Antusiasme Anggota Baru Jalani Latihan Reguler


Kala itu, selasar terlihat ramai oleh sekumpulan mahasiswa. Terlihat beberapa sedang duduk sembari asyik mengobrol. Sesekali timbul canda tawa yang memberi suasana santai sore itu. Ya, mereka adalah anggota Unpad Choir angkatan 2015 yang sedang bersiap-siap mengikuti latihan vokal di lantai dasar Gedung 4 Fakultas Hukum Kampus Unpad Dipati Ukur, Bandung pada Selasa (29/9).
            Latihan yang sering disebut sebagai ‘Latihan Reguler’ ini diselenggarakan tiap Selasa dan Kamis. Selain menjadi agenda rutin dari pengurus, Latihan Reguler juga merupakan bagian dari RPAB (Rangkaian Penerimaan Anggota Baru). Kegiatan ini bertujuan agar masing-masing anggota baru Unpad Choir dapat melatih dirinya dalam berpaduan suara dan mengenal Unpad Choir secara lebih dekat.
Berdasarkan daftar hadir yang dipegang oleh Nikolas Johan Hartono selaku Penanggung Jawab, anggota baru yang hadir terhitung ada 103 orang. Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah anggota baru yang hadir semakin berkurang. Hal ini dikarenakan mayoritas jadwal kuliah mahasiswa baru selesai pada sore hari, sehingga kurang bisa menyamakan dengan jadwal Latihan Reguler yang dimulai pada pukul 16.30 WIB.
Akan tetapi, antusiasme yang ditunjukkan para anggota baru dalam mengikuti latihan yang dipimpin oleh Andhika Abdul Razaaq selaku tim teknis sore itu terlihat cukup tinggi. Lagu yang dilatih oleh penyanyi bersuara Bass 1 ini adalah Karatagan Padjadjaran.
“Dari antusiasme anggota baru tampak tinggi, karena banyak hal-hal baru yang diberikan kepada mereka untuk dipelajari,” ucap Mario disela-sela latihan reguler berakhir.
Namun dalam pelaksanaannya, bagi Arvin Zeinullah selaku Pelatih Utama Unpad Choir, masih terdapat beberapa kendala, seperti kurangnya koordinasi antara tim teknis dan anggota senior saat latihan berlangsung. Dari sisi lain, Dhiyani Nindya Pratiwi sebagai Presiden Unpad Choir melihat, ada beberapa hal yang patut di apresiasi. Dhiyani menuturkan, jumlah anggota baru tahun ini yang mendaftar dan mengikuti latihan reguler lebih banyak dibanding tahun lalu.
Arvin dan Nindya sama-sama menaruh harapan besar agar pelaksanaan Latihan Reguler ini dapat merekatkan hubungan antara anggota baru dan anggota lama. Dengan begitu, para anggota baru dapat bertahan lama di Unpad Choir, sehingga organisasi paduan suara ini lebih stabil dan tak kekurangan sumber daya dalam tiap kegiatannya.
 “Besar harapan juga, para anggota baru tersebut setidaknya dapat bertahan hingga Konser Intern mereka yang akan diselenggarakan tahun depan,” tutur pria yang akrab disapa Kang Arvin ini. (Giovaldy Reinalda)
 

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

poster-tahunan-20.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com