Melangkah Lebih Jauh Melalui The Rise Of Melody

Bandung - Konser Resital Vokal Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) yang telah menjadi acara rutin sejak 2013 lalu kembali digelar di tahun 2017 pada Rabu (22/03) lalu. Konser Resital Vokal kali ini bertajuk The Rise Of Melody dilaksanakan di Ruang Serba Guna (RSG) lantai 4, Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Jalan Dipati Ukur Bandung. Resital Vokal kali ini diikuti oleh 25 penyanyi dari semua jenis suara dan terbagi kedalam dua sesi.

Resital ini dibuka dengan lantunan dari Amalia Darawati yang membawakan lagu bertemakan klasik berjudul Funiculi Funicula ciptaan Luigi Denza. Selain penampilan solo, dalam konser ini juga menampilkan persembahan spesial vokal ensemble oleh empat anggota PSM Unpad angkatan 2013 yang membawakan lagu A Tu Lado.



Shafira Legina Januarizky, selaku Ketua Pelaksana Resital Vokal The Rise Of Melody menjelaskan makna dari judul Resital Vokal kali ini. The Rise Of Melody memiliki filosofis yang menggambarkan para penyanyi resvok meretas dan melangkah ke tahap selanjutnya.
“Resital Vokal kali ini adalah resvok kedua untuk angkatan 2015. Tema resital kali ini merupakan lanjutan dari tema resital sebelumnya yang bertemakan lahirnya seorang bintang. Kali ini, kami ingin menggambarkan langkah kami selanjutnya dari perjalanan yang dimulai dari Resvok sebelumnya yang bertajuk A Wonderful Beginning," ujarnya.

Salah satu pelatih Resital Vokal tahun ini, R. Andhika Abdul Razzaaq menceritakan proses latihan para penyanyi hingga hari pelaksanaan konser. "Selama dua bulan latihan, ada hal yang menarik dari kegiatan ini. Beberapa penyanyi pada awalnya memang belum terbiasa bernyanyi secara solo di panggung. Saat latihan bahkan gladi, tidak heran jika ada yang demam panggung. Namun itu menjadi tantangan semua penyanyi untuk lebih percaya diri dan mampu menghadapi situasi yang ada," tuturnya.



Ia menambahkan, kegiatan Resital Vokal yang telah menjadi program rutin sejak 2013 ini pun semakin berbenah menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya, baik dari segi konsep hingga teknis bernyanyi secara keseluruhan. "Untuk konsep dan penampilan para penyanyi, menurut saya pribadi tidak ada yang menegecewakan. Effort mereka juga terlihat sangat jelas ketika berada di atas panggung," tambahnya.

Konser Resital kali ini ditutup dengan penampilan seluruh penyanyi yang membawakan lagu Renungan karya Eros Djarot dan Doddy Sukasah. Salah seorang penonton Resital Vokal, Vinda mengungkapkan kesan dari penyelenggaraan Resital Vokal kali ini.
“Senang sekali bisa melihat performance mereka yang keren. Penyanyinya bagus, acaranya nggak ngebosenin karena tiap penyanyi mempunyai ciri khas masing-masing dalam pembawaan lagunya. Pokoknya Speechless, keren banget," ungkapnya
 

(Ningrum Wahyudi)

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

poster-tahunan-20.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com