Pagelaran Indonesia Kirana: Selangkah Sebelum Menuju Eropa


BANDUNG - Tak berapa lama lagi pada bulan April mendatang, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) akan mengikuti kompetisi paduan suara dan konser kebudayaan 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015 di Slovenia dan Hungaria. Ini menjadi suatu kebanggaan bagi Indonesia, karena PSM Unpad telah berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Asia dalam kompetisi bergengsi ini.

Sebelum menuju Eropa, PSM Unpad akan menyelenggarakan konser Pra-kompetisi yang bertajuk Pagelaran Indonesia Kirana terlebih dahulu di Graha Sanusi Hardjadinata Jalan Dipati Ukur Nomor 3, Bandung (27/3), serta di Goethe Haus Jalan Sam Ratulangi Nomor 9-15 Menteng, Jakarta (29/3). Pemilihan nama ini sesuai dengan sebutan untuk seluruh rangkaian festival luar negeri PSM Unpad di tahun 2015 ini, yakni Indonesia Kirana.

Indonesia Kirana muncul pada tahun 2013, saat PSM Unpad berhasil menjuarai salah satu kompetisi paduan suara tertua di Torrevieja, Spanyol dengan meraih  Juara 1 kategori Polifonia “Costa Blanca-Alicante Provincial Counti” dan Conductor Terbaik “Jose Hodar Talavera” kepada Arvin Zeinullah. Prestasi yang  membanggakan bagi Indonesia inilah yang menjadi inspirasi bagi PSM Unpad untuk menyebarkannya ke khalayak luas, khususnya para generasi muda di bidang paduan suara. Pada akhirnya, lahirlah sebuah program yang diberi nama; Indonesia Kirana. Untuk ke depannya, diharapkan program ini akan dapat mengharumkan tanah air ke mata dunia.

Paduan suara yang baru saja menyandang The Grand Champion pada kompetisi paduan suara 2nd ITB International Choir Competition (IICC) pada Februari lalu ini juga turut bekerjasama dengan Embara Films sebagai mitra resmi dalam menjalankan program Indonesia Kirana. Sebagai informasi, rumah produksi yang bergerak di bidang video dan film kreatif ini nantinya akan menjadikan seluruh rangkaian Indonesia Kirana ke dalam sebuah film dokumenter. Film ini akan mengemas semangat membangun karya dan prestasi Indonesia Kirana menjadi sebuah inspirasi. Ujung tombaknya sendiri adalah dengan dapat disebarluaskannya film dokumenter tersebut ke berbagai kampus dan juga layar lebar hingga akhir tahun 2015.

Konser pra-event yang akan dipimpin oleh Arvin Zeinullah selaku conductor PSM Unpad ini, akan menampilkan sejumlah karya paduan suara klasik karya komposer dunia yang akan dinyanyikan saat berkompetisi di Slovenia dan Hungaria. Tak hanya itu, PSM Unpad juga akan membawakan lagu-lagu daerah dari berbagai penjuru tanah air pada sesi penampilan konser kebudayaan. Kesenian tradisional pun tak lupa ditampilkan dalam konser tersebut.

Seluruh rangkaian Indonesia Kirana akan berhasil terselenggara dengan baik apabila langkah dari salah satu Unit Kegiatan Mahasaiswa terbaik di Unpad ini didukung penuh oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan crowdfinding di link wujudkan.com, yaitu bit.ly/IDKirana.

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

poster-tahunan-20.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com