Merenungi Makna Perjuangan Melalui Paduan Suara

Oleh Primagung Dary Riliananda
 
Tujuh puluh tahun sudah Indonesia merdeka. Peristiwa yang jatuh pada 17 Agustus 1945 tersebut dipengaruhi oleh beberapa peristiwa yang terjadi pada beberapa hari sebelumnya, mulai dari jatuhnya bom atom milik sekutu di kota Hiroshima dan Nagasaki pada 6 dan 9 Agustus 1945 sampai “diculiknya” Ahmad Soebardjo beserta bapak bangsa kita, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta oleh golongan pemuda ke daerah Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945.
Namun demikian, perjuangan rakyat Indonesia tidak sebatas perang melawan penjajah. Untuk mengobarkan semangat perjuangan diciptakanlah lagu-lagu perjuangan oleh beberapa komponis ternama Indonesia seperti Berkibarlah Benderaku karya Ibu Soed, dan Hari Merdeka karya H. Mutahar. Pada masanya, lagu-lagu tersebut diharapkan menjadi pemicu semangat rakyat Indonesia untuk terus mempertahankan Indonesia dari gempuran penjajah.
Dalam rangka memperingati 70 tahun terjadinya peristiwa tersebut, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) dipercaya untuk mengisi beberapa kegiatan baik internal maupun eksternal. Salah satunya yaitu Gelar Senja, yang merupakan kegiatan yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sesaat sebelum upacara penurunan bendera Republik Indonesia yang bertujuan menghibur warga Kota Bandung dan sekitarnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin (17/8) di Lapangan Gasibu, Bandung.
Kegiatan tersebut juga merupakan kegiatan tahunan dari PSM Unpad yang bekerjasama dengan Pemprov Jabar. Sebanyak 60 anggotanya dipercayakan untuk ikut dalam kegiatan tersebut. PSM Unpad membuka penampilan pada sore itu dengan membawakan lagu Syukur karya H. Mutahar, kemudian dilanjutkan dengan beberapa lagu perjuangan lainnya seperti Pantang Mundur karya Titiek Puspa diakhiri dengan dua lagu karya Cornel Simanjutak, Pada Pahlawan dan Maju Tak Gentar. Riuh tepuk tangan dari masyarakat dan pejabat Kota Bandung yang hadir pada sore itu seakan-akan menjelaskan repon positif yang telah diperoleh PSM Unpad dalam kegiatan tersebut.
Arvin Zeinullah, konduktor utama PSM Unpad berharap kepercayaan yang didapat tersebut dapat selalu dijaga. “Kepercayaan ini bukan merupakan beban, namun ini merupakan tantangan untuk PSM Unpad di tahun-tahun berikutnya. Kita harus menjaga kepercayaan yang telah diberikan dengan selalu memberikan yang terbaik bagi semua pihak dengan cara bernyanyi yang bagus.” ujarnya.
Tantangan itu, lanjutnya, juga merupakan media pembelajaran bagi para anggota PSM Unpad, khususnya anggota baru untuk melatih teknik bernyanyi dalam lagu-lagu yang akan dibawakan dalam kegiatan lainnya agar dapat maksimal dalam kegiatan tersebut. Ia juga menambahkan bahwa melalui lagu-lagu perjuangan yang dibawakan oleh PSM Unpad, masyarakat dapat selalu merenungi makna perjuangan yang telah dirasakan terlebih dahulu oleh para pejuang kemerdekaan serta dapat lebih mencintai tanah air.
Acara tersebut juga menampilkan Marching Band Gita Pakuan dan penampil beberapa tarian khas Jawa Barat dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. (primagung)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

konser-tahunan-21-canticum-novum.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com