Kolaborasi 2 Paduan Suara dalam "Resonanz Music Fest 2016"


(24/09) Penampilan PSM Unpad dan PSM IPB dalam lagu Ritmo

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) turut memeriahkan “Pesta Paduan Suara” yang merupakan bagian dari rangkaian acara “Resonanz Music Fest 2016” sebagai peringatan 20 tahun Batavia Madrigal Singers (BMS) berkarya. Pesta Paduan Suara menampilkan tujuh paduan suara yang dipimpin oleh anggota dan alumni anggota BMS. PSM Unpad bersama Arvin Zeinullah selaku pelatih utama, berkesempatan tampil pada hari kedua dalam acara yang digelar dari tanggal 23-25 September ini.


Penampilan kali ini terasa lebih istimewa karena PSM Unpad tampil berkolaborasi dengan PSM Institut Pertanian Bogor Agria Swara dalam arahan satu konduktor yang sama. Arvin Zeinullah yang merupakan lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad tahun 2002, juga telah menjadi pelatih PSM IPB sejak tahun 2003. Tercatat sembilan lagu yang dibawakan dalam acara yang diselenggarakan di Balai Resital Kertanegara tersebut, diantaranya Katakataka, A Tu Lado, dan Ritmo. Male Choir yang membawakan lagu Mencintai Tak Harus Memiliki mendapatkan apresiasi lebih dari seluruh penonton malam itu. “Saat male choir penonton seolah hanyut, dan saat lagu selesai sambutannya begitu meriah,” ujar Cindy selaku pengurus eksternal PSM Unpad.

Menghadapi penampilan di Pesta Paduan Suara, persiapan yang dilakukan 22 orang penyanyi PSM Unpad dimulai semenjak bulan April. “Awalnya mulai latihan sekali seminggu, seiring berjalan waktu intensitasnya ditambah,” tutur Fernandes penyanyi Tenor PSM Unpad. Ia menjelaskan, penyanyi beberapa kali melakukan latihan mandiri mengingat kesibukan PSM Unpad yang cukup banyak, salah satunya mempersiapkan Konser Tahunan ke-20, November nanti.


(24/09) Penampilan Gabungan 3 Paduan Suara PSM Unpad, PSM IPB, dan PSM Universitas Pancasila di akhir acara

Harmoni yang tercipta saat menyanyi adalah jiwa dari paduan suara. Kurangnya latihan bersama dua PSM yang terpisah jarak ini sempat menimbulkan ketakutan tidak maksimalnya penampilan di Jakarta nanti. Namun, keraguan yang dijadikan tantangan ini terjawab sudah saat penampilan Sabtu malam itu ditutup lagu encore, As Long as I Have Music yang dinyanyikan bersama PSM Universitas Pancasila yang juga tampil terpisah hari itu.


(24/09) Ucapan Selamat dari Avip Priatna (Music Director Batavia Madrigal Singers) kepada Arvin Zeinullah di akhir acara

“Ternyata ada juga PSM yang datang dari Riau, katanya kagum banget sama penampilan tadi. Kang Arvin (Arvin Zeinullah) pun mengakui kalau kita (PSM Unpad dan PSM IPB) sudah seimbang, harmonis,” jawab Cindy saat ditanya bagaimana performa saat tampil. “Pengalaman luar biasa yang sulit dijelaskan dengan kata-kata bisa kolaborasi dengan PSM IPB. Ketakutan kita sebelum tampil sudah lupa deh hahaha,” kata Maudi, penyanyi Alto PSM Unpad.
 
 

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."



TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com