PSM Unpad Pukau Penonton Ode Bulan Agustus

Oleh Primagung Dary Riliananda
 

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) diundang oleh Bentara Budaya Jakarta (BBJ) untuk tampil dalam satu kegiatan bertajuk Ode Bulan Agustus. Bentara Budaya Jakarta sendiri merupakan lembaga kebudayaan milik Kompas Gramedia yang didirikan sebagai tempat untuk menyalurkan ekspresi dari beberapa seniman dan mencakup semua bidang.
Ode Bulan Agustus merupakan salah satu acara yang dibuat untuk memperingati kemerdekaan Indonesia dan bertempat di Kantor BBJ, Palmerah Selatan, Jakarta. Acara tersebut dilaksanakan dua hari (21/8-22/8) dan dikemas secara interaktif. Di hari pertama, PSM Unpad menampilkan beberapa lagu daerah diantaranya Percoma, Lisoi, dan Yamko Rambe Yamko. Selain itu juga membawakan lagu Nyiur Hijau karya Maladi. Penampilan PSM Unpad mendapat sambutan meriah dari penonton, Lagu Nyiur Hijau mampu dibawakan dengan penuh penghayatan sehingga pesan cinta tanah air dari lagu tersebut sampai kepada penonton, demikian pula lagu daerah yang dibawakan mampu menghibur penonton dengan aksi panggung dari para anggota tim.
Di hari kedua, PSM Unpad berkolaboasi dengan beberapa paduan suara lain di Jakarta dan sekitarnya, diantaranya PSM Universitas Tarumanagara dan PSM Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Gabungan dari paduan suara tersebut menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan diiringi orkestra yang sebelumnya telah dilatihkan terlebih dahulu oleh maestro seriosa Indonesia, Aning Katamsi.
Menurut Srikandi Herbatari, anggota PSM Unpad yang tergabung dalam tim untuk kegiatan tersebut, kolaborasi antara PSM Unpad dengan paduan suara lainnya memberikan satu hal yang baru.
“Kolaborasi dari beberapa paduan suara lainnya di Jakarta dan sekitarnya membuat kita dapat mengenal dan berbagi beberapa hal yang berhubungan dengan musik dan paduan suara,” paparnya.
Ia juga menambahkan, kolaborasi yang dilakukan antara PSM Unpad dengan BBJ merupakan sesuatu yang berbeda dari biasanya karena kegiatan yang berfokus pada paduan suara dengan mengangkat tema tertentu tergolong sangat jarang dan kegiatannya pun lebih seperti konser, namun melalui acara ini ternyata kita tetap dapat menyampaikan makna perjuangan melalui lagu-lagu yang dibawakan dan ditambah suasana Agustusan yang masih kental.
 

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

poster-tahunan-20.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com