PSM Unpad Meriahkan Pagerlaran Amal Tari Legong - Bharatanatyam "Arjuna Dibiasakti"

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) turut memeriahkan Pagelaran Tari Legong bertajuk Arjuna Dibiasakti pada Sabtu (28/5) bertempat di Auditorium RRI Bandung. Acara ini diselenggarakan oleh Bengkel Tari Ayu Bulan yang bekerja sama dengan Jaringan Relawan Independen (JARI).
Dalam pagelaran tersebut, PSM Unpad menampilkan beberapa lagu daerah diantaranya Percoma, Lisoi, Bungong Jeumpa, dan Yamko Rambe Yamko. Selain lagu-lagu tersebut, penonton juga dibawa ke era 1970 melalui beberapa lagu seperti Pemuda dan Kebyar-Kebyar karya legenda musik Indonesia, Chaseiro dan Gombloh.


(28/5) Salah satu foto penampilan PSM Unpad membawakan lagu "Lisoi"

Kemeriahan tampak saat PSM Unpad membawakan beberapa lagu daerah yang telah disebutkan di atas. Gelak tawa para penonton yang memadati Auditorium RRI Bandung terdengar saat para penyanyi memeragakan drama dalam lagu Percoma. Para penonton juga dihibur oleh Tari Saman yang ikut dibawakan dalam lagu Bungong Jeumpa dan tarian daerah Irian Jaya dalam lagu Yamko Rambe Yamko. "Tadi itu penampilan yang sangat atraktif bagi saya, PSM Unpad dapat menyuguhkan tampilan paduan suara yang menarik dan menghibur setiap penonton yang hadir", ujar Utari salah satu penonton Pagelaran Amal Arjuna Dibiasakti.
Agung Darmawangsa Putra, perwakilan dari Divisi Eksternal PSM Unpad yang tergabung dalam kegiatan tersebut menyatakan, kolaborasi antara paduan suara dan pagelaran tari ini memberikan satu hal yang baru bagi PSM Unpad. “Kegiatan kali ini memang berbeda dari pagelaran tari pada umumnya karena tidak biasanya sebuah pagelaran tari berkolaborasi dengan paduan suara, namun melalui acara ini ternyata PSM Unpad tetap dapat menghibur para penonton melalui lagu yang dibawakan,” ujarnya.


(28/5) Pemberian buket bunga dan foto bersama kepada perwakilan para penampil dan pengisi acara

Ia juga menambahkan perihal koordinasi yang dilakukan antara PSM Unpad dengan Bengkel Tari Ayu Bulan dan JARI sebagai penyelenggara Konser. “Memang terdapat sedikit dinamika saat uji coba panggung karena secara teknis kami membutuhkan penyesuaian terhadap ruangan dan posisi saat bernyanyi. Namun diluar hal tersebut, kami sangat mengapresiasi Bengkel Tari Ayu Bulan dan JARI yang dapat bekerjasama dengan baik saat kegiatan berlangung sehingga tidak ada hambatan yang berarti dalam pelaksanaannya,” paparnya.

Pagelaran Tari Legong Arjuna Dibiasakti sendiri diadakan untuk menggalang dana untuk kegiatan JARI dalam hal pencegahan dan pelayanan konseling korban kekerasan. Pagelaran ini juga merupakan wujud syukur atas kebersamaan para aktivis Yayasan JARI dalam mengemban kegiatannya sejak 17 tahun yang lalu. Diharapkan, dengan memperkenalkan Tari Legong Bali yang berkolaborasi dengan Tari Bharatanatyam dari India, yang belum pernah dipentaskan di Bandung maka apresiasi masyarakat terutama generasi muda dan para penikmat seni dapat bertambah dan semakin menghargai pusaka budaya tanah air dan mancanegara. (Prima)
 

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

choralescence-1.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com