PSM Unpad Semarakkan Ode Bulan Agustus #2

Melanjutkan tradisi yang telah dimulai pada 2015 lalu, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali diundang untuk yang kedua kalinya oleh Bentara Budaya Jakarta (BBJ) untuk tampil dalam kegiatan parade paduan suara bertajuk Ode Bulan Agustus #2 bertempat di Kantor BBJ, Palmerah, Jakarta. PSM Unpad juga diumumkan sebagai penampil favorit dalam acara yang dilaksanakan tiga hari (24/8-26/8) tersebut.

Tidak berbeda jauh dengan acara yang diadakan setahun yang lalu, konsep Ode Bulan Agustus #2 masih bertemakan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dan juga menampilkan sejumlah paduan suara lainnya seperti Paragita UI, Agria Swara IPB, Voxcom Femme Choir UPH, Ultima Sonora UMN, Trilogi, Gita Tirtayasa, Vox Angelorum, Impromptu Singers, UIN, dan Perbanas.

Di hari pertama, PSM Unpad mulai berlatih bersama paduan suara lainnya dan orkestra dengan dipimpin oleh Alfian E. Aditya sebagai conductor dan Puput Pramuditya sebagai music director dan arranger. Tidak ketinggalan pula maestro seriosa Indonesia, Aning Katamsi, Shaaquilla dan Rafi (Di Atas Rata-Rata), serta Donna Angelina sebagai harpist sebagai bintang tamu dalam acara tersebut turut memeriahkan suasana latihan hari pertama.


(25/8) Tim PSM Unpad berfoto bersama sebelum tampil menggunakan pakaian dari berbagai daerah di Indonesia

Di hari kedua, PSM Unpad membawakan beberapa lagu daerah diantaranya Kalwedo Basudara, Bungong Jeumpa, dan O Ina Ni Keke. Penampilan PSM Unpad yang ekspresif mendapat sambutan meriah dari penonton, Lagu Kalwedo Basudara mampu dibawakan dengan ekspresif sehingga pesan rasa persatuan dari lagu tersebut sampai kepada penonton. Demikian pula lagu Bungong Jeumpa yang dibawakan beserta tarian samannya mampu menghibur penonton. Penampilan di hari kedua ditutup dengan kolaborasi PSM Unpad dengan seluruh paduan suara yang tampil dengan membawakan lagu Sik-Sik Sibatumanikam.

PSM Unpad berkolaboasi dengan seluruh paduan suara dan para bintang tamu di hari terakhir acara tersebut dan membawakan beberapa lagu diantaranya Indonesia Raya, Di Timur Matahari, dan Bendera dengan diiringi orkestra yang sebelumnya telah dilatihkan terlebih dahulu. Penampilan tersebut mengundang decak kagum penonton. Suara-suara yang dihasilkan dari kolaborasi tersebut terkesan megah dengan tambahan orkestra di dalamnya.

(25/8) Tim PSM Unpad saat tengah membawakan lagu Bungong Jeumpa yang berasal dari daerah Aceh

Menurut Agung Darmawangsa Putra, Wakil Ketua PSM Unpad yang tergabung dalam tim untuk kegiatan tersebut, kolaborasi antara PSM Unpad dengan paduan suara lainnya memberikan satu hal yang baru.
“Kolaborasi dari beberapa paduan suara lainnya membuat kita dapat mengenal karakteristik baik teknis maupun keorganisasian dari paduan suara lainnya dan berbagi beberapa hal yang berhubungan dengan seni, terutama musik dan paduan suara,” paparnya.

Ia juga menambahkan, terpilihnya PSM Unpad sebagai penampil favorit di acara tersebut juga merupakan suatu hal yang patut disyukuri dan berharap PSM Unpad memang memenangkan hati para penontonnya lewat lagu yang dibawakan.

(25/8) Tim PSM Unpad berfoto bersama beberapa paduan suara lain setelah parade selesai

Clara Cindy, anggota divisi Eksternal PSM Unpad sekaligus penanggung jawab acara tersebut menyatakan, diundangnya PSM Unpad oleh BBJ untuk yang kedua kalinya merupakan sesuatu hal yang harus dipertahankan di tahun berikutnya.

“Melalui kegiatan ini, secara tidak langsung PSM Unpad telah dipercaya oleh BBJ terkait beberapa hal baik penampilan maupun keorganisasian. Kita wajib mempertahankannya melalui penampilan kita yang optimal sehingga melalui acara ini kita tetap dapat menyampaikan makna perjuangan melalui lagu-lagu yang dibawakan sehingga menyemarakkan suasana agustusan yang masih kental,” ujarnya.

(Primagung Dary Riliananda)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."



TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com