Bulan Ramadhan Tiba, Latihan Tetap Jalan Terus

Latihan rutin yang dijalani sejumlah anggota PSM Unpad selama bulan Ramadhan dalam rangka mempersiapkan konser tahunan di Gedung 4 Fakultas Hukum Kampus Unpad Dipatiukur, Selasa (23/6) sore. (Foto: Rosy Anindya)
 
Menunggu waktu berbuka puasa atau dengan istilah ngabuburit, merupakan istilah yang biasa digunakan oleh orang Sunda dalam menunggu datangnya maghrib. Aktivitas ngabuburit ini sendiri banyak ragamnya, baik itu dengan bekerja, bermain, jalan-jalan, hingga melakukan kegiatan keagaman seperti mengaji. Namun, bagaimana jika ngabuburit itu dilakukan dengan hal yang sedikit lebih unik? Seperti bernyanyi misalnya.

Ada hal unik yang dilakukan oleh Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) dalam mengisi sore hari mereka. Tepat pukul 16.00, biasanya para anggotanya ini berkumpul di Kampus Unpad Dipatiukur, tepatnya di Gedung 4 Fakultas Hukum untuk mengikuti latihan olah vokal berasama. Latihan ini rupanya merupakan agenda rutin mereka dan diadakan dalam rangka persiapan konser tahunan yang akan diselenggarakan November mendatang.

Dengan datangnya bulan Ramadhan, latihan yang diagendakan PSM Unpad ini secara tidak langsung menjadi bentuk ngabuburit yang unik oleh sejumlah anggota yang mengikuti latihan. Selain itu, ada beberapa agenda lain yang ditambahkan dalam latihan, seperti menyiapkan dan menjual takjil untuk berbuka puasa di ruang latihan, hingga menentukan waktu salat Tarawih bersama sebelum melanjutkan latihan kembali.

“Walaupun bulan puasa, tapi latihan tetap jalan terus. Kalau menurut aku, latihan pas bulan puasa itu asyik banget. Soalnya selain bisa meningkatkan kualitas bernyanyi, kita juga bisa sambil ngabuburit nunggu buka puasa rame-rame bersama teman-teman,” ungkap Maudi, salah satu anggota PSM Unpad.

Latihan olah vokal bersama di sore hari memang sudah menjadi agenda rutin PSM Unpad. Biasanya latihan juga berlanjut hingga malam hari. Khusus bulan Ramadhan ini, latihan persiapan konser tahunan dilakukan pada hari Senin-Rabu, pukul 16.00-21.30 WIB. Sedangkan untuk latihan reguler dilaksanakan di hari Selasa dan Kamis yang dimulai pukul 14.00-16.00 WIB.

“Suasana latihan tentu terasa berbeda. Soalnya enggak cuma latihan yang dijalanin bareng-bareng tapi juga ibadah di bulan Ramadhan,” tambah Vanda, anggota lainnya.
Meskipun sedang dalam keadaan berpuasa, para anggota PSM Unpad tetap dituntut  mengeluarkan kemampuan terbaik mereka dalam latihan. Tidak ada kata lemas dan haus dalam berlatih vokal dan berpaduan suara. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang menjalankan puasa, sekaligus menjadi ajang ngabuburit seru ala anggota PSM Unpad. (Giovaldy Reinalda)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

choralescence-1.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com