Pengurus PSM Unpad Tingkatkan Kemampuan Menulis dan Desain Grafis


Tips mengembangkan kemampuan menjual berita ke media massa sedang diberikan oleh Rinda Sirait selaku mantan wartawan media Bisnis Indonesia di Fisip Unpad pada Minggu (24/5) pagi

Kemampuan menulis dan manajemen media semakin maju dengan pesat seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada kenyataannya, setiap orang dituntut untuk menguasai dan menerapkan kedua hal tersebut dengan sebagaimana mestinya, karena akan berperan penting bagi kehidupan di masyarakat luas.
            Dalam rangka melatih dan mengajarkan kedua hal tersebut, Divisi Organization Development (OD) PSM Unpad menyelenggarakan media training bertempat di gedung B201, Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Sosial (FISIP), Universitas Padjadjaran pada Minggu (24/5) pagi.
            Pelatihan ini merupakan salah satu program kerja Divisi OD dan diikuti oleh 10 anggota Divisi Media Promotion and Creative Branding (MPCB) PSM Unpad. Dalam pelatihan tersebut, para peserta diberikan sejumlah materi oleh orang-orang yang sudah berpengalaman di bidangnya. Materi yang diberikan diantaranya merancang press release untuk sebuah lembaga, manajemen profesional media sosial, creative writing di media sosial, serta pelatihan dasar dalam penggunaan aplikasi berbasis vektor, seperti Adobe Photoshop.
            Sesi pertama pelatihan dibimbing langsung oleh Rinda Sirait yang pernah melakukan tugas kewartawanan di media Bisnis Indonesia. Ia membahas berbagai hal yang berkaitan dengan penulisan, sejumlah hal yang harus dilakukan sebelum menulis, serta news value apa saja yang terkandung dalam suatu tulisan. Lalu sesi kedua dipandu oleh Ria Kartika, mahasiswa Manajemen Komunikasi Fikom Unpad. Kali ini, Ria berfokus pada penggunaan aplikasi desain Adobe Photoshop. Agar lebih memahami aplikasi secara mendalam, ia meminta kepada para peserta untuk praktik desain secara langsung menggunakan Adobe Photoshop.
 “Media training ini merupakan sebuah acara yang penting, terutama bagi anggota Divisi MPCB, karena para anggota dituntut untuk menguasai kemampuan menulis dan manajemen media. Pelatihan ini juga merupakan tempat penyaluran minat dan bakat bagi mereka dalam kedua hal tersebut,” ujar Anindhiya Hani Firdaus selaku perwakilan OD. (Primagung Dary Riliananda)

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

konser-tahunan-21-canticum-novum.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com