Unpad Choir Sukses Kolaborasi Bersama Rundfunkchor


Unit Kegiatan Mahasiswa Unpad Choir berhasil menyelenggarakan Konser Kolaborasi bersama Rundfunkchor, paduan suara tertua di Berlin, Jerman dengan tajuk “Dalam Dekapan Damai” di Aula Grha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad Dipati Ukur pada Selasa (27/10) malam.
Selama beberapa bulan terakhir, Unpad Choir telah mempersiapkan diri dengan berlatih bersama Nicolas Fink, salah satu konduktor dari Rundfunkchor. Persiapan ini dilakukan sebelum kedatangan para penyanyi Rundfunkchor dan Simon Halsey selaku kepala konduktor Rundfunkchor.
“Kesulitan saat latihan mungkin ketika melafalkan kata-kata dalam menyanyikan lagu berbahasa Jerman. itu sendiri. Akan tetapi, sepertinya Unpad Choir sudah terbiasa dengan repertoir lagu tradisional Jerman, dan itu membuat saya cukup senang",” cerita Fink.
Konser yang berlangsung selama 1,5 jam ini adalah bagian dari penyelenggaraan German Season, salah satu bentuk kerjasama antara Indonesia dan Jerman yang bertujuan untuk memperdalam hubungan antarnegara dalam berbagai sektor, khususnya sektor budaya. Lagu-lagu yang dinyanyikan pun mulai dari lagu berbahasa Jerman, hingga berbahasa Indonesia
“Kesempatan bekerja sama dengan Unpad Choir merupakan kesenangan tersendiri. Persamaan dengan paduan suara lainnya bahwa Unpad Choir juga memiliki kualitas, energi, dan hasrat untuk memberikan performa yang terbaik. "Kami melihat ini sebagai hal yang patut untuk diapresiasi",” ungkap Simon.
Malam itu, konser dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dibuka dengan penampilan kolaborasi antara Unpad Choir dan Rundfunkchor yang dikonduktori oleh Simon Halsey. Pada sesi ini ada sesuatu yang berbeda, di mana beberapa penonton diundang  naik ke atas panggung oleh Simon untuk bernyanyi bersama.
Selanjutnya, sesi kedua diambil alih oleh Unpad Choir dengan arahan konduktor Arvin Zeinullah dengan membawakan beberapa lagu Indonesia, seperti Soleram, Pagi Bening, dan Lukisan Tanah Air. Kemudian, sesi ketiga berlanjut dengan penampilan khusus dari Rundfunkhor dan diakhiri dengan menyanyikan Friede Auf Erden bersama Unpad Choir.
"“Saya sangat menyukai bagaimana Unpad Choir seperti membuat atmosfir yang menyenangkan saat bernyanyi. Dari segi standar pun kelompok paduan suara ini sepertinya sudah berada di tahap profesional",” tambah Simon.
Penampilan terakhir cukup mendapatkan apresiasi yang tinggi dengan riuhnya tepuk tangan dari para penonton yang hadir di dalam aula. Rasa bangga dan syukur ini diungkapkan Dhiyani Nindya Pratiwi selaku Presiden dari Unpad Choir.
“"Semoga dari segi kualitas,  Unpad Choir dapat semakin berkembang karena sudah mendapatkan ilmu baru dari choir dan konduktor lain, serta semoga kami semakin dikenal oleh masyarakat berkat adanya Konser Kolaborasi ini",” harap perempuan yang akrab disapa Ninoy ini saat ditemui setelah konser berakhir. (Ardiansyah Megah Putra)
 
 

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

434217.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com