Awal tahun, PSM Unpad Mulai dengan Persiapan Konser 2 Angkatan Termuda

Oleh Primagung Dary Riliananda
 
Momen pergantian tahun beberapa waktu lalu menjadi langkah awal anggota baru Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) untuk mempersiapkan gelaran Konser Intern ke-11. Ahmad Aldi Purnama, mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran dipercaya oleh Pengurus PSM Unpad untuk menjadi Ketua Pelaksana dalam gelaran konser kali ini.

Waktu liburan semester ganjil yang jatuh sepanjang Januari sampai pertengahan Februari pun mulai dimanfaatkan panitia untuk mempersiapkan beberapa hal penunjang konser. Terhitung sejak tiga minggu lalu, teknik bernyanyi dua anggota termuda PSM Unpad mulai diasah melalui latihan yang diadakan setiap minggunya. Para anggota baru pun mulai merancang hal terkait kepanitiaan konser layaknya open recruitment panitia, penyusunan tema, dan sistem pencarian dana beserta publikasi konser.


Suasana latihan perdana, memberikan gambaran secara umum tentang konser intern dengan menonton video konser tahun-tahun sebelumnya.

Ihsan Kamil Fachrudin, salah satu anggota baru PSM Unpad yang tergabung dalam tim konser tersebut menyatakan, porsi latihan PSM Unpad yang padat walaupun saat liburan membuatnya harus membagi waktu dengan baik. Ia juga harus selalu semangat saat latihan berlangsung.

“Semangat datang dari keinginan untuk menampilkan sebuah karya dengan baik. Saat latihan berlangsung, saya selalu berpikir positif bahwa nanti saya dapat menampilkan karya tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan conductor. Saya juga menjalani rutinitas latihan dengan senang hati serta tidak menjadikan hal tersebut sebagai beban atau tuntutan karena hal tersebut akan mengurangi rasa semangat yang ada,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, rutinitas latihan tersebut akan menjadi hal yang lumrah mengingat PSM Unpad selalu berhasil menampilkan sebuah karya dengan baik dengan cara tersebut.

“Saya percaya bahwa proses itu merupakan salah satu hal yang penting. Tidak akan ada program yang sukses secara tiba-tiba tanpa adanya proses didalamnya. Saya yakin dengan latihan tersebut akan ada hasil yang baik sesudahnya,” tambahnya.


Suasana latihan salah satu sesi dalam konser bersama Kang Andhika Abdul R., salah satu conductor pada Konser Intern 2016.

Konser intern sendiri termasuk dalam agenda tahunan PSM Unpad yang diikuti oleh dua angkatan termudanya. Sebanyak 20 lagu dari empat jenis aliran musik (classic, international folksong, popular, dan indonesian folksong) akan ditampilkan dalam konser yang terbagi dalam empat sesi tersebut. Masing-masing sesi akan dipimpin oleh seorang conductor yang sudah memiliki jam terbang yang bagus dalam dunia paduan suara.

Konser intern juga merupakan wujud eksistensi PSM Unpad dalam bidang paduan suara yang telah diadakan sejak 2005. Kreativitas, manajemen waktu dan lelah, serta kemampuan berorganisasi juga diaplikasikan para anggota baru melalui kepanitiaan konser tersebut. (primagung)

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

poster-tahunan-20.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com