Panaskan “BARA RENJANA” dari Sekarang!

Ketika tahun telah berganti, tidak berarti kesibukan dan rutinitas seseorang menjadi terhenti. Hal ini juga dirasakan oleh anggota termuda Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) yang saat ini tengah mengemban tanggung jawab kepanitiaan Konser Intern ke-12 yang akan digelar pada April 2017 mendatang. Ibnu Ashari Fuad dari Fakultas Ilmu Komunikasi dipercaya menjadi Ketua Pelaksana gelaran konser kali ini.

Persiapan konser telah memasuki minggu keempat terhitung sejak latihan perdana yang digelar pada 16 Januari lalu. Mulai dari mengasah teknik bernyanyi lewat latihan rutin setiap Senin-Kamis, hingga urusan kepanitiaan, semua dilakukan dengan semangat demi menyukseskan konser tersebut.

Salah satu capaian panitia adalah telah ditetapkannya tema untuk konser intern kali ini yaitu “Bara Renjana: Harsa, Hasrat, dan Harapan dalam Harmoni”. Tema ini dinilai mencerminkan semangat anggota muda PSM Unpad yang membara.

Semangat bernyanyi, semangat latihan
Konser Intern memiliki tingkat kesulitan dan tantangan tersendiri, dengan empat sesi yang dibawakan empat konduktor berbeda, sekitar 20 lagu akan dibawakan saat konser nanti. Maka dari itu latihan menjadi sangat penting mengingat waktu persiapan yang hanya sedikit.

Syafri Syamli Azis, salah satu anggota tim konser ini menyatakan, ia masih harus beradaptasi dengan pola latihan konser intern baik dari segi waktu maupun teknis yang sedikit berbeda dengan latihan regular yang biasa dilakukan setiap Selasa dan Kamis.

“Saya memang termasuk salah satu yang terlambat kembali ke Jatinangor untuk mengikuti latihan. Ternyata saya sudah banyak tertinggal, jadi saya minta bantuan dari teman dan akang, teteh-nya untuk mengejar ketertinggalan teknis dan kepanitiaan,” ungkap mahasiswa asal Padang ini.

Ia mengaku sebenarnya masih berat untuk kembali latihan dan meninggalkan orangtuanya. Namun, amanah menjadi koordinator divisi logistik konser ini membuatnya harus “mengakhiri liburan lebih awal”. Meski begitu, tantangan profesionalitas telah menanti di depan dan ia harus selalu siap dalam menghadapinya demi suksesnya “Bara Renjana”.

R. Andhika Abdul Razzaaq, salah satu konduktor Konser Intern yang memegang sesi popular songs mangatakan, latihan dimulai dari Januari untuk memenuhi target minimal latihan yaitu kurang lebih tiga bulan.
“Persiapan Konser Tahunan biasanya sekitar enam bulan, untuk mengikuti kompetisi bahkan bisa mencapai satu tahun, jadi untuk Konser Intern harus dimulai dari sekarang,” jelas laki-laki yang akrab disapa Kang Dhika ini.

Baginya, tahun ini akan menjadi yang keempat kalinya ia menjadi konduktor di Konser Intern. Menurutnya, setiap tim konser, baik intern maupun tahunan memiliki karakteristik yang berbeda-beda setiap tahunnya. Ada yang semangat di awal lalu menurun, ada yang semangat terus meningkat sampai akhir.

“Untuk tim yang sekarang saya harap bisa tetap menjaga semangatnya dalam berproses sampai konser nanti, dan semoga teknis bernyanyi dan proses kepanitiaan yang tengah dijalani saat ini semakin dilancarkan,” ujarnya.

Semoga dua angkatan termuda PSM Unpad yang tergabung dalam tim Konser Intern mampu menjaga semangat layaknya bara, seiring waktu berangsur semakin kian panas dan menyala, serta tak akan mudah padam! (Y. I. Wicastya)

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

poster-tahunan-20.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com