Gelar Grand Champion sukses diraih PSM Unpad pada Kompetisi Tingkat Internasional


Lama setelah partisipasi terakhirnya di kompetisi dalam negeri tahun 2009, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpad kembali mengukuhkan kelas dan kualitas dengan meraih Juara 1 Kategori Paduan Suara Dewasa Pria, Juara 1 Kategori Adult Choir: Historical Program dan predikat The Grand Champion pada Festival Paduan Suara (FPS) ITB XXIV dan 2nd IICC (ITB International Choir Competition) yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung.

Pada FPS ITB XXIV 28 Januari-1 Februari 2015 lalu Male Choir PSM Unpad berpartisipasi di Kategori Paduan Suara Dewasa Pria. PSM Unpad membawakan tiga buah lagu antara lain “Ascendit Deus” karya Jacob Handl, “Sajak Putih” karya Ivan Yohan dan “Manly Men” karya Kurt Knecht.  Penampilan tersebut mengantarkan PSM Unpad meraih juara 1 dengan nilai 90,29 sekaligus nilai tertinggi yang diraih dari semua peserta di seluruh kategori. Prestasi ini menorehkan sejarah baru bagi PSM Unpad karena gelar juara 1 tersebut sebelumnya pernah diraih 15 tahun yang lalu.

Sementara pada ajang 2nd IICC 3 – 7 Februari 2015, PSM Unpad berpartisipasi di kategori Adult-Choirs: Historical Program. Kategori ini menuntut peserta membawakan repertoar lintas zaman dari Renaisans, Romantik, hingga Modern dengan baik. Di hadapan juri-juri ternama internasional seperti Jonathan Velasco (Filipina), Budi Utomo Prabowo (Indonesia), Ko Matsushita (Jepang), Mark Anthony C (Filipina), Catharina W. Leimena (Indonesia) , dan Avip Priatna (Indonesia), PSM Unpad membawakan 3 buah karya, yakni “Pater Noster” (Jacob Handl), “Wo Ist Ein so Herrlich Volk” (Johannes Brahms), dan  “Jubilate Deo” (Ko Matsushita).

Pada Jumat (6/2) setelah semua kategori dalam 2nd IICC selesai dikompetisikan, dewan juri mengumumkan enam paduan suara terbaik yang diadu dalam ToC (Tournament of Champions) untuk memperebutkan gelar The Grand Champion  pada penutupan kompetisi Sabtu keesokan harinya.

Malam penutupan kompetisi di Aula Barat ITB ini dibuka dengan penampilan enam paduan suara terbaik peserta ToC (Tournament of Champions). PSM Unpad di urutan penampil ke-6 membawa 2 buah komposisi yaitu “Jubilate Deo” karya Ko Matsushita dan “Bin Nam Ma” karya Alberto Frau. Lagu kedua ini menjadikan penonton  memberikan apresiasi paling meriah berkat penampilan yang impresif dengan komposisi paduan suara yang begitu unik.

PSM Unpad akhirnya berhasil meraih peringkat pertama dalam kategori Adult-Choirs Historical dengan perolehan nilai 89.43. Sorak sorai dan kegembiraan makin memuncak setelah dewan juri akhirnya memutuskan PSM Unpad sebagai The Grand Champion of 2nd IICC 2015. Dengan perolehan juara tersebut PSM Unpad berhak menerima piala, sertifikat dan uang tunai sebesar USD 2500.

Kemenangan yang telah dicapai ini tentu saja tidak didapatkan dengan mudah. Sebelumnya Tim FPS maupun IICC dipilih melalui tahap audisi dengan latihan intensif sejak bulan November 2014. Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha, itulah pepatah yang selalu ditanamkan pada setiap penyanyi untuk selalu bekerja keras untuk mencapai sesuatu. Dzulfiqar Abduljabbar, Assistant Manager Project Development PSM Unpad menambahkan, menjadi juara bukanlah target utama yang dicari oleh PSM Unpad. “Seperti yang diajarkan oleh pelatih kami Arvin Zeinullah, kompetisi itu bukan masalah menang atau kalah, tapi bagaimana kita bisa membuat penonton terhibur dan tersentuh hatinya,” ujar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini.

“Jadikan kemenangan ini sebagai acuan untuk menjadi lebih baik di kompetisi – kompetisi selanjutnya. Ingatlah untuk selalu rendah hati karena ibarat padi yang berwarna emas, semakin berisi maka semakin merunduk. “ ujar Arvin Zeinullah yang merupakan Pelatih sekaligus dirigen PSM Unpad pada kompetisi tersebut. Semoga kemenangan PSM Unpad di awal tahun ini memberikan semangat dan inspirasi bagi anggota PSM Unpad maupun unit kegiatan mahasiswa lainnya di Universitas Padjadjaran untuk senantiasa membanggakan dan mengharumkan almamater.

Perolehan juara di dua ajang bergengsi ini merupakan momentum PSM Unpad untuk mempersiapkan diri makin baik di pentas internasional selanjutnya. Pada bulan April 2015 dengan mengusung program Indonesia Kirana, PSM Unpad akan mengikuti 13th International Choral Competiton Gallus – Maribor 2015 sekaligus menyelenggarakan konser kebudayaan di beberapa kota di Slovenia dan di Budapest, Hungaria.

Reporter: Haulaini
Editor: Ridho Agung Nugraha
Media, Promotion and Creative Branding – Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran
Kritik dan Saran: mediapsmunpad@gmail.com

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."

konser-tahunan-21-canticum-novum.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com