Senandung PSM Unpad untuk 72 Tahun Indonesia

Setiap 17 Agustus tiba, seluruh warga Indonesia merayakan kemerdekaan setelah dijajah bangsa asing lebih dari tiga abad. Semangat para pahlawan yang berkobar pun masih terasa hingga sekarang. Semangat itu rupanya juga menjalar dalam organisasi Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) yang meneruskan semangat kemerdekaan ini dengan tampil di beberapa tempat guna memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

PSM Unpad kembali dipercaya oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk menjadi tim aubade di upacara Kemerdekaan HUT RI ke-72 tingkat Provinsi Jawa Barat, Kamis (17/8). Berlangsung di Lapangan Gasibu Bandung, upacara ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Walikota Bandung Ridwan Kamil beserta seluruh jajaran.



Upacara ini dilaksanakan dalam dua bagian, yaitu pengibaran dan penurunan bendera. Pengibaran bendera dilaksanakan pagi hari. Saat upacara pengibaran bendera, PSM Unpad membawakan beberapa buah lagu bernuansa perjuangan seperti Hari Merdeka, Maju Tak Gentar, Pada Pahlawan, dan Sorak-Sorak Bergembira dengan iringan conductor Miryam Wedyaswari.

Upacara penurunan bendera dimulai pukul 17.00 WIB. Dipimpin oleh Arvin Zeinullah selaku kondakter utama, PSM Unpad membawakan beberapa lagu perjuangan dan hiburan seperti Bangun Pemudi Pemuda, Medley Beungong, dan ditutup dengan Kebyar-Kebyar karangan Gombloh. Selain PSM Unpad, saat itu terdapat beberapa penampil yaitu Grup Angkung dari SMK N 1 Karawang, Teatrikal dari Sanggar Seni Gending Tarumanagara, dan Marching Band Gita Pakuan. 


Hampir di setiap tahunnya PSM Unpad selalu diberi kepercayaan oleh Pemprov Jabar untuk menjadi tim aubade, “Tentunya senang dan bangga dapat menampilkan nyanyian untuk tanah air dan sebagai wujud syukur menjadi warga negara Indonesia. Semoga kedepannya PSM Unpad dapat diberi kesempatan kembali untuk menjadi tim aubade Jawa Barat”, Ujar Emanuela salah satu penanggung jawab penugasan ini.

Masih di hari yang sama, tim misi kebudayaan PSM Unpad Indonesia Kirana 2017 yang bulan lalu telah mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional sebagai juara pertama kategori Folksong dan runner- up kategori Choral Works di Spittal an der Drau, mendapat kesempatan untuk tampil di acara program khusus Kompas TV “Merdeka Bersama.” Dalam acara tersebut, PSM Unpad tampil dalam dua segmen serta menyanyikan dua buah lagu yaitu Hari Merdeka dan Bungong Jeumpa yang dipimpin langsung oleh kondakter utama PSM Unpad Arvin Zeinullah.  


Dalam kesempatan wawancara saat program berlangsung, PSM Unpad yang diwakili oleh Arvin Zeinullah dan Fernandes selaku ketua Indonesia Kirana 2017 menceritakan perjalanan tim Indonesia Kirana hingga mendapat kejuaraan tingkat internasional tersebut. “Saya pastinya sangat bangga, karena latar belakang kami itu bukanlah mahasiswa yang belajar musik, namun kami berasal dari background program studi yang berbeda. Apalagi kami membawa nama almamater bahkan Indonesia. Saya bersyukur dan bangga atas kemenangan yang telah kami raih di negeri orang,” ujar Fernandes saat diwawancarai presenter acara Timothy Marbun.


Sebagai pelatih yang menghantarkan PSM Unpad meraih Juara di Austria, Arvin mengaku kesempatan ini merupakan hal yang baik untuk menunjukkan semangat perjuangan Mahaisiswa bukan hanya PSM Unpad. Apalagi dengan kemenangan yang dicapai dapat membuktikan sesuatu hal yang positif yang dilakukan oleh para pemuda Indonesia.

”Setelah kami berhasil meraih juara, kami menunjukkan rasa bangga sebagai warga Indonesia dengan mengibarkan bendera merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dalam hal ini kami ingin menunjukkan bahwa kami berjuang sesuai dengan semangat kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Arvin. (Ningrum Wahyudi)

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

434217.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com