PSM Unpad Terpilih untuk Mengikuti Konser Kolaborasi Bersama Paduan Suara asal Jerman


BANDUNG – Setelah melaksanakan salah satu kompetisi paduan suara bergengsi 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015 di Slovenia dan konser kebudayaan Hungaria pada April lalu, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali dipercaya menjadi paduan suara terpilih dalam Konser Kolaborasi bersama Rundfunkchor, paduan suara profesional asal Berlin, Jerman. Konser ini dilatarbelakangi oleh penyelenggaraan German Season pada 27 Oktober 2015.

German Season merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Indonesia dan Jerman yang bertujuan untuk memperdalam hubungan antarnegara dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, ilmu pengetahuan, dan budaya. Terpilihnya PSM Unpad sebagai perwakilan Kota Bandung dikarenakan selain merupakan paduan suara terbaik di Kota Bandung, juga atas rekomendasi salah satu juri yang mengapresiasi dengan baik  penampilan PSM Unpad dalam 2nd IICC 2015 (ITB International Choir Competition). Pernyataan tersebut diungkapkan Goethe Institut saat bertandang ke Universitas Padjadjaran.


Salah satu persiapan yang dilakukan sebelum konser bersama Rundfunkchor ini adalah dengan diadakannya latihan bersama asisten kondakter dari Rundfunkchor sendiri, yaitu Nicolas Fink. Latihan diadakan pada tanggal 1-4 Mei 2015 di Bandung.

Konser Kolaborasi akan menampilkan kurang lebih 20 penyanyi profesional dari Rundfunkchor dan sebanyak 30 penyanyi dari PSM Unpad. Lagu-lagu yang akan dibawakan dalam konser, antara lain; Abendlied (John Rheinbereger), Die mit Tränen säen werden mit Freuden ernten (Heinrich  Schütz), dan Fünf Gesänge (Johannes Brahms).

Konser ini direncanakan bekerja sama dengan pemkot Bandung karena Bandung mempunyai sejarah sister city dengan Kota Braunschweig. Dengan dukungan pemkot Bandung dan juga dukungan universitas diharapkan konser ini dapat berjalan sukses dan bisa menjadi konser yang penting dalam sejarah musik di Kota Bandung.

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

choralescence-1.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com