Bila Drum Corps Berkolaborasi dengan Acapella Singers

Oleh Ardiansyah Megah Putra
Marching Band atau lebih dikenal dengan Sadaluhung Padjadjaran Drum Corps (SPDC) Universitas Padjadjaran ini berhasil menyelenggarakan konser dengan tajuk “Konser 3 Dekade” di Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor pada Sabtu (25/10/2014).  Konser ini selain bertujuan untuk memperingati ulang tahun SPDC yang ke-30 pada 22 Desember nanti, juga sebagai ajang nostalgia bagi para Sada Sadi (sebutan alumni SPDC).
Konser akbar yang baru pertama kali dilaksanakan dalam sejarah SPDC ini menampilkan lagu-lagu best moment dari pertama kali mengikuti ajang Grand Prix Marching Band (GPMB) dari 1986 sampai 2012. Konser ini sekaligus memperlihatkan anggota baru yang sebelumnya tak memiliki kemampuan dalam menampilkan Drum Corps, hingga mampu tampil dengan membawakan paket lengkap 15 lagu GPMB.
Biasanya, SPDC dianggap selalu bermain satu tim, namun kali ini mereka berusaha menunjukkan sesuatu yang berbeda. Organisasi yang telah berdiri sejak 1984 ini berusaha memperlihatkan kekuatan tersendiri dengan tampil sesuai section masing-masing. ­Section yang dimaksud antara lain, Brass Ensemble, Front Percussion Ensemble, Battery Percussion Ensemble, dan Color Guard.
Hal yang membuat konser ini semakin berwarna, dengan adanya kolaborasi antara SPDC dan PSM Unpad. SPDC sengaja memilih PSM Unpad untuk memberikan sesuatu yang berbeda dan juga ciri khas paduan suara ini yang sesuai dengan konsep acara. PSM Unpad diminta untuk tampil tanpa iringan musik, dengan kata lain secara acapella. Ini untuk menunjukkan, PSM Unpad tidak selalu tampil seformal biasanya.
“Penampilannya asyik dan kami cukup puas, karena bisa menampilkan sesuai dengan apa yang kami inginkan,” tutur Tanty Permatasari selaku Project Officer Konser 3 Dekade.
Dengan acapella, PSM Unpad menampilkan tiga buah lagu, Close To You, Bunda, dan Yesterday. Mereka mengakui, penampilan kali ini memang berbeda dengan sebelumnya, hanya dengan 8 orang, ditambah tanpa diiringi aransemen musik.
“Ini memang menjadi tantangan tersendiri, karena biasanya kami tampil di atas 10 orang,” ucap Muhammad Sedky, salah satu penyanyi.
SPDC sendiri ingin konser seperti ini dapat terus berlanjut ke depannya, namun tak harus sebesar sebelumnya. Diharapkan acara ini berhasil menghimpun seluruh anggota SPDC, dan juga bentuk apresiasi bagi para anggota yang telah mengikuti latihan selama kurang lebih 9 bulan.
“Semoga segala kejadian setahun ini bisa menjadi pelajaran dan cerita bagi para anggota dan kesalahan yang telah dilakukan dapat diperbaiki ke depannya,” tambah Tanty.

EVENTS


TESTIMONIALS

umar-hadi.jpeg
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat menarik. Energi dari penampilan tadi sangat terasa. Dari segi harmonisasi suara yang ditampilkan anggotanya sangat terdengar. Satu hal yang membuat saya semakin salut adalah stamina dari anggota PSM Unpad yang tetap terjaga walaupun mereka menyanyikan banyak lagu. Rupanya hal tersebut telah terasah dari latihan sebelumnya."
aher.jpeg
Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat - "Penampilan PSM Unpad bagus. Mereka dapat menjiwai tiap lagu yang ditampilkan. tetap kompak dan semangat menjalani latihan untuk terus menjadi teladan bagi paduan suara mahasiswa di Indonesia."
rudiantara.jpeg
Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI - "Penampilan PSM Unpad tadi sangat berkesan bagi saya. Mereka menampilkan nyanyian disertai dengan gerakan dengan sangat rapih. Tetap semangat untuk berproses bagi PSM Unpad."
imamha.jpeg
Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga - "Penampilan PSM Unpad memang luar biasa. Saya pernah melihat video ketika PSM Unpad berada ke luar negeri, bagi saya sendiri hal itu sangat luar biasa dan jelas membanggakan Indonesia. PSM Unpad memang pantas menjadi juara dalam beberapa kompetisi karena semangatnya, perjuangannya, soliditasnya, dan pengorbanannya. Saya senang sekali dengan penampilan tadi."



TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com