Indonesia Kirana: Merajut Asa Melalui Paduan Suara

BANDUNG - Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) berhasil melaksanakan rangkaian festival luar negeri “Indonesia Kirana” dengan mengikuti dua agenda, yakni kompetisi paduan suara 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015 di Maribor, Slovenia dan Konser Kebudayaan di Hungaria.
Kompetisi di Slovenia merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia, karena PSM Unpad sebagai tim Indonesia Kirana berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Asia dalam kompetisi bergengsi tersebut. Selain itu, juga terdapat sejumlah paduan suara ternama dunia yang menjadi rival, antara lain; East Carolina University Singer (Amerika Serikat), Maska Youth Choir (Latvia), serta New Dublin Voices (Irlandia). Pada akhirnya, dengan usaha yang maksimal, tim yang berjumlah 42 orang ini berhasil meraih skor 83,5. Namun, poin tersebut ternyata belum mampu mengantarkan tim Indonesia Kirana memasuki tahap Grand Prix untuk menyandang posisi juara.
Setelah kompetisi, tim Indonesia Kirana yang diketuai oleh Dzulfiqar Abduljabbar, mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Unpad ini bersiap-siap untuk melaksanakan Konser Kebudayaan di berbagai tempat. Konser dimulai di St. Fransisco Hall, Koper, Slovenia pada Senin (13/4). Kemudian, tim bertolak ke Hungaria untuk melanjutkan Konser Kebudayaan di Gedung Bartakovics Béla Közösségi Ház, Eger, pada Rabu (15/4) dan di Cultural House, Miskolc, pada Kamis (16/4). Selain ingin menunjukkan budaya Indonesia ke negara lain, konser ini juga digelar dalam rangka peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Hungaria.
Dalam Konser Kebudayaan, tim Indonesia Kirana menampilkan sejumlah lagu daerah Indonesia yang dibawakan secara paduan suara, beberapa di antaranya; Bungong Jeumpa (Aceh), Percoma (Jawa Barat), dan Marencong-rencong (Sulawesi Selatan). Kemudian, paduan suara yang baru saja menyandang The Grand Champion pada kompetisi paduan suara 2nd ITB International Choir Competition (IICC) pada Februari lalu ini juga mempersembahkan beberapa kesenian daerah Nusantara, seperti Tari Saman, Pencak Silat, serta Tari Mojang Priangan.
Penyelenggaraan konser di Miskolc, Hungaria ternyata mendapat sambutan yang sangat antusias dari para penonton. Penampilan selama 1,5 jam tersebut cukup membuat lebih dari 700 penonton terpukau dari awal hingga akhir pertunjukkan. Tak berapa lama setelah tampil di Miskolc, tim Indonesia Kirana tak disangka mendapat kehormatan oleh Duta Besar Hungaria untuk menyelenggarakan konser serupa di tahun depan dengan target untuk 4 kota.
Seluruh panitia beserta tim Indonesia Kirana dan Keluarga Besar PSM Unpad tak lupa mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan dari sejumlah pihak dan instansi terkait, seperti Heryawan Kemal Mustafa selaku pendamping dari Rektorat Unpad, Ida Rosdiana dari TVRI Jawa Barat, Alumni-alumni Unpad, KBRI Hungaria, KBRI Belanda, KBRI Austria, Kementerian Luar Negeri, Dikti, Garuda Indonesia, PT Timah, CIMB Niaga, BTN, BNI, Kimia Farma, Saung Angklung Udjo, Tirta Anugerah, serta Embara Films yang nantinya akan menjadikan seluruh rangkaian Indonesia Kirana ke dalam sebuah film dokumenter. Pencapaian yang telah diraih juga tak lepas atas dukungan dari mantan Rektor Unpad Ganjar Kurnia dan Rektor Unpad Periode 2015/2019 Tri Anggono Achmad agar selalu berprestasi.
 Kami juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas partisipasinya dalam kegiatan crowdfunding di wujudkan.com. Dukungan dan bantuan yang telah diberikan telah membantu kelancaran pelaksanaan seluruh kegiatan Indonesia Kirana. Dengan sejumlah konser yang diselenggarakan oleh tim di Eropa, semoga tekad dan misi kebudayaan untuk mengenalkan budaya bangsa Indonesia dapat diapresiasi dengan baik oleh masyarakat dunia.

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

434217.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com