Antusiasme Anggota Baru Jalani Latihan Reguler


Kala itu, selasar terlihat ramai oleh sekumpulan mahasiswa. Terlihat beberapa sedang duduk sembari asyik mengobrol. Sesekali timbul canda tawa yang memberi suasana santai sore itu. Ya, mereka adalah anggota Unpad Choir angkatan 2015 yang sedang bersiap-siap mengikuti latihan vokal di lantai dasar Gedung 4 Fakultas Hukum Kampus Unpad Dipati Ukur, Bandung pada Selasa (29/9).
            Latihan yang sering disebut sebagai ‘Latihan Reguler’ ini diselenggarakan tiap Selasa dan Kamis. Selain menjadi agenda rutin dari pengurus, Latihan Reguler juga merupakan bagian dari RPAB (Rangkaian Penerimaan Anggota Baru). Kegiatan ini bertujuan agar masing-masing anggota baru Unpad Choir dapat melatih dirinya dalam berpaduan suara dan mengenal Unpad Choir secara lebih dekat.
Berdasarkan daftar hadir yang dipegang oleh Nikolas Johan Hartono selaku Penanggung Jawab, anggota baru yang hadir terhitung ada 103 orang. Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah anggota baru yang hadir semakin berkurang. Hal ini dikarenakan mayoritas jadwal kuliah mahasiswa baru selesai pada sore hari, sehingga kurang bisa menyamakan dengan jadwal Latihan Reguler yang dimulai pada pukul 16.30 WIB.
Akan tetapi, antusiasme yang ditunjukkan para anggota baru dalam mengikuti latihan yang dipimpin oleh Andhika Abdul Razaaq selaku tim teknis sore itu terlihat cukup tinggi. Lagu yang dilatih oleh penyanyi bersuara Bass 1 ini adalah Karatagan Padjadjaran.
“Dari antusiasme anggota baru tampak tinggi, karena banyak hal-hal baru yang diberikan kepada mereka untuk dipelajari,” ucap Mario disela-sela latihan reguler berakhir.
Namun dalam pelaksanaannya, bagi Arvin Zeinullah selaku Pelatih Utama Unpad Choir, masih terdapat beberapa kendala, seperti kurangnya koordinasi antara tim teknis dan anggota senior saat latihan berlangsung. Dari sisi lain, Dhiyani Nindya Pratiwi sebagai Presiden Unpad Choir melihat, ada beberapa hal yang patut di apresiasi. Dhiyani menuturkan, jumlah anggota baru tahun ini yang mendaftar dan mengikuti latihan reguler lebih banyak dibanding tahun lalu.
Arvin dan Nindya sama-sama menaruh harapan besar agar pelaksanaan Latihan Reguler ini dapat merekatkan hubungan antara anggota baru dan anggota lama. Dengan begitu, para anggota baru dapat bertahan lama di Unpad Choir, sehingga organisasi paduan suara ini lebih stabil dan tak kekurangan sumber daya dalam tiap kegiatannya.
 “Besar harapan juga, para anggota baru tersebut setidaknya dapat bertahan hingga Konser Intern mereka yang akan diselenggarakan tahun depan,” tutur pria yang akrab disapa Kang Arvin ini. (Giovaldy Reinalda)
 

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

konser-tahunan-21-canticum-novum.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com