PSM Unpad Pukau Penonton Ode Bulan Agustus

Oleh Primagung Dary Riliananda
 

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) diundang oleh Bentara Budaya Jakarta (BBJ) untuk tampil dalam satu kegiatan bertajuk Ode Bulan Agustus. Bentara Budaya Jakarta sendiri merupakan lembaga kebudayaan milik Kompas Gramedia yang didirikan sebagai tempat untuk menyalurkan ekspresi dari beberapa seniman dan mencakup semua bidang.
Ode Bulan Agustus merupakan salah satu acara yang dibuat untuk memperingati kemerdekaan Indonesia dan bertempat di Kantor BBJ, Palmerah Selatan, Jakarta. Acara tersebut dilaksanakan dua hari (21/8-22/8) dan dikemas secara interaktif. Di hari pertama, PSM Unpad menampilkan beberapa lagu daerah diantaranya Percoma, Lisoi, dan Yamko Rambe Yamko. Selain itu juga membawakan lagu Nyiur Hijau karya Maladi. Penampilan PSM Unpad mendapat sambutan meriah dari penonton, Lagu Nyiur Hijau mampu dibawakan dengan penuh penghayatan sehingga pesan cinta tanah air dari lagu tersebut sampai kepada penonton, demikian pula lagu daerah yang dibawakan mampu menghibur penonton dengan aksi panggung dari para anggota tim.
Di hari kedua, PSM Unpad berkolaboasi dengan beberapa paduan suara lain di Jakarta dan sekitarnya, diantaranya PSM Universitas Tarumanagara dan PSM Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Gabungan dari paduan suara tersebut menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan diiringi orkestra yang sebelumnya telah dilatihkan terlebih dahulu oleh maestro seriosa Indonesia, Aning Katamsi.
Menurut Srikandi Herbatari, anggota PSM Unpad yang tergabung dalam tim untuk kegiatan tersebut, kolaborasi antara PSM Unpad dengan paduan suara lainnya memberikan satu hal yang baru.
“Kolaborasi dari beberapa paduan suara lainnya di Jakarta dan sekitarnya membuat kita dapat mengenal dan berbagi beberapa hal yang berhubungan dengan musik dan paduan suara,” paparnya.
Ia juga menambahkan, kolaborasi yang dilakukan antara PSM Unpad dengan BBJ merupakan sesuatu yang berbeda dari biasanya karena kegiatan yang berfokus pada paduan suara dengan mengangkat tema tertentu tergolong sangat jarang dan kegiatannya pun lebih seperti konser, namun melalui acara ini ternyata kita tetap dapat menyampaikan makna perjuangan melalui lagu-lagu yang dibawakan dan ditambah suasana Agustusan yang masih kental.
 

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

konser-tahunan-21-canticum-novum.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com