Sukses! Medali Emas diraih Tim Paduan Suara Pria PSM Unpad pada Kompetisi Tingkat Nasional

Bandung (1/2) – Tim Paduan Suara Pria PSM Unpad kembali meraih medali emas dalam kompetisi bergengsi Festival Paduan Suara (FPS) XXIV Institut Teknologi Bandung Kategori F1 – Paduan Suara Dewasa Pria pada 28 Januari 2015. Dalam Awarding Night pada 1 Februari 2015, PSM Unpad juga berhasil memperoleh juara 1 dan membawa pulang trofi penghargaan dengan perolehan nilai tertinggi yaitu 90,29. Perolehan nilai tersebut juga merupakan nilai tertinggi dibandingkan dengan peserta-peserta di kategori lain.
FPS XXIV ITB merupakan salah satu ajang kompetisi bergengsi dalam negeri yang telah ada sejak 45 tahun yang lalu dan telah diikuti oleh berbagai paduan suara di Indonesia. Sejak awal penyelenggaraannya pada tahun 1968, Festival Paduan Suara (FPS) ITB telah berkembang menjadi sarana yang kompetitif, edukatif, dan rekreatif bagi berbagai kelompok paduan suara dari berbagai kalangan dalam mengekspresikan seni paduan suara.
Dalam kompetisi yang berlangsung di Aula Barat ITB tersebut, PSM Unpad membawakan tiga buah lagu. ‘Ascendit Deus’ oleh Jacob Handl, ‘Manly Men’ oleh Kurt Knecht, dan lagu wajib untuk kategori Paduan Suara Dewasa Pria yaitu ‘Sajak Putih’ dari Puisi Chairil Anwar dan Musik dibuat langsung oleh salah satu dewan juri Festival Paduan Suara yaitu Ivan Yohan.
 
Kompetisi
Selasa (27/1)Tim Paduan Suara Pria PSM Unpad melakukan uji panggung di Aula Barat ITB yang diikuti oleh seluruh anggota tim pada hari. Uji Coba Panggung yang hanya dilakukan selama 10 menit dapat dimaksimalkan dengan baik meskipun beberapa bagian tidak sempat dinyanyikan karena keterbatasan waktu.
Setelah melakukan latihan intensif sejak akhir November 2014, Tim Paduan Suara Pria PSM Unpad menutup malam hari sebelum kompetisi (27/1) dengan menyanyikan semua lagu sesuai dengan urutan penampilan disertai dengan doa bersama dan evaluasi di beberapa bagian untuk terus menyempurnakan penampilan pada kompetisi di keesokan harinya.
Pagi hari (28/1), setiap anggota tim bersiap siap untuk memakai kostum dan langsung melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum pergi menuju ITB. Barulah sekitar pukul 8 Tim Paduan Suara Pria PSM Unpad berangkat dari Wisma Unpad yang terletak di Jl. Cimandiri No. 14 Bandung menuju ke Kampus ITB menggunakan BUS Unpad yang telah disediakan oleh pihak Universitas Padjadjaran. Sesampai di ITB, Tim yang dibimbing oleh panitia FPS bergegas menuju ke daerah sekre UKM untuk melakukan vocal warm up sebelum berangkat menuju Aula Barat. Setelah vocal warm up dilakukan Tim Paduan Suara Pria PSM Unpad melaksanakan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua Unpad Choir For FPS ITB, Baskara Eko.
Di dalam Aula Barat ITB, tim ditempatkan di tempat duduk di belakang panggung dan sempat mendengar peserta lain yang sedang tampil. Sempat terlihat raut wajah yang gugup dari sebagian anggota tim yang kebanyakan baru pertamakali melakukan kompetisi dalam negeri. Namun, tak lama kemudian setiap anggota tim saling berpegangan tangan dan menyemangati satu sama lain sehingga masing-masing anggota tim dapat fokus terhadap apa yang akan dihadapi di atas panggung nantinya.
Ketika nama Paduan Suara Mahasiswa Unpad disebutkan oleh MC, Tim Paduan Suara Pria PSM Unpad naik keatas panggung dengan rapih, sesuai dengan posisi lagu pertama yaitu Ascendit Deus kemudian dilanjutkan dengan lagu wajib yaitu ‘Sajak Putih dan lagu pilihan Manly Men.
Lagu wajib Paduan Suara Dewasa Pria yaitu ‘Sajak Putih’ merupakan sebuah puisi karya Chairil Anwar yang kemudian dibuat menjadi sebuah lagu oleh Ivan Yohan yang juga merupakan salah satu juri pada FPS XXIV ITB 2015. Sedangkan lagu Manly Men merupakan lagu ciptaan Kurt Knecht yang menceritakan tentang kelompok laki-laki dalam paduan suara yang menunjukan setiap warna dan karakternya masing-masing dalam bernyanyi. Lagu Manly Men merupakan lagu penutup dan disertai dengan gerakan yang menggambarkan lagunya. Di akhir penampilan, Tim Paduan Suara Pria PSM Unpad berhasil menarik perhatian penonton dan mendapatkan apresiasi yang meriah dari penonton. Di luar Aula Barat ITB Tim Paduan Suara Pria PSM Unpad sempat berkumpul sebelum melakukan sesi Foto dan berharap bersama agar mendapatkan hasil yang terbaik.
Kompetisi pada kategori F1 Paduan Suara Dewasa Pria  ini, diikuti oleh tiga tim paduan suara pria yang lain dari berbagai kota, diantaranya adalah Fivearts Singers, Swara Satata Cakti dan Nafiri Male Choir HKBP Sisimangaraja.
 
Awarding Night
Pada malam penghargaan yang berlangsung di Aula Barat ITB Minggu (1/2), Tim Paduan Suara Pria PSM Unpad bersama dengan anggota PSM Unpad lainnya, berangkat bersama-sama dengan harapan dapat mendapat membawa pulang gelar juara. Aula Barat ITB penuh sesak oleh para penyanyi paduan suara dari berbagai kategori, beberapa diantaranya bahkan berasal dari beberapa kota seperti Malang, Semarang, Surabaya dan kota lainnya. Awarding Night dibuka dengan penampilan dari kelompok Choir Studio yang dipimpin oleh Ivan Yohan.
Setelah melihat penampilan dan pengumuman juara dari Kategori lain, akhirnya tiba saat dimana Katerori F1 – Paduan Suara Pria Dewasa diumumkan. Ketika MC mengumumkan bahwa PSM Unpad mendapatkan medali emas dan keluar sebagai pemenang pada kategori tersebut semua anggota PSM Unpad yang hadir menunjukan kegembiraan dan rasa syukur atas hasil yang telah diperoleh.
Malam penghargaan itu, ditutup dengan penampilan dari pemenang-pemenang di setiap kategori termasuk Tim Paduan Suara Pria PSM Unpad yang menampilkan lagu “Manly Men”. Sorak sorai penonton terdengar ketika Tim memberi hormat penutup.
 
 
Tim Male Choir PSM Unpad
Melihat potensi Paduan Suara Pria pada konser tahunan PSM Unpad ke-18 lalu, Conductor PSM Unpad, Arvin Zeinullah, memutuskan untuk mengikutsertakan Tim Paduan Suara Pria PSM Unpad dalam FPS XXIV ITB 2015. Dalam sejarah PSM Unpad, keberadaan tim Paduan Suara Pria terakhir kali terbentuk pada tahun 2000, hampir 15 tahun yang lalu dengan mengikuti kompetisi dan kategori yang sama yaitu Kompetisi FPS ITB dan Kategori Paduan Suara Dewasa Pria. Artinya, butuh kurang lebih lebih 15 tahun lamanya, hingga akhirnya PSM Unpad bisa membentuk kembali Tim Paduan Suara Pria untuk kompetisi yang sama. Tim Paduan Suara Pria kali ini terdiri dari 35 penyanyi, diantaranya 9 penyanyi Tenor 1, 11 penyanyi Tenor 2, 7 penyanyi baritone, dan 8 penyanyi Bass, semua anggota Tim berasal dari fakultas dan angkatan yang berbeda-beda di Universitas Padjadjaran.
“Di Indonesia, keberadaan kelompok paduan suara pria dengan jumlah yang demikian seperti PSM Unpad ini masih sangat jarang dan cenderung langka, saya sagat berharap semoga tim ini bisa terus solid dan terus menginspirasi kelompok paduan suara lainnya, untuk membentuk dan meningkatkan eksistensi kelompok paduan suara pria di Indonesia.” ujar Arvin Zeinullah sesaat setelah kompetisi dilaksanakan.
Serangkaian prestasi yang ditorehkan dalam berbagai kompetisi di dalam dan luar negeri, menunjukkan keseriusan dan komitmen segenap anggota PSM Unpad untuk terus mengibarkan sayap dan meningkatkan eksistensi PSM Unpad sebagai salah satu paduan suara terbaik di Indonesia. Ke depan masih ada  program kompetisi lainnya yang juga akan diikuti oleh PSM Unpad, semoga berbagai dukungan, baik itu dukungan secara internal maupun dukungan dari berbagai pihak, dapat terus memotivasi para penyanyi PSM Unpad untuk terus berkarya dan berprestasi baik di kancah nasional maupun internasional.
Reporter: Arief Nurrohman
Editor: Ridho Agung Nugraha
Media Promotion and Creative Branding – Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran
Kritik dan Saran: arief.nurrohman@hotmail.co.uk

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

434217.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com