Student Day pun diisi dengan penampilan dan pertunjukan dari berbagai UKM untuk memberikan gambaran mengenai kegiatan apa saja yang di UKM tersebut.

Pada siang harinya, seluruh UKM dan Fakultas mendiami stand masing-masing yang nantinya akan dikunjungi oleh para mahasiswa baru. Berbeda dengan rangkaian Student Day biasanya, pada tahun ini setiap stand harus dihias sesuai dengan slogan Prabu tahun ini yaitu “Semangat Bumi Padjadjaran”. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya Sunda.


“Antusiasme dari mahasiswa baru besar sekali seperti tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini pun stan PSM penuh sesak dipenuhi oleh para mahasiswa baru yang ingin mendaftar ataupun sekedar bertanya-tanya,” ucap salah satu panitia Rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru PSM Unpad, Nabila Putri Viadin.

Salah satu pendaftar baru PSM Unpad, Raihan Kurnia mengaku bahwa antusiasme dari teman-teman satu angkatannya sangatlah besar. “Saat Student Day kemarin, stand PSM memang ramai penuh sesak sekali. Untungnya ada mobile stand yang bisa membantu kami mendaftar sehingga stand bisa tidak terlalu ramai” jelasnya. Raihan sudah memimpikan untuk bergabung dengan PSM Unpad sejak SMA dan Raihan berharap dirinya bisa berkembang baik dalam teknis bernyanyi maupun dalam pengembangan diri.
(Rakha Alwan)

EVENTS


TESTIMONIALS




TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com