Awal tahun, PSM Unpad Mulai dengan Persiapan Konser 2 Angkatan Termuda

Oleh Primagung Dary Riliananda
 
Momen pergantian tahun beberapa waktu lalu menjadi langkah awal anggota baru Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) untuk mempersiapkan gelaran Konser Intern ke-11. Ahmad Aldi Purnama, mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran dipercaya oleh Pengurus PSM Unpad untuk menjadi Ketua Pelaksana dalam gelaran konser kali ini.

Waktu liburan semester ganjil yang jatuh sepanjang Januari sampai pertengahan Februari pun mulai dimanfaatkan panitia untuk mempersiapkan beberapa hal penunjang konser. Terhitung sejak tiga minggu lalu, teknik bernyanyi dua anggota termuda PSM Unpad mulai diasah melalui latihan yang diadakan setiap minggunya. Para anggota baru pun mulai merancang hal terkait kepanitiaan konser layaknya open recruitment panitia, penyusunan tema, dan sistem pencarian dana beserta publikasi konser.


Suasana latihan perdana, memberikan gambaran secara umum tentang konser intern dengan menonton video konser tahun-tahun sebelumnya.

Ihsan Kamil Fachrudin, salah satu anggota baru PSM Unpad yang tergabung dalam tim konser tersebut menyatakan, porsi latihan PSM Unpad yang padat walaupun saat liburan membuatnya harus membagi waktu dengan baik. Ia juga harus selalu semangat saat latihan berlangsung.

“Semangat datang dari keinginan untuk menampilkan sebuah karya dengan baik. Saat latihan berlangsung, saya selalu berpikir positif bahwa nanti saya dapat menampilkan karya tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan conductor. Saya juga menjalani rutinitas latihan dengan senang hati serta tidak menjadikan hal tersebut sebagai beban atau tuntutan karena hal tersebut akan mengurangi rasa semangat yang ada,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, rutinitas latihan tersebut akan menjadi hal yang lumrah mengingat PSM Unpad selalu berhasil menampilkan sebuah karya dengan baik dengan cara tersebut.

“Saya percaya bahwa proses itu merupakan salah satu hal yang penting. Tidak akan ada program yang sukses secara tiba-tiba tanpa adanya proses didalamnya. Saya yakin dengan latihan tersebut akan ada hasil yang baik sesudahnya,” tambahnya.


Suasana latihan salah satu sesi dalam konser bersama Kang Andhika Abdul R., salah satu conductor pada Konser Intern 2016.

Konser intern sendiri termasuk dalam agenda tahunan PSM Unpad yang diikuti oleh dua angkatan termudanya. Sebanyak 20 lagu dari empat jenis aliran musik (classic, international folksong, popular, dan indonesian folksong) akan ditampilkan dalam konser yang terbagi dalam empat sesi tersebut. Masing-masing sesi akan dipimpin oleh seorang conductor yang sudah memiliki jam terbang yang bagus dalam dunia paduan suara.

Konser intern juga merupakan wujud eksistensi PSM Unpad dalam bidang paduan suara yang telah diadakan sejak 2005. Kreativitas, manajemen waktu dan lelah, serta kemampuan berorganisasi juga diaplikasikan para anggota baru melalui kepanitiaan konser tersebut. (primagung)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

choralescence-1.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com