Bila Drum Corps Berkolaborasi dengan Acapella Singers

Oleh Ardiansyah Megah Putra
Marching Band atau lebih dikenal dengan Sadaluhung Padjadjaran Drum Corps (SPDC) Universitas Padjadjaran ini berhasil menyelenggarakan konser dengan tajuk “Konser 3 Dekade” di Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor pada Sabtu (25/10/2014).  Konser ini selain bertujuan untuk memperingati ulang tahun SPDC yang ke-30 pada 22 Desember nanti, juga sebagai ajang nostalgia bagi para Sada Sadi (sebutan alumni SPDC).
Konser akbar yang baru pertama kali dilaksanakan dalam sejarah SPDC ini menampilkan lagu-lagu best moment dari pertama kali mengikuti ajang Grand Prix Marching Band (GPMB) dari 1986 sampai 2012. Konser ini sekaligus memperlihatkan anggota baru yang sebelumnya tak memiliki kemampuan dalam menampilkan Drum Corps, hingga mampu tampil dengan membawakan paket lengkap 15 lagu GPMB.
Biasanya, SPDC dianggap selalu bermain satu tim, namun kali ini mereka berusaha menunjukkan sesuatu yang berbeda. Organisasi yang telah berdiri sejak 1984 ini berusaha memperlihatkan kekuatan tersendiri dengan tampil sesuai section masing-masing. ­Section yang dimaksud antara lain, Brass Ensemble, Front Percussion Ensemble, Battery Percussion Ensemble, dan Color Guard.
Hal yang membuat konser ini semakin berwarna, dengan adanya kolaborasi antara SPDC dan PSM Unpad. SPDC sengaja memilih PSM Unpad untuk memberikan sesuatu yang berbeda dan juga ciri khas paduan suara ini yang sesuai dengan konsep acara. PSM Unpad diminta untuk tampil tanpa iringan musik, dengan kata lain secara acapella. Ini untuk menunjukkan, PSM Unpad tidak selalu tampil seformal biasanya.
“Penampilannya asyik dan kami cukup puas, karena bisa menampilkan sesuai dengan apa yang kami inginkan,” tutur Tanty Permatasari selaku Project Officer Konser 3 Dekade.
Dengan acapella, PSM Unpad menampilkan tiga buah lagu, Close To You, Bunda, dan Yesterday. Mereka mengakui, penampilan kali ini memang berbeda dengan sebelumnya, hanya dengan 8 orang, ditambah tanpa diiringi aransemen musik.
“Ini memang menjadi tantangan tersendiri, karena biasanya kami tampil di atas 10 orang,” ucap Muhammad Sedky, salah satu penyanyi.
SPDC sendiri ingin konser seperti ini dapat terus berlanjut ke depannya, namun tak harus sebesar sebelumnya. Diharapkan acara ini berhasil menghimpun seluruh anggota SPDC, dan juga bentuk apresiasi bagi para anggota yang telah mengikuti latihan selama kurang lebih 9 bulan.
“Semoga segala kejadian setahun ini bisa menjadi pelajaran dan cerita bagi para anggota dan kesalahan yang telah dilakukan dapat diperbaiki ke depannya,” tambah Tanty.

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

poster-tahunan-20.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com