Menelisik Nilai-nilai PSM Unpad Melalui Welcoming Party

Sebagai penutup sekaligus puncak dari Rangkaian Penerimaan Anggota Baru (RPAB), Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) menyelenggarakan kegiatan Welcoming Party bertempat di Villa Guruminda, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh elemen PSM Unpad, mulai dari calon anggota baru, anggota aktif, tim teknis, alumni sekaligus pelatih utama PSM Unpad Arvin Zeinullah. Welcoming Party diselenggarakan selama tiga hari (2-4/12) dan melalui kegiatan inilah para anggota baru dituntut untuk mengenal beberapa nilai dan budaya dari PSM Unpad.

Pada hari pertama, para calon anggota baru diajak untuk merenungi makna perjuangan melalui pemutaran film dokumenter Indonesia Kirana. Film garapan Embara Films yang dirilis pada 2016 tersebut menceritakan tentang perjalanan yang dilakukan PSM Unpad menuju Eropa April lalu. Melalui pemutaran tersebut, para calon anggota baru pun menjadi lebih mengerti akan tuntutan teknis dan keorganisasian. Mereka juga menarik kesimpulan bahwa paduan suara tidak hanya sekedar “bernyanyi di atas panggung,” namun terdapat banyak sekali proses di balik layar yang menjadi faktor pendukung titik puncak tersebut.

Di hari kedua, calon anggota diberi materi dalam bentuk games bertema School Of Concert Management (SOCM). Dalam games tersebut, para peserta program berperan sebagai anggota tim Konser Intern dan dihadapkan dalam beberapa situasi menjelang konser tersebut. Tidak ketinggalan pula para senior ikut dalam games tersebut. Esensi dari games ini adalah bagaimana cara anggota baru bisa melihat kedepan hambatan dan menyusun strategi dalam menghadapi sebuah konser. Tidak hanya dalam segi teknis bernyanyi, namun dalam segi organisasi dan kepanitiaan pun mereka diajarkan etika bernegosiasi dan berkomunikasi dengan pihak luar PSM.

Di hari terakhir Welcoming Party, anggota baru PSM Unpad bermain games untuk menumbuhkan rasa kekompakan masing-masing kelompok serta mengikuti agenda akhir “Festival Paduan Suara”. Terdapat dua lagu yang dinyanyikan tiap kelompok yaitu lagu wajib Mengheningkan Cipta karya T.Prawit, dan satu lagu pilihan kelompok. Sebagai penutup Welcoming Party, para calon anggota baru disuguhkan dengan penampilan para senior dan penayangan video dokumenter yang menceritakan perjalanan dari awal pendaftaran hingga latihan terakhir sebelum Welcoming Party.

Tia Asiyah Rahmah, Ketua Pelaksana RPAB PSM Unpad menyatakan, konsep yang dirancang dalam Welcoming Party kali ini menekankan pada kedekatan baik antaranggota maupun kedekatan anggota baru dengan PSM Unpad. “Mereka tentunya akan melewati banyak hal di PSM Unpad, maka dari itu konsep ini dijalankan agar mereka dapat terus berjuang bersama-sama disini,” ujarnya.

Ia juga menambahkan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan RPAB kali ini, yakni jumlah kehadiran anggota baru yang tidak seimbang dalam kegiatan latihan reguler di Jatinangor dan di Dipatiukur. “Pada kenyataannya, ada anggota baru yang bersemangat, namun masih banyak pula yang belum berusaha secara penuh untuk hadir dalam setiap latihan reguler. Melalui Welcoming Party, saya harap para anggota baru dapat terus meningkatkan semangat dan selalu menularkan semangatnya pada teman-temannya yang lain untuk terus berjuang di PSM Unpad, serta bersama-sama meningkatkan potensi yang dimiliki. Semoga PSM Unpad benar-benar menjadi tempat yang tepat untuk pengembangan diri,” tambahnya. (Primagung Dary Riliananda)

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

poster-tahunan-20.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com