Satu Rangkaian Konser: Konser Kolaborasi dan Konser Tahunan


Tiap tahunnya, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) rutin mengadakan konser paduan suara yang diselenggarakan di tiga kota di Indonesia. Agenda rutin ini dinamakan sebagai konser tahunan. Kota Bandung dan Kota Jakarta menjadi dua kota wajib penyelenggaraan konser, sedangkan untuk kota ketiga dipilih berdasarkan hasil keputusan bersama oleh panitia dan tiap tahunnya memang selalu berbeda.
Namun di 2015, konser yang akan terlaksana ke-19 kalinya ini tidak diselenggarakan di salah satu kota wajib, yakni kota Bandung. Hal ini diungkapkan Ketua PSM Unpad Dhiyani Nindya Pratiwi mengingat konser kolaborasi bersama Rundfunkchor, paduan suara asal Jerman juga akan diadakan di Bandung pada 27 Oktober mendatang.
 “Kami mengambil langkah untuk menyelenggarakan konser tahunan di 2 kota saja, karena konser kolaborasi merupakan konser yang besar dengan tim terbaik dengan kualitas terbaik yang akan dilaksanakan di Bandung, sehingga dari sisi manajemen event-nya menjadi klimaks. Bandung klimkas dengan konser kolaborasi, Jakarta dan Surabaya juga klimaks tetapi dengan konser tahunan,” tambah Dhiyani.
PSM Unpad memang berencana mengadakan konser kolaborasi bersama Zundfunkchor yang dilatarbelakangi oleh penyelenggaraan German Season. German Season merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Indonesia dan Jerman yang bertujuan untuk memperdalam hubungan antarnegara. Terlebih lagi, event ini menjadi sarana peningkatan eksistensi secara eksternal, karena PSM Unpad menjadi satu-satunya perwakilan dari Kota Bandung.
Sedikit bocoran, bahwa konser tahunan kali ini mengambil tema musik kontemporer dari Slovenia dan Hungaria, karena sejumlah lagu yang dibawakan nanti pada sesi satu konser merupakan karya para komposer dari kedua negara Eropa tersebut, seperti yang diungkapkan Pelatih Utama PSM Unpad, Arvin Zeinullah.
 “Tema dan lagu-lagu tersebut dipilih, karena nuansa musiknya yang spesifik untuk diapresiasi, juga karena pengalaman PSM Unpad dari dua negara tersebut pada kompetisi April lalu, sehingga mengilhami saya untuk menjadikannya sebagai semacam souvenir untuk para penonton”, tambahnya.
Mengenai pemilihan lagu untuk konser, Arvin mengungkapkan bahwa dalam setiap konser tahunan, lagu dengan teknik vokal yang advance akan selalu dipilih untuk tantangan dan sarana belajar penyanyi. Maka dengan sendirinya kualitas penyanyi akan semakin meningkat. Selain itu, dalam musik choir, setiap negara memang memiliki karakter musik yang spesifik, sehingga menarik untuk menggali musik mereka dengan kekayaan repertoar dan sejarah musik dari masing-masing negara. (Giovaldy Reinalda)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

konser-tahunan-21-canticum-novum.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com