PSM Unpad Semarakkan Ode Bulan Agustus #2

Melanjutkan tradisi yang telah dimulai pada 2015 lalu, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali diundang untuk yang kedua kalinya oleh Bentara Budaya Jakarta (BBJ) untuk tampil dalam kegiatan parade paduan suara bertajuk Ode Bulan Agustus #2 bertempat di Kantor BBJ, Palmerah, Jakarta. PSM Unpad juga diumumkan sebagai penampil favorit dalam acara yang dilaksanakan tiga hari (24/8-26/8) tersebut.

Tidak berbeda jauh dengan acara yang diadakan setahun yang lalu, konsep Ode Bulan Agustus #2 masih bertemakan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dan juga menampilkan sejumlah paduan suara lainnya seperti Paragita UI, Agria Swara IPB, Voxcom Femme Choir UPH, Ultima Sonora UMN, Trilogi, Gita Tirtayasa, Vox Angelorum, Impromptu Singers, UIN, dan Perbanas.

Di hari pertama, PSM Unpad mulai berlatih bersama paduan suara lainnya dan orkestra dengan dipimpin oleh Alfian E. Aditya sebagai conductor dan Puput Pramuditya sebagai music director dan arranger. Tidak ketinggalan pula maestro seriosa Indonesia, Aning Katamsi, Shaaquilla dan Rafi (Di Atas Rata-Rata), serta Donna Angelina sebagai harpist sebagai bintang tamu dalam acara tersebut turut memeriahkan suasana latihan hari pertama.


(25/8) Tim PSM Unpad berfoto bersama sebelum tampil menggunakan pakaian dari berbagai daerah di Indonesia

Di hari kedua, PSM Unpad membawakan beberapa lagu daerah diantaranya Kalwedo Basudara, Bungong Jeumpa, dan O Ina Ni Keke. Penampilan PSM Unpad yang ekspresif mendapat sambutan meriah dari penonton, Lagu Kalwedo Basudara mampu dibawakan dengan ekspresif sehingga pesan rasa persatuan dari lagu tersebut sampai kepada penonton. Demikian pula lagu Bungong Jeumpa yang dibawakan beserta tarian samannya mampu menghibur penonton. Penampilan di hari kedua ditutup dengan kolaborasi PSM Unpad dengan seluruh paduan suara yang tampil dengan membawakan lagu Sik-Sik Sibatumanikam.

PSM Unpad berkolaboasi dengan seluruh paduan suara dan para bintang tamu di hari terakhir acara tersebut dan membawakan beberapa lagu diantaranya Indonesia Raya, Di Timur Matahari, dan Bendera dengan diiringi orkestra yang sebelumnya telah dilatihkan terlebih dahulu. Penampilan tersebut mengundang decak kagum penonton. Suara-suara yang dihasilkan dari kolaborasi tersebut terkesan megah dengan tambahan orkestra di dalamnya.

(25/8) Tim PSM Unpad saat tengah membawakan lagu Bungong Jeumpa yang berasal dari daerah Aceh

Menurut Agung Darmawangsa Putra, Wakil Ketua PSM Unpad yang tergabung dalam tim untuk kegiatan tersebut, kolaborasi antara PSM Unpad dengan paduan suara lainnya memberikan satu hal yang baru.
“Kolaborasi dari beberapa paduan suara lainnya membuat kita dapat mengenal karakteristik baik teknis maupun keorganisasian dari paduan suara lainnya dan berbagi beberapa hal yang berhubungan dengan seni, terutama musik dan paduan suara,” paparnya.

Ia juga menambahkan, terpilihnya PSM Unpad sebagai penampil favorit di acara tersebut juga merupakan suatu hal yang patut disyukuri dan berharap PSM Unpad memang memenangkan hati para penontonnya lewat lagu yang dibawakan.

(25/8) Tim PSM Unpad berfoto bersama beberapa paduan suara lain setelah parade selesai

Clara Cindy, anggota divisi Eksternal PSM Unpad sekaligus penanggung jawab acara tersebut menyatakan, diundangnya PSM Unpad oleh BBJ untuk yang kedua kalinya merupakan sesuatu hal yang harus dipertahankan di tahun berikutnya.

“Melalui kegiatan ini, secara tidak langsung PSM Unpad telah dipercaya oleh BBJ terkait beberapa hal baik penampilan maupun keorganisasian. Kita wajib mempertahankannya melalui penampilan kita yang optimal sehingga melalui acara ini kita tetap dapat menyampaikan makna perjuangan melalui lagu-lagu yang dibawakan sehingga menyemarakkan suasana agustusan yang masih kental,” ujarnya.

(Primagung Dary Riliananda)

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

434217.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com