Film Dokumenter Musikal Paduan Suara "Indonesia Kirana" hadir di Bioskop Ibu Kota

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali mengukir sejarah sebagai paduan suara pertama di Indonesia, bekerja sama dengan Film Maker ternama Embara Films dan Pont. Pic. Bersama-sama PSM Unpad, Embara Films dan Pont. Pic mencoba untuk mengangkat kisah perjuangan anak bangsa dalam mengusahakan prestasi di tingkat internasional dalam film dokumenter layar lebar bertajuk “Indonesia Kirana” yang tayang perdana pada Kamis (26/4) bertempat di XXI Cihampelas Walk, Bandung.

Film tersebut mengulas tentang proses persiapan dan perjalanan yang dilalui PSM Unpad saat bertandang ke Eropa untuk mengikuti kompetisi paduan suara 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015 di Maribor, Slovenia dan Konser Kebudayaan di Hungaria, dimana tim PSM Unpad berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Asia dalam kompetisi tersebut.

Ketua pelaksana Indonesia Kirana Dzulfiqar Abduljabbar menjelaskan, masyarakat perlu mengetahui bagaimana perjuangan yang telah dilakukan PSM Unpad sampai tim tersebut dapat berangkat dan mengikuti kompetisi pada akhirnya. “Masyarakat belum mengerti bagaimana proses, pengorbanan sebuah paduan suara, bahkan makna dari paduan suara itu sendiri. Bagaimana proses latihan kami selama delapan bulan, dan masih banyak lagi, Film ini juga dibuat dengan mengangkat sisi lain paduan suara. Kami berharap, khalayak dapat mengapresiasi paduan suara lebih baik setelah adanya film ini karena paduan suara adalah perjuangan,” jelasnya.

Perwakilan dari Embara Films, Galih Mulya Nugraha merasa antusias saat bekerja sama dengan Unpad Choir. ”Kami senang bisa bekerja sama. Pesan yang ingin kami sampaikan sebenarnya bukan hanya tentang paduan suara, melainkan semangat perjuangan anak bangsa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Hal tersebut dapat dikemas dengan sangat baik melalui film ini,” ujarnya.

Sementara itu, Arvin Zeinullah selaku pelatih utama PSM Unpad mengatakan, film ini dapat menjadi sejarah dan dapat menginspirasi setiap orang yang menonton, untuk diceritakan, agar orang-orang dapat melihat nilai baik sebuah perjuangan dan tidak pantang menyerah.Pernyataan ini dibenarkan oleh Niko dan Angga, penonton yang datang dari PSM Telkom University. “Bagus banget, pesannya tersampaikan. Film ini adalah sebuah capaian tersendiri untuk PSM Unpad kedepannya. Tetap menginspirasi!” tutur mereka.

Dalam pemutaran yang pertama ini, Indonesia Kirana mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat Kota Bandung, terbukti dari tiket yang habis terjual beberapa hari sebelum waktu penayangan. Melihat antusiasme yang sangat tinggi ini, panitia pun berencana untuk melaksanakan kembali pemutaran di Kota Bandung pada bulan Mei 2016 mendatang. Selain Bandung, Ibu Kota Jakarta juga ikut serta menjadi salah satu destinasi kota tempat pemutaran film Indonesia Kirana yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2016 di XXI Epicentrum Jakarta. Sementara dua kota lainnya yaitu Yogyakarta dan Surabaya masih menanti tanggal dan tempat pasti pemutaran film ini.


Foto bersama Tim Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran bersama Tim Dari Embara Films dan Pont. Pic
 

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

konser-tahunan-21-canticum-novum.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com