Satu Rangkaian Konser: Konser Kolaborasi dan Konser Tahunan


Tiap tahunnya, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) rutin mengadakan konser paduan suara yang diselenggarakan di tiga kota di Indonesia. Agenda rutin ini dinamakan sebagai konser tahunan. Kota Bandung dan Kota Jakarta menjadi dua kota wajib penyelenggaraan konser, sedangkan untuk kota ketiga dipilih berdasarkan hasil keputusan bersama oleh panitia dan tiap tahunnya memang selalu berbeda.
Namun di 2015, konser yang akan terlaksana ke-19 kalinya ini tidak diselenggarakan di salah satu kota wajib, yakni kota Bandung. Hal ini diungkapkan Ketua PSM Unpad Dhiyani Nindya Pratiwi mengingat konser kolaborasi bersama Rundfunkchor, paduan suara asal Jerman juga akan diadakan di Bandung pada 27 Oktober mendatang.
 “Kami mengambil langkah untuk menyelenggarakan konser tahunan di 2 kota saja, karena konser kolaborasi merupakan konser yang besar dengan tim terbaik dengan kualitas terbaik yang akan dilaksanakan di Bandung, sehingga dari sisi manajemen event-nya menjadi klimaks. Bandung klimkas dengan konser kolaborasi, Jakarta dan Surabaya juga klimaks tetapi dengan konser tahunan,” tambah Dhiyani.
PSM Unpad memang berencana mengadakan konser kolaborasi bersama Zundfunkchor yang dilatarbelakangi oleh penyelenggaraan German Season. German Season merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Indonesia dan Jerman yang bertujuan untuk memperdalam hubungan antarnegara. Terlebih lagi, event ini menjadi sarana peningkatan eksistensi secara eksternal, karena PSM Unpad menjadi satu-satunya perwakilan dari Kota Bandung.
Sedikit bocoran, bahwa konser tahunan kali ini mengambil tema musik kontemporer dari Slovenia dan Hungaria, karena sejumlah lagu yang dibawakan nanti pada sesi satu konser merupakan karya para komposer dari kedua negara Eropa tersebut, seperti yang diungkapkan Pelatih Utama PSM Unpad, Arvin Zeinullah.
 “Tema dan lagu-lagu tersebut dipilih, karena nuansa musiknya yang spesifik untuk diapresiasi, juga karena pengalaman PSM Unpad dari dua negara tersebut pada kompetisi April lalu, sehingga mengilhami saya untuk menjadikannya sebagai semacam souvenir untuk para penonton”, tambahnya.
Mengenai pemilihan lagu untuk konser, Arvin mengungkapkan bahwa dalam setiap konser tahunan, lagu dengan teknik vokal yang advance akan selalu dipilih untuk tantangan dan sarana belajar penyanyi. Maka dengan sendirinya kualitas penyanyi akan semakin meningkat. Selain itu, dalam musik choir, setiap negara memang memiliki karakter musik yang spesifik, sehingga menarik untuk menggali musik mereka dengan kekayaan repertoar dan sejarah musik dari masing-masing negara. (Giovaldy Reinalda)

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

poster-tahunan-20.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com