Jalin Kekompakan Melalui Bonding Pengurus PSM Unpad

Dalam suatu organisasi, kerja sama dan kekompakan internal organisasi merupakan poin yang paling penting dan harus diperhatikan, karena di dalam suatu organisasi setiap elemen dituntut untuk bekerja bersama untuk mencapai cita-cita organisasi tersebut. Poin penting itulah yang ingin dicapai oleh Kepengurusan PSM 2017, Kabinet Beraksi.

Pada Sabtu pagi (5/3) lalu, seluruh anggota kepengurusan PSM 2017 berkumpul di Sekretariat PSM Unpad Jatinangor untuk melakukan Bonding Awal Kepengurusan. Bonding ini merupakan agenda pertama kepengurusan Kabinet Beraksi, dengan tujuan untuk merekatkan setiap elemen Kepengurusan dan untuk menyamakan visi dan misi dari Kabinet Beraksi.

Bonding Awal Kepengurusan ini juga merupakan program kerja baru yang dicanangkan oleh Kabinet Beraksi. Vanda Sekar Yanti selaku Ketua PSM 2017 berkaca dari kepanitiaan yang telah dilakukan sebelumnya dimana tidak ada bonding awal kepanitiaan sehingga Vanda menemukan beberapa kesulitan yang sebenarnya bisa dihindari sebelumnya.



“Alasan diadakannya bonding awal kepengurusan ini adalah untuk menyamakan visi bersama supaya selama setahun nanti pikiran, niat, dan keinginan kita satu. Bonding ini merupakan program yang paling tepat selain untuk menyamakan pikiran tetapi juga untuk mengakrabkan sesama anggota, terutama rekan satu divisinya agar satu tahun ke depan kita semua akan lebih mudah untuk bekerja sama karena memang sudah saling kenal dan seiring berjalannya waktu pun kita akan semakin kenal,” jelas Vanda.

Bonding Awal Kepengurusan pada pagi itu dimulai dengan perkenalan Ketua, Wakil Ketua, dan Manager Divisi. Tidak hanya perkenalan, Vanda juga memaparkan visi dan misi yang ingin dicapai oleh Kepengurusan Kabinet Beraksi tahun ini.

“Saya ingin semua anggota tahu dan mengerti arah tujuan kepengurusan periode ini seperti apa dan agar kinerja dari setiap elemen kepengurusan sesuai dengan apa yang dicita-citakan,” tambahnya.
Setelah pemaparan visi dan misi Kabinet Beraksi, setiap divisi berkumpul bersama managernya untuk melakukan Focus Group Discussion (FGD) berupa perkenalan job description masing-masing divisi. Di dalam FGD ini, setiap manager menjelaskan kepada anggotanya mengenai hal apa saja yang akan mereka lalui selama satu periode kepengurusan. Dalam FGD ini juga setiap divisi diharapkan dapat mengenal pribadi rekan satu divisinya dengan lebih dalam.



Setelah itu acara dilanjutkan dengan Games antardivisi dan ditutup dengan penampilan yel-yel setiap divisi. Setiap divisi juga menggunakan dresscode masing-masing untuk menunjukkan kekompakan setiap divisi, seperti divisi Media Promotion and Creative Branding dengan dresscode kotak-kotak, Project Development dengan dresscode warna putih, dan lain-lain. Grace, salah satu anggota baru PSM 2016 mengaku senang mengikuti Bonding Awal Kepengurusan kali ini karena dia dapat melihat bagaimana tingkah laku akang dan teteh PSM di luar jadwal latihan. Menurut anggota divisi Finance ini, bonding awal kepengurusan ini tidak hanya membuat satu divisi menjadi lebih kompak tetapi juga dengan divisi lainnya.

“Awalnya saya masih kurang mengenal anggota divisi lain, bahkan dalam divisi Finance sendiri dimana saya menjadi salah satu anggotanya. Namun, setelah bonding kita jadi lebih sering mengobrol, seru seruan bareng dan memang jadi lebih ramai. Kita nanti juga akan bekerja bareng selama satu periode kepengurusan kan, dengan adanya bonding ini kita jadi lebih mengenal sifat dan karakter satu sama lain sehingga kita bisa lebih tahu bagaimana harus berhadapan ke akang ini atau ke teteh ini” tambahnya.

Senada dengan Grace, Daffa, salah satu staff divisi General Affair mengaku sangat senang mengikuti Bonding Awal Kepengurusan ini. “Sebelum bonding ini kita semua masih kurang dekat dengan akang dan tetehnya karena jarang ketemu dan masih belum terlalu kenal, jadi masih ada rasa segan. Tapi setelah bonding ini, kita angkatan 2016 jadi bisa lebih akrab dan lebih dekat dengan akang tetehnya. Selain untuk mengakrabkan, kita juga jadi tahu ke arah mana kepengurusan ini akan dibawa karena teh Vanda di awal acara menjelaskan visi dan misi dari kepengurusan ini," ujar Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini.


(Maharani Citra Prapesthi)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."



TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com