Eratkan Kekompakan Tim Dengan Latihan Gabungan PSM Unpad

Sebuah organisasi akan berjalan harmonis jika didalamnya telah terjalin kekompakan antaranggota. Untuk mencapai kekompakan tersebut, anggota dalam organisasi akan melakukan berbagai cara. Kebanyakan dimulai dari hal yang sederhana seperti makan dan kumpul bersama, sampai cara yang serius seperti perbincangan antaranggota kelompok dalam forum resmi. Semua itu kembali pada kelompok masing-masing yang akan memilih cara mana yang akan dipakai.

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) mempunyai cara tersendiri untuk mempererat kekompakan antaranggota. Terdapat dua tim yang ikut serta dalam latihan kali ini yaitu tim Konser Intern ke-12 Bara Renjana yang akan melakukan konser pada akhir April nanti dan tim misi kebudayaan Indonesia Kirana 2017. Mereka mengadakan latihan gabungan di Taman Balaikota Bandung pada Selasa (28/3) bertepatan dengan hari raya Nyepi. Mereka memanfaatkan momen ini untuk berkumpul dan berlatih teknik vokal bersama.


Dalam latihan gabungan tersebut, dua tim ini berlatih tentang jarak nada, membentuk teknik vokal yang baik, dan mengenal ritme musikal. Mereka juga dikenalkan dengan beberapa permainan yang berhubungan dengan materi latihan, diantaranya yaitu cara berjalan mengikuti alunan ritme musik. Dalam permainan inilah anggota dari masing-masing tim mulai berbaur satu sama lain sehingga terjalin kekompakan dan kedekatan antaranggota.

Fernandes, Ketua Pelaksana Indonesia Kirana 2017 yang juga ikut serta dalam latihan tersebut menjelaskan. Adanya latihan gabungan ini membantu masing-masing tim untuk mengenal karakteristik teknis yang memang menjadi standar dari PSM Unpad.
“Melalui latihan gabungan, para anggota masing-masing tim diharapkan mengenal standar teknis PSM Unpad selama ini. Kebetulan juga, dua tim ini merupakan tim yang sama-sama akan menjalani konser nantinya. Untuk itu, diperlukan kemampuan teknis yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Kang Arvin selaku pengarah musik utama PSM Unpad,” ujarnya.


Ia menambahkan, dengan format latihan outdoor latihan kali ini juga dapat menjadi sarana refreshing bagi anggota PSM Unpad setelah mereka banyak berlatih di tempat latihan PSM Unpad. “Banyak program PSM Unpad yang berjalan beriringan dan persiapan program pun selalu diadakan setiap hari sehingga para anggota tidak sempat untuk melakukan refreshing sejenak. Melalui latihan ini diharapkan anggota PSM Unpad dapat mendapat semacam “angin segar” dari tempat dan waktu latihan yang berbeda dari biasanya,” paparnya. (prima)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

choralescence-1.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com