Ekspedisi Indonesia Kirana di Gunung Papandayan

17 Anggota Paduan Suara Mahasiswa Unpad melakukan pendakian di Gunung Papandayan Garut.
Pernahkah anda membayangkan berada di puncak sebuah pergunungan dan menyanyikan lagu-lagu perjuangan Indonesia secara paduan suara? Inilah yang dilakukan oleh tujuh belas anggota Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran. Sebanyak lima Soprano, lima Alto, empat Tenor, serta tiga orang Bass dari berbagai angkatan dan berbagai Fakultas yang ada di Universitas Padjadjaran ikut berpartisipasi dalam kegiatan Ekspedisi pendakian Gunung  Papandayan Garut yang dilaksanakan pada Jumat (8/8) hingga Kamis (10/8).

Tak hanya tim penyanyi dari PSM Unpad saja, Kegiatan ekspedisi pendakian ini juga diikuti oleh lima orang anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Palawa Universitas Padjadjaran sebagai tim pendamping pendakian dan dua orang tim dokumentasi yang khusus dipilih oleh PSM Unpad dari EMBARA Film.

Pada Ekspedisi Pendakian Gunung  Papandayan Garut kali ini dimaksudkan untuk mendalami makna Indonesia Kirana dimana arti dari Indonesia kirana itu merupakan sebuah pergerakan membawa pesan nilai dan moral untuk menginspirasi pemuda di Indonesia. Meski dalam konteks paduan suara, Ekspedisi Indonesia Kirana ini dimaksudkan untuk menginspirasi seluruh pemuda Indonesia di berbagai kalangan.

Bedasarkan Informasi yang diperoleh oleh Media PSM Unpad, persiapan menuju ekpedisi ini memakan waktu hingga tiga minggu lamanya. Terdiri dari berbagai latihan Fisik, latihan teknik menyanyi, serta latihan menyanyikan lagu-lagu perjuangan yang akan dinyanyikan di Puncak Gunung  Papandayan Garut secara paduan suara.

Meskipun Tim Ekspedisi Indonesia Kirana mengalami berbagai kesulitan dalam melaksanakan pendakian, baik dalam permasalahan fisik yang belum terbiasa, dan berbagai macam barang-barang keperluan mendaki yang tidak diketahui oleh sebagian besar pendaki yang berasal dari PSM Unpad, mereka berhasil mengabadikan keindahan pemandangan Gunung  Papandayan Garut ditambah dengan harmonisasi keempat suara dalam menanyikan lagu perjuangan.

“Untuk mencapai sesuatu, butuh perjuangan”, begitulah kata Dzulfiqar Abduljabbar ketua Ekspedisi Indonesia Kirana. Ia juga mengatakan bahwa kunci dari keberhasilan sebuah ekspedisi adalah dari persiapan yang harus matang. Merupakan sesuatu keunikan ketika sebuah paduan suara melakukan pendakian gunung dan beryanyi di puncaknya, tambahnya. Kedepannya, PSM Unpad akan merilis dua video hasil dokumentasi yang berkerja sama dengan EMBARA Film pada hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus nanti.
 

EVENTS


TESTIMONIALS

arina-mocca.jpg
Arina "Mocca" Musisi Indonesia, Vokalis Band Mocca - "Saya adalah salah satu penggemar paduan suara dari kecil karena memang waktu kecilnya mulai nyanyi dari paduan suara. PSM Unpad ini sepertinya salah satu kebanggaan juga. Saya sangat suka dengan harmonisasinya, suaranya terdengar sangat merdu, aransemen lagu-lagunya juga oke, pokoknya saya sangat salut sekali atas kekompakannya, maju terus PSM Unpad!"
prof-tri.jpg
Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Rektor Universitas Padjadjaran ke-11 - "PSM Unpad selama ini sudah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang bereputasi mempunyai karakter yang kuat, memberikan kontribusi untuk nama baik Universitas Padjadjaran. Semoga PSM Unpad dapat terus meningkatkan prestasinya, dan lebih inklusif."
simon-hasley.jpg
Simon Hasley Principal Conductor of Rundfunkchor Berlin - "Well, when I first met this choir last night, I loved the energy and the sparkly eyes. It was such a friendly room. So this is like being very good professional musician. And professional musician always have remembered to love the music, and students (Unpad Choir) can aspire to the best professional standard."
Testimonial - Agus Martowardojo
Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia ke-16 - "Saya sudah kenal PSM Unpad sejak 20 tahun lalu dan sama baiknya dengan yang sekarang."

poster-tahunan-20.jpg

TWITTER FEEDS

Jalan Dipati Ukur No 35 Bandung, 40132
Phone: +6285324005478 | E-mail: unpadchoir@yahoo.com