Merenungi Makna Perjuangan Melalui Paduan Suara

Oleh Primagung Dary Riliananda
 
Tujuh puluh tahun sudah Indonesia merdeka. Peristiwa yang jatuh pada 17 Agustus 1945 tersebut dipengaruhi oleh beberapa peristiwa yang terjadi pada beberapa hari sebelumnya, mulai dari jatuhnya bom atom milik sekutu di kota Hiroshima dan Nagasaki pada 6 dan 9 Agustus 1945 sampai “diculiknya” Ahmad Soebardjo beserta bapak bangsa kita, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta oleh golongan pemuda ke daerah Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945.
Namun demikian, perjuangan rakyat Indonesia tidak sebatas perang melawan penjajah. Untuk mengobarkan semangat perjuangan diciptakanlah lagu-lagu perjuangan oleh beberapa komponis ternama Indonesia seperti Berkibarlah Benderaku karya Ibu Soed, dan Hari Merdeka karya H. Mutahar. Pada masanya, lagu-lagu tersebut diharapkan menjadi pemicu semangat rakyat Indonesia untuk terus mempertahankan Indonesia dari gempuran penjajah.
Dalam rangka memperingati 70 tahun terjadinya peristiwa tersebut, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) dipercaya untuk mengisi beberapa kegiatan baik internal maupun eksternal. Salah satunya yaitu Gelar Senja, yang merupakan kegiatan yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sesaat sebelum upacara penurunan bendera Republik Indonesia yang bertujuan menghibur warga Kota Bandung dan sekitarnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin (17/8) di Lapangan Gasibu, Bandung.
Kegiatan tersebut juga merupakan kegiatan tahunan dari PSM Unpad yang bekerjasama dengan Pemprov Jabar. Sebanyak 60 anggotanya dipercayakan untuk ikut dalam kegiatan tersebut. PSM Unpad membuka penampilan pada sore itu dengan membawakan lagu Syukur karya H. Mutahar, kemudian dilanjutkan dengan beberapa lagu perjuangan lainnya seperti Pantang Mundur karya Titiek Puspa diakhiri dengan dua lagu karya Cornel Simanjutak, Pada Pahlawan dan Maju Tak Gentar. Riuh tepuk tangan dari masyarakat dan pejabat Kota Bandung yang hadir pada sore itu seakan-akan menjelaskan repon positif yang telah diperoleh PSM Unpad dalam kegiatan tersebut.
Arvin Zeinullah, konduktor utama PSM Unpad berharap kepercayaan yang didapat tersebut dapat selalu dijaga. “Kepercayaan ini bukan merupakan beban, namun ini merupakan tantangan untuk PSM Unpad di tahun-tahun berikutnya. Kita harus menjaga kepercayaan yang telah diberikan dengan selalu memberikan yang terbaik bagi semua pihak dengan cara bernyanyi yang bagus.” ujarnya.
Tantangan itu, lanjutnya, juga merupakan media pembelajaran bagi para anggota PSM Unpad, khususnya anggota baru untuk melatih teknik bernyanyi dalam lagu-lagu yang akan dibawakan dalam kegiatan lainnya agar dapat maksimal dalam kegiatan tersebut. Ia juga menambahkan bahwa melalui lagu-lagu perjuangan yang dibawakan oleh PSM Unpad, masyarakat dapat selalu merenungi makna perjuangan yang telah dirasakan terlebih dahulu oleh para pejuang kemerdekaan serta dapat lebih mencintai tanah air.
Acara tersebut juga menampilkan Marching Band Gita Pakuan dan penampil beberapa tarian khas Jawa Barat dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. (primagung)

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

434217.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com