PSM Unpad Terpilih untuk Mengikuti Konser Kolaborasi Bersama Paduan Suara asal Jerman


BANDUNG – Setelah melaksanakan salah satu kompetisi paduan suara bergengsi 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015 di Slovenia dan konser kebudayaan Hungaria pada April lalu, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali dipercaya menjadi paduan suara terpilih dalam Konser Kolaborasi bersama Rundfunkchor, paduan suara profesional asal Berlin, Jerman. Konser ini dilatarbelakangi oleh penyelenggaraan German Season pada 27 Oktober 2015.

German Season merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Indonesia dan Jerman yang bertujuan untuk memperdalam hubungan antarnegara dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, ilmu pengetahuan, dan budaya. Terpilihnya PSM Unpad sebagai perwakilan Kota Bandung dikarenakan selain merupakan paduan suara terbaik di Kota Bandung, juga atas rekomendasi salah satu juri yang mengapresiasi dengan baik  penampilan PSM Unpad dalam 2nd IICC 2015 (ITB International Choir Competition). Pernyataan tersebut diungkapkan Goethe Institut saat bertandang ke Universitas Padjadjaran.


Salah satu persiapan yang dilakukan sebelum konser bersama Rundfunkchor ini adalah dengan diadakannya latihan bersama asisten kondakter dari Rundfunkchor sendiri, yaitu Nicolas Fink. Latihan diadakan pada tanggal 1-4 Mei 2015 di Bandung.

Konser Kolaborasi akan menampilkan kurang lebih 20 penyanyi profesional dari Rundfunkchor dan sebanyak 30 penyanyi dari PSM Unpad. Lagu-lagu yang akan dibawakan dalam konser, antara lain; Abendlied (John Rheinbereger), Die mit Tränen säen werden mit Freuden ernten (Heinrich  Schütz), dan Fünf Gesänge (Johannes Brahms).

Konser ini direncanakan bekerja sama dengan pemkot Bandung karena Bandung mempunyai sejarah sister city dengan Kota Braunschweig. Dengan dukungan pemkot Bandung dan juga dukungan universitas diharapkan konser ini dapat berjalan sukses dan bisa menjadi konser yang penting dalam sejarah musik di Kota Bandung.

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

434217.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com