PSM Unpad Pukau Para Delegasi Konferensi Asia Afrika

Dalam rangka memperingati 60 tahun sejak pertemuan bersejarah tersebut, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali dipercaya oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk tampil dalam Acara Puncak Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika pada Jumat (24/4) bertempat di Gedung Merdeka, Bandung yang merupakan lokasi pertemuan pertama peserta Konferensi pada 60 tahun yang lalu.
Penampilan PSM Unpad ini merupakan penampilan yang kedua, setelah sebelumnya pada Peringatan Konferensi Asia Afrika ke-50 pada tahun 2005, PSM Unpad juga turut tampil sebagai pengisi acara pada event berskala internasional tersebut. Hal ini jelas sangat membanggakan bagi seluruh komponen PSM Unpad termasuk pihak Universitas Padjadjaran serta masyarakat Jawa Barat pada umumnya. Kepercayaan  ini merupakan salah satu apresiasi yang sangat bernilai terhadap eksistensi PSM Unpad yang telah berkiprah dan berprestasi dalam dunia paduan suara baik di tingkat nasional maupun internasional.
Sebanyak 37 mahasiswa dipercayakan untuk ikut dalam kegiatan tersebut. PSM Unpad membuka acara dengan membawakan lagu “Halo-Halo Bandung”. Kemudian di penghujung acara,  PSM Unpad menyanyikan lagu legendaris berjudul “Bandung Selatan Di Waktu Malam” karya komponis Indonesia Ismail Marzuki yang dikolaborasikan dengan musik Angklung dari Saung Angklung Mang Udjo. Kedua lagu tersebut sarat akan makna dari Kota Bandung yang secara resmi telah dinobatkan sebagai Ibu Kota simbolis dari Asia-Afrika oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. Kolaborasi alunan musik angklung serta nyanyian yang indah dari PSM Unpad merupakan perpaduan yang berhasil memukau para delegasi dan tamu undangan yang hadir. Selain dua lagu tersebut,  PSM Unpad juga membawakan lagu-lagu yang biasa dibawakan dalam konser-konser PSM Unpad sebagai lagu hiburan, seperti “Bungong Jeumpa,” “Dorven Dalai,” dan “Asika Thali.” Lagu-lagu tersebut merepresentasikan tentang keanekaragaman lagu-lagu daerah dari beberapa Negara khususnya yang ada di Asia dan Afrika.
Penampilan PSM Unpad tersebut disaksikan oleh 22 kepala Negara dan sejumlah delegasi konferensi dari Asia-Afrika yang menghadiri acara terebut, antara lain Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, dan Presiden Myanmar Thein Sein. Tidak ketinggalan pula Presiden Indonesia Joko Widodo beserta para Menteri dari Kabinet Kerja turut juga menonton penampilan tersebut.

Oleh: Primagung Dary R

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

choralescence-1.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com